Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia dan Afrika

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia dan Afrika – Halo adik-adik pintar semua jumpa lagi kita akan mengulas materi geografi kelas 9 SMP dimana kita akan mengulas tentang potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Benua Asia dan Afrika.

Indonesia termasuk kedalam salah satu negara yang berada di kawasan benua Asia. Untuk kekayaan sumber alam yang dimilikinya tentu sudah tidak di ragukan lagi kekayaannya, mulai dari pertanian, pertambangan dan sumber daya alam lainnya ada di negara kita ini.

Sehingga itu menjadi alasan yang mengapa dulunya banyak negara yang mengincar dan menjajah untuk mendapatkan hasil alam yang kita miliki ini. Untuk selengkapnya tentang asia dan afrika secara umum akan di ulas di artikel ini.

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia dan Afrika

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia

Benua Asia memiliki banyak lembah sungai besar yang subur dan berada pada tatap muka lajur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sebagai mengakibatkan, Benua Asia berpotensi alam yang mencolok di bagian pertambangan dan pertanian.

1. Sektor Pertanian

Wilayah pertanian prospektif di Benua Asia ada di wilayah sekitaran lembah sungai besar. Kamu dapat saksikan, di Asia Tenggara banyak beberapa negara yang hasilkan padi, khususnya Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Dalam pada itu, di daerah Asia sisi Selatan yang mempunyai hasil padi ialah India, Bangladesh, dan Pakistan. Disamping itu, India mempunyai sumber daya alam lain, seperti sorgum, kapas, dan gandum.

Selanjutnya, di Asia tengah populer dengan hasil intinya, yakni gandum, kapas, dan buah-buahan, dan Asia Barat ialah pemroduksi khusus kopi dan beras.

2. Sektor Pertambangan

Beberapa hasil pertambangan yang mencolok di Benua Asia ialah minyak bumi. Beberapa negara pemroduksi minyak bumi ada di Timur tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Untuk timah putih ada di Negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Selanjutnya, batu bara ada di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Disamping itu, banyak daerah penting, seperti Semenanjung Korea juga memiliki kandungan mineral, seperti biji besi, batu bara, emas, perak, timah hitam, seng, grafit, dan wolfram.

Potensi Sumber Daya Alam Benua Afrika

Benua Afrika berpotensi yang mencolok lho pada sektor pertambangan dan pertanian. Berikut ialah persebarannya:

1. Sektor Pertanian

Pertanian di Benua Afrika ada pada lembah sungai besar, seperti lembah Sungai Oranye di Afrika Selatan, lembah Sungai Zambesi di Zambia dan Mozambik, lembah Sungai Niger di Nigeria, dan lembah Sungai kongo di Zaire.

Beberapa hasil pertanian di lembah sungai itu, diantaranya buah-buahan, jagung, kacang, ubi padi, dan jalar. Sementara hasil tanaman budidaya lain, seperti kapas, jagung, dan kopi ada di Ethiopia dan Sudan.

2. Sektor Pertambangan

Mayoritas wilayah Benua Afrika berbentuk daratan tinggi yang luas dan keras. Tetapi, wilayah ini memiliki kekayaan tambang alam yang besar.

Barang tambangnya, diantaranya tembaga, emas, uranium, dan timah yang ada di Zaire. Selanjutnya, di Negara Sudan ada mangan, chrome, minyak bumi, tembaga, gas emas, dan alam.

Ethiopia mempunyai barang tambang berbentuk emas, tembaga, platina, dan mangan. Sementara Nigeria mempunyai hasil tambang berbentuk minyak bumi, batubara, timah, biji besi, batu batu kapur, dan pualam.

Berdasar penjelasan itu, kita mengetahui nih jika Asia dan Afrika sama mempunyai sumber daya alam berbentuk pertambangan dan pertanian.

Lalu, bagaimana dengan sumber daya alam di tiga benua lain, seperti Benua Australia, Amerika, dan Eropa? Kamu coba cari info dan bandingkan ya dengan ke-2 benua yang telah kita ulas tadi. Selamat membaca!

Itulah tadi ulasan materi tentang potensi sumber daya alam benua Asia dan Afrika semoga setelah kalian membaca ini kalian dapat lebih memahami materi. Terimakasih banyak sudah membaca artikel yang kami sajikan dan sampai jumpa pada postingan materi lainnya.

Related Posts
Ekonomi kelas 7 Motif dan Prinsip Ekonomi
motif dan prinsip ekonomi

Ekonomi kelas 7 Motif dan Prinsip Ekonomi - Hai siswa onlineku artikel kali ini kita akan mengulas tentang motif dan Read more

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions
Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions - Hallo students, how are you today ? I hope you are fine and Read more