Bermain Alat Musik Ritmis – SBK Kelas 4 SMT 1

Alat Musik Ritmis – Ritme dalam musik adalah elemen kunci yang mengontrol alur dan nuansa trek. Ada instrumen khusus yang dibuat khusus untuk bagian ritme. Namun, kesalahpahaman yang umum adalah bahwa ritme hanya berisi drum atau perkusi. Ini sebenarnya bukan masalahnya.

Ritme tidak dapat ditentukan oleh satu kelompok instrumen seperti perkusi, bas, gitar, atau synth, misalnya, karena semuanya dapat berperan dalam bagian ritme dari sebuah karya musik. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu ritme, berbagai jenis ritme, instrumen ritme tertentu, dan penerapannya dalam musik.

Alat musik ritmis merupakan alat musik tak bernada tetapi menghasilkan berbagai jenis irama, sebagaimana penjelasan dalam buku Seni Budaya dan Keterampilan (2007). Alat musik ritmis adalah alat musik pengiring sehingga untuk menjadi sebuah lagu sempurna perlu ada bunyi alat musik melodis seperti piano atau suling bambu.

Alat Musik Ritmis

Apa Itu Alat Musik Ritmis ?

Sebagian besar instrumen dapat digunakan sebagai pengiring bagian ritme; namun, satu-satunya penggunaan instrumen ritmis adalah untuk digunakan di bagian ritme. Instrumen ritmik memiliki rentang nada yang terbatas dan karenanya digunakan untuk membantu mempertahankan rasa dan tempo musik.

Bunyi ini biasanya dipicu oleh pukulan stik drum atau gerakan instrumen. Mayoritas alat musik perkusi digolongkan sebagai alat musik ritmis, tidak termasuk alat musik dengan rentang melodi yang lebih banyak seperti vibraphone dan marimba.

10 Jenis Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmik adalah alat musik yang berperan dalam mengatur tempo lagu sehingga umumnya hanya dapat mengeluarkan beberapa nada yang unik. Alat musik jenis ini tidak akan mampu membuat irama “lagu”.

Namun, instrumen ritmis memainkan peran penting dalam mengatur tempo dalam sebuah lagu. Sehingga alat ini dapat menciptakan harmoni jika dipadukan dengan alat musik lainnya. Adapun beberapa contoh alat musik ritmis adalah sebagai berikut.

1. Rebana

Ini adalah drum kecil, bulat dan tipis yang dibingkai dengan bubut lingkaran kayu, di mana satu sisi ditutupi dengan kulit kambing. Cara memainkannya adalah bertepuk tangan.

2.Kendang

Kendang

Gendang atau gendang ini memiliki fungsi untuk mengatur irama dalam sebuah lagu, cara memainkan alat musik ini adalah dipukul dengan tangan pada bagian yang tertutup kulit pada gendang tersebut.

3. Segitiga

Alat musik metal ini berbentuk segitiga dimana salah satu sudutnya tidak menyatu. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memukulnya menggunakan tongkat khusus.

4. Rebana

Rebana adalah alat musik yang memiliki beberapa potongan logam kecil di sekeliling bingkainya yang bila dipukul atau digoyang logam tersebut akan mengeluarkan suara. selain itu ada juga yang dilengkapi dengan kulit seperti rebana.

5. Simbal

Alat musik ini memiliki banyak variasi ukuran, simbalnya sendiri terbuat dari logam dengan bentuk bulat dan tipis seperti piringan dan biasanya diletakkan di atas gendang namun ada juga yang hanya digunakan dengan tangan.

6. Gong

Gong

Alat musik tradisional Indonesia ini juga terdapat di negara lain seperti China, Thailand, dan Jepang. Alat musik metal ini dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat kayu yang dilapisi kain tebal.

7.Tifa

Hampir mirip dengan gendang, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada kulitnya. Alat musik ini terbuat dari katu yang bagian tengahnya berlubang dan salah satu sisinya dilapisi kulit.

8. Konga

Bentuk alat musik ini menyerupai gendang namun terdapat alat besi untuk memegangnya. Alat musik ini berasal dari Afrika dan bentuk serta bahannya terus berubah mengikuti perkembangan zaman bahkan sampai sekarang ada yang terbuat dari bahan fiberglass.

9. Kastanyet

Alat musik ini terdiri dari sepasang cangkang kayu cekung dan biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian dari Spanyol. Kastanyet sendiri dimainkan dengan cara dipegang oleh tangan kiri kemudian ditepuk tangan kanan seperti “tepuk tangan”.

10. Calung

Yang terakhir adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat atau suku Sunda, alat musik ini terbuat dari bambu awi wulung atau teman. Walaupun bentuknya mirip dengan angklung, namun calung dimainkan dengan cara yang berbeda yaitu dipukul.

Itulah beberapa contoh alat musik ritmis dan penjelasannya, meskipun tidak bisa membuat irama dalam sebuah lagu, namun alat musik jenis ini memiliki peran penting dalam tempo sebuah lagu.

Related Posts
Expressing Embarrassment Bahasa Inggris Kelas 11 SMA
Expressing Embarrassment

Expressing Embarrassment - Halo students semoga kalian saat ini dalam keadaan sehat selalu dan tetap bersemangat untuk belajar dan terus Read more

Contoh Kemasan
Contoh Kemasan

Pada kesempatan kali ini, situs resmi prakerja.co.id akan memberikan materi lengkap semputar Contoh Kemasan, nah pernahkah Anda terpesona oleh produk Read more