Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tema 1 Kelas 3 SD

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tema 1 Kelas 3 SD – Hai adik-adik kembali lagi kita akan bahas materi pelajaran kelas 3 SD, kalian masih semangat kan hari ini ? Materi pelajaran yang kita bahas mengenai makhluk hidup, mulai dari pengertian makhluk hidup,

tentang ciri-ciri makhluk hidup lain-lainnya. Kita manusia merupakan salah satu makhluk hidup selain itu ada juga tumbuhan, hewan yang merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan.Tapi sebenarnya apa sih pengertian makhluk hidup itu menurut ilmu IPA?

Nah adik-adik untuk mengetahui ulasan lebih lengkapnya mengenai materi ini langsung saja Kalian membaca sampai habis semangat terus belajarnya.

Ciri - CIri Makhluk Hidup Tema 1 Kelas 3 SD

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup adalah suatu organisme yang bisa mempertahankan dirinya dari berbagai bentuk perubahan lingkungan dia juga dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya makhluk hidup terdiri dari manusia hewan dan tumbuhan semua makhluk hidup masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan mereka dari benda mati.

Jenis – Jenis Makhluk Hidup

1. Manusia : Merupakan makhluk yang paling sempurna yang diciptakan Allah SWT, kesempurnaan manusia terletak pada diciptakannya akal fikiran kita.

2. Tumbuhan : Merupakan makhluk hidup yang banyak bermanfaat dalam kehidupan sebagai sumber makanan dan juga untuk kebersihan udara.

3. Hewan : merupakan organisme yang eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi Animalia.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas

Jadi yang pertama dari makhluk hidup yaitu bernafas semua makhluk hidup memerlukan pernapasan atau respirasi dengan cara mengambil atau menghirup oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan dalam bentuk karbondioksida

serta uap air oksigen sendiri bermanfaat dalam proses pembakaran atau oksidasi dari hasil oksidasi Ini menghasilkan energi yang kita gunakan untuk kita beraktivitas setiap hari jadi kalau makhluk yang tidak bernapas itu bukan makhluk hidup.

2. Membutuhkan Makan dan Minum

Nah selanjutnya ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan dan minuman Makhluk hidup memerlukan makan dan minum untuk bertahan hidup namun bentuk dan prosesnya bervariasi seperti hewan yang memakan rumput dan makan bijian.

manusia tentunya makan harus diolah dulu sedangkan tumbuhan makan dan minumnya mengambil zat-zat atau unsur-unsur mineral yang ada di dalam tanah melalui proses fotosintesis yang selain itu makanan dan minuman

juga dibutuhkan makhluk hidup untuk regenarasi sel-sel dalam tubuh yang rusak jadi pastikan asupan makanan terutama pada manusia harus yang sehat supaya ya tidak mudah sakit.

3. Tumbuh dan Berkembang

Selanjutnya ciri makhluk hidup ialah tumbuh dan berkembang tunggu merupakan satu proses bertambah besar ukuran dari organisme tersebut dan kalau udah tumbuh tidak bisa kembali ke bentuk yang semula. sedangkan berkembang ialah suatu proses pencapaian kedewasaan mulai dari bentuk atau keadaan yang sederhana seperti biji yang berproses menjadi buah.

ciri-ciri makhluk hidup pdf

4. Berkembang Biak Atau Reproduksi

Ciri makhluk hidup yang selanjutnya ialah dia berkembang biak atau bereproduksi untuk menghasilkan individu baru demi mempertahankan populasinya nya. cara bereproduksi dari setiap makhluk hidup tentunya berbeda-beda,

pada manusia berkembang biak dengan cara melahirkan, artinya tidak mungkin manusia bertelur ya adik-adik. Pada hewan bereproduksi ada yang melahirkan ada yang bertelur ada juga yang telur dan melahirkan kalau pada tumbuhan dengan cara bertunas, stek dan lain – lain yang akan di ulas pada materi tentang reproduksi makhluk hidup.

5. Iritabilitas atau Peka Terhadap Rangsangan

Ciri makhluk hidup adalah iritabilitas atau peka terhadap rangsangan setiap makhluk hidup tentu bisa memberikan tanggapan terhadap perubahan lingkungan tanggapan itu diperlihatkan berupa gerakan seperti gerak tumbuh gerak tubuh dan perpindahan tempat.

Beberapa jenis rangsangan yang biasanya diterima makhluk hidup mulai dari cahaya suhu sentuhan suara dan lain-lain seperti manusia yang reflek menutup mata ketika ada cahaya atau suara Lampu tumbuhan putri malu yang akan menutup daunnya saat diberikan sentuhan.

6. Mampu Beradaptasi

Adaptasi adalah Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya ketidakmampuan beradaptasi inilah yang membuat suatu jenis makhluk hidup terancam punah. Seperti pada unta yang menyimpan cadangan air di punuknya sehingga ketika berada di daerah gurun pasir yang panas dan gersang tentunya tidak dehidrasi, bayangkan kalau dia tidak bisa beradaptasi dengan kehidupan di gurun pasir pastinya dia tidak bisa bertahan hidup.

7. Mengeluarkan Zat Sisa

Selanjutnya yang terakhir ciri makhluk hidup ialah mengeluarkan zat sisa atau yang disebut juga ekskresi, zat sisa ini berasal dari semua proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup tubuh harus mengeluarkan zat sisa supaya tidak menumpuk dan mengganggu kinerja tubuh zat sisa ini terdiri dari dalam bentuk keringat urine atau feses pada tubuh manusia dan hewan sebagai hasil dari proses pencernaan.

Adik-adik itulah tadi ulasan materi mengenai ciri-ciri makhluk hidup untuk tema 1 kelas 3 SD semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian dan jangan pernah malas untuk membaca ya terima kasih sampai jumpa di artikel yang lain.

Related Posts
Pedoman Cara Menulis Outline and Details Dalam Bahasa Inggris
pedoman cara menulis outline and details dalam bahasa Inggris

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana pedoman cara menulis outline and details dalam bahasa Inggris? Jika belum, maka kamu sedang berada pada Read more

Pengertian Seni Lukis: Menggali Keindahan Melalui Karya Visual
Pengertian Seni Lukis

Pengertian Seni lukis adalah bentuk ekspresi kreatif yang telah menjadi bagian integral dari perkembangan budaya manusia sepanjang sejarah. Dengan menggunakan Read more