PAI Kelas 6 Makna Kandungan Surah at Tin

Makna Kandungan Surah at Tin – Assalamualaikum adik-adik pelajar soleh dan solehah semua, pada edisi PAI di kelas 6 Kita akan mengulas tentang isi kandungan dari surah at-Tin. Kandungan surat At Tin sebagai poin penting untuk diketahui.

Tiap-tiap surat yang di turunkan oleh Allah di Alquran mempunyai makna dan kandungan yang dalam. Satu diantaranya ialah Surat At Tin. Surat ini tergolong dalam surat pendek, hingga mudah sekali untuk dihafal. Walau demikian, mengingat lafaz Surat At Tin tidak segampang mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak orang yang belum ketahui kandungan Surat At Tin, walau sebenarnya surat ini mempunyai kandungan yang paling penuh arti dan dalam. Oleh karena itu berikut kandungan surat At Tin dari ayat 1 sampai 8 yang penting untuk dipahami, dikutip dari beragam sumber.

Makna Kandungan Surah at Tin

Lafaz Surat At Tin dengan Maknanya

Saat sebelum ketahui kandungan Surat At Tin, Anda perlu ketahui lebih dulu lafaz Surat At Tin dan dengan artinya. Surat ini terhitung dalam surat pendek dan gampang sekali untuk dihafal. Berikut ialah lafaz Surat At Tin.

Bismillahirrahmanirrahim

Maknanya: “Dengan menyebutkan nama Allah Yang Maha Penyayang kembali Maha Penyayang.”

Wat tini wa zaitun

Maknanya: “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.”

Wa turi sinin

Maknanya: “Demi gunung Sinai.”

Wa hadzal baladil amin

Maknanya: “Dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.”

Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwim

Maknanya: “Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Tsumma radadnaahu asfala safilin

Maknanya: “Kemudian Kami kembalikan ia ke tempat yang serendah-rendahnya.”

Illalladzina aamanu wa amilus shalihati fa lahum ajrun ghairu mamnun

Maknanya: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka akan mendapatkan pahala yang tidak ada putus-putusnya.”

Fa maa yukaddzibuka ba’du bid din

Maknanya: “Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Alaisallahu biahkamil hakimin

Maknanya: “Bukankah Allah hakim yang paling adil?”

Tafsiran Surat At Tin

Dalam Surat At Tin ayat 1 sampai tiga ada penyebutan buah tin, buah zaitun, bukit Sinai, dan kota yang aman. Pakar tafsiran menerjemahkan jika tin itu sebagai rumah Nabi Nuh yaitu Kota Damaskus. Hal tersebut karena Kota Damaskus banyak memiliki pohon tin. Dan zaitun ialah tujuan dari Baitul Maqdis yang berada di Yerusalem, Palestina, tempat kelahiran Nabi Isa.

Bukit Sinai sebuah gunung tempat Allah bicara langsung ke Nabi Musa saat terima wahyu secara langsung. Dan kota yang aman yang diartikan dalam surat itu ialah kota Mekah, yang disebut kota kelahiran Nabi Muhammad.

Dalam itu Allah sampaikan jika manusia sebagai makhluk yang dibuat dengan sebagus-baiknya. Baik jasmani atau rohani dengan wujud yang berukuran dan cantik yang berlainan dari makhluk lainnya. Disamping itu, Allah menganugerahkan kekuatan lain pada manusia yang berwujud gairah dan akal.

Makna Kandungan Surah at Tin

Sesudah ketahui lafal Surat At Tin dan tafsiran Surat At Tin. Karena itu hal seterusnya yang penting Anda kenali ialah Arti Surat At Tin. Surat ini mempunyai beragam kelebihan yang penting dan wajib buat dijumpai.

1. Sebagai Wujud Rasa Sukur

Arti dan kandungan surat At Tin pertama sebagai wujud rasa sukur. Surat At Tin menerangkan perintah untuk mengucapkan syukur ke Allah yang sudah membuat makhluk seperti manusia dan semesta alam dengan sempurna. Oleh karena itu, surat ini mengajari manusia untuk mensyukuri nikmat yang diberi oleh Allah.

2. Mengajari Mengatur Diri

Arti dan kandungan surat At tin yang ke-2 ialah mengajari langkah mengatur diri. Surat At Tin mengajari manusia supaya terbebas dari tindakan yang mungkar dan bengis. Disamping itu mengajari manusia supaya bisa jaga iman, takwa dan selalu dapat beramal saleh. Ini penting supaya pada hari pembalasan, timbangan kebaikan semakin banyak ketimbangan terburukan.

3. Memercayai Hari Pembalasan

Kandungan Surat At Tin yang perlu untuk dipahami ialah yakin pada hari pembalasan. Surat ini mengajari manusia supaya bertanggungjawab semua tindakan yang sempat dilaksanakan di dunia. Oleh karena itu dengan memercayai akan hari pembalasan karena itu Surat At Tin mengajari manusia supaya bisa berperangai sesuai ketentuan agama. Tiap tindakan akan dipertanggungjawabkan di depan Allah.

4. Pahala yang Tidak Terputus

Kandungan surat At Tin dan arti Surat At Tin setelah itu jika Surat At Tin mengajari selalu untuk lakukan kebaikan tiap hari. Kebaikan itu tak terbatas pada umur, baik semenjak kecil atau telah dewasa.

Bila itu dilaksanakan karena itu pahala yang hendak didapat tidak pernah terputus. Hal tersebut sesuai hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang maknanya: “Bila seorang hamba sakit atau bersabar, akan dicatat untuknya seumpama kondisi saat dia beramal saat sehat atau mukim.

Baiklah adik-adik soleh dan solehah semuanya itulah ulasan mengenai pelajaran agama islam kelas 6 tentang makna kandungan surah at-tin yang berhasil kami ulas di materi kali ini. Semoga bermanfaat untuk kalian semua sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya.

Related Posts
Pengertian Otonomi Daerah: 10 Fakta Menarik yang Harus Anda Ketahui
Pengertian Otonomi Daerah

Pada kesempatan kali ini situs resmi Prakerja.Co.Id akan mengulas informasi seputar Pengertian Otonomi Daerah, nah bagi temen-temen yang masih duduk Read more

Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris
Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris - Pertama kalinya memijakkan kaki di muka kelas, tentu kita ingin memberi first impression Read more