Cara Mengusir Cicak dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan di Dapur Anda!

Ini adalah cara mengusir cicak secara alami: menaburkan bahan berbau, membersihkan tempat berkumpulnya, memasang jebakan lem.

Cicak seringkali dianggap sebagai hama yang merusak dan tidak sedap dipandang. Cicak memang bisa membawa kuman dan bakteri, terutama ketika mereka merayap di atas makanan kita. Banyak orang berusaha untuk mengusir cicak dari rumah mereka dengan berbagai cara, baik menggunakan bahan kimia maupun bahan alami.

Namun, penggunaan bahan kimia dapat berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara mengusir cicak dengan bahan alami yang mudah ditemukan di dapur Anda!

cara mengusir cicak

Bahan-bahan alami yang dapat mengusir cicak

  • Biji kopi
  • Daun pandan
  • Kulit jeruk
  • Cengkeh
  • Minyak lavender
  • Minyak peppermint
  • Asam sitrat

Biji kopi

Biji kopi yang digiling halus dan diletakkan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh cicak dapat mengusir mereka. Bau kopi yang kuat akan mengganggu sistem saraf cicak, sehingga mereka akan menghindari area tersebut.

Daun pandan

Daun pandan mengandung senyawa yang tidak disukai oleh cicak. Anda dapat menempatkan daun pandan di bawah bantal atau di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Kulit jeruk

Kulit jeruk yang masih segar dapat menimbulkan bau yang tidak disukai oleh cicak. Anda dapat menempatkan kulit jeruk di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Cengkeh

Cengkeh memiliki bau yang kuat dan dapat mengusir cicak. Anda dapat menempatkan beberapa cengkeh di daerah yang sering dikunjungi oleh cicak.

Minyak lavender

Minyak lavender memiliki bau yang menenangkan bagi manusia, namun dapat mengusir cicak. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan air dan menyemprotkan campuran tersebut di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Minyak peppermint

Minyak peppermint juga dapat mengusir cicak dengan bau yang kuat. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan air dan menyemprotkan campuran tersebut di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Asam sitrat

Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon dan jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan permukaan dan mengusir cicak. Campurkan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon dengan air dan semprotkan di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Cara Mengusir Cicak dengan Bahan-bahan alami

1. Letakkan biji kopi yang digiling halus, daun pandan, kulit jeruk, atau cengkeh di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

2. Campurkan beberapa tetes minyak lavender atau peppermint dengan air dan semprotkan campuran tersebut di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

3. Campurkan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon dengan air dan semprotkan di area yang sering dikunjungi oleh cicak.

4. Bersihkan permukaan rumah Anda dengan campuran air dan asam sitrat dari jeruk nipis atau lemon untuk mengusir cicak dan membersihkan area tersebut.

Cara Mencegah Kehadiran Cicak di Rumah Anda

Jaga kebersihan rumah Anda dengan rajin membersihkan area yang rentan menjadi tempat berkembang biaknya cicak, seperti dapur, kamar mandi, dan tempat penyimpanan makanan.
Simpan makanan dan minuman dengan rapat, jangan biarkan terbuka dan terlalu lama tertinggal di area terbuka.

Tutup celah-celah kecil dan lubang di rumah Anda, seperti di bawah pintu, di ventilasi udara, dan di sela-sela jendela untuk mencegah cicak masuk ke rumah Anda.

Pastikan penggunaan lampu rumah yang tepat. Lampu yang terlalu terang atau terlalu hangat bisa menarik perhatian cicak dan memunculkan keberadaannya di rumah Anda.

Gunakan tanaman yang dapat mengusir cicak, seperti tanaman lavender atau basil di sekitar rumah Anda.

Kesimpulan

Mengusir cicak dengan bahan alami yang mudah ditemukan di dapur Anda bisa menjadi solusi yang lebih aman dan ramah lingkungan daripada menggunakan bahan kimia. Beberapa bahan alami seperti biji kopi, daun pandan, kulit jeruk, cengkeh, minyak lavender, minyak peppermint, dan asam sitrat bisa membantu mengusir cicak dari rumah Anda.

Namun, selain mengusir cicak, tindakan pencegahan seperti menjaga kebersihan rumah dan memblokir celah-celah kecil di rumah Anda juga perlu dilakukan.

FAQ

Apakah bahan alami ini efektif mengusir cicak?

  • Ya, bahan alami ini efektif mengusir cicak karena mereka memiliki bau yang tidak disukai oleh cicak dan mengganggu sistem saraf mereka.

Apakah bahan alami ini aman untuk manusia?

  • Ya, bahan alami ini aman untuk manusia, tetapi tetap perlu dijaga agar tidak menyentuh mata atau mulut.

Apakah ada cara lain untuk mengusir cicak selain dengan bahan alami?

  • Ya, Anda dapat menggunakan bahan kimia, perangkap, atau memanggil jasa pembasmi hama profesional.

Apakah cicak membawa kuman dan bakteri?

  • Ya, cicak dapat membawa kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan masalah kesehatan jika mereka merayap di atas makanan atau area lainnya di rumah Anda.

Apakah menggunakan bahan alami ini bisa mengusir serangga lain selain cicak?

  • Tidak ada jaminan bahwa bahan alami ini bisa mengusir serangga lain selain cicak. Namun, beberapa bahan seperti minyak lavender dan peppermint dapat membantu mengusir serangga lainnya seperti nyamuk.

Oke sobat jadi itulah tips bagaimana cara mengusir cicak yang work manjur 100% ya, penasaran dan ingin mencoba nya, silahkan ya. Sukses selalu. By : Prakerja.co.id

Related Posts
Energi dan Daya Listrik, Fisika Kelas 12
Energi dan Daya Listrik

prakerja.co.id : Halo temen-temen semua, kembali lagi kami akan berbagi ilmu seputar energi dan daya listrik ya, khusus bagi adik-adik Read more

Kebudayaan Adalah: Merajut Identitas dan Kehidupan Bersama
Kebudayaan Adalah

Kebudayaan adalah pondasi yang membentuk identitas suatu masyarakat. Dalam esensi sejatinya, kebudayaan mencakup sejumlah elemen yang menandai keberagaman sebuah bangsa. Read more