Pengertian SMTP Telkom Indihome Serta Fungsinya

Sudah tahu apa itu SMTP Telkom Indihome atau singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol? Jika belum, maka kamu berada pada website yang tepat, karena kali ini kami akan mengupas semua yang berkaitan dengan SMTP tersebut. tidak hanya itu saja, kali ini kita juga akan mengulas tentang bagaimana cara pergantiannya dengan benar.

Nah, untuk kamu yang masih penasaran dengan maksud dan fungsi dari SMTP Telkom Indihome itu sendiri, maka bisa menyimak artikel ini hingga tuntas. Dimana kamu akan mendapatkan semua informasi terlengkap yang akan kamu sajikan secara luas untuk edukasi. Jadi, kamu tidak hanya meluangkan waktu untuk menambah wawasan saja, lebih dari itu ada edukasi dalam artikel ini.

Rekomendasi ini juga bagus untuk kamu jadikan rujukan disaat membutuhkan pengertian atau referensi terkait dengan fungsi dari SMTP Telkom Indihome. Kamu bahkan bisa membagikan artikel ini kepada teman lainnya atau orang terdekat yang juga mencari pedoman semacam ini untuk keperluan tertentu sebagai pengguna layanan Indihome telkomsel.

Tapi sebelum kita masuk pada pembahasan SMTP Telkom Indihome, ada baiknya jika kamu ketahui dulu apa saja keuntungan jika menggunakan layanan Indihome.

Banyak Keuntungan Menggunakan Wifi Indihome

Sebagai pengguna layanan Wifi Indihome, selain kelancaran dalam menjelajah internet, kamu juga bisa merasakan beberapa manfaat lainnya. Dimana sebagian manfaat tersebut sekaligus menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu. Agar tidak semakin penasaran, silahkan kamu simak ulasannya secara lengkap berikut ini:

port smtp telkom indihome
  1. Penyesuaian harga

Semua pengguna layanan ini bisa menggunakan jaringan Wifi dengan harga yang bisa disesuaikan yakni sekitar Rp 300.000 untuk paket setiap bulannya.

  1. Jangkauan luas

Jaringan ini bahkan sudah merambah masuk ke wilayah-wilayah yang aksesnya sulit atau pedesaan. Jadi, kamu bisa menikmati layanan yang satu ini kapan saja dan dimana saja secara bebas.

  1. Stabilitas kecepatan internet

Layanan ini bisa kamu gunakan pada kondisi atau cuaca apa saja dengan kecepatan internet yang tidak berubah.

  1. Pembaruan kecepatan internet

Kamu juga bisa melakukan dan mengecek pembaruan internet setiap saat kemudian menggantinya dengan paket lain. Hal ini bertujuan agar kamu bisa lebih puas dalam memanfaatkan layanan Indihome.

  1. Banyak teknisi berpengalaman

Layanan ini ada banyak sekali teknisi berpengalaman yang bisa memasang semua perlengkapan dan alat dari Wifi terkait. Begitu juga saat kamu mengalami masalah, maka kamu bisa langsung menghubungi teknisinya dengan mudah.

  1. Kompatibel dengan bisnis

Kamu bisa menghubungi semua kolega bahkan rekan bisnismu dengan sangat mudah, baik melalui internet atau layanan telepon.

Nah, dari beberapa manfaat yang sudah kami jelaskan pada paragraf atas tadi, tentu saja layanan Indihome ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Lalu apa yang dimaksud dengan SMTP Telkom Indihome, dan ada fungsi utamanya?.

Perhatikan penjelasan berikut ini:

telkom net id smtp server

Pengertian SMTP Telkom Indihome Serta Fungsi Utamanya

SMTP Telkom Indihome atau yang merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol merupakan satu prosedur penyampaian email paling anyar pada era ini. Dimana layanan ini pernah mengalami update secara menyeluruh untuk banyak layanan lainnya seperti transfer data tanpa harus mengenkripsi terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan pengiriman pada server lokal kemudian ke server penerima menggunakan jenis port yang tidak sama. Sementara jenis port yang umum dipakai oleh pengguna adalah port 25 dan 26 dengan fungsinya masing-masing.

Namun sayangnya jenis port 25 tersebut sudah tidak lagi kompatibel dengan Telkom Indihome karena tidak menggunakan enkripsi. Jadi, proses pengiriman email yang kamu lakukan menggunakan jaringan satu ini sangat mungkin diketahui atau diretas oleh orang lain dan tentu saja ini sangat tidak nyaman.

Jadi kamu harus menggantinya secara manual agar bisa memanfaatkannya kembali sebagai media pengirim dan penerima email dengan lebih aman. Artinya SMTP Telkom Indihome tersebut harus kamu ganti dulu untuk klien yang terkoneksi pada komputer milik kamu.

Lalu bagaimana cara mengganti SMTP Telkom Indihome tersebut? Lihat selengkapnya di bawah ini:

baca juga : setting modem tv indihome

port smtp outlook

Metode Pergantian SMTP Telkom Indihome Cepat dan Mudah!

  1. Menggunakan Mozilla Thunderbird

• Pertama download dulu Mozilla Thunderbird.
• Kemudian buka aplikasi dan masuk.
• Lanjut ke opsi tools dan account setting.
• Klik outgoing server (SMTP) dan klik menu edit.
• Silahkan ganti port 25 ke 26 sekarang lalu klik OK.
• Langkah selesai.

  1. Menggunakan Mail (Mac OS)

• Pertama masuk dulu ke laman email.
• Klik opsi preference.
• Dilaman outgoing (SMTP) server silahkan kamu klik SMTP server list.
• Kemudian klik tab advance.
• Ganti sekarang port 25 jadi port 26 dan tekan OK.
• Selesai dan nikmati.

  1. Menggunakan Microsoft Outlook

• Buka aplikasi dan klik account setting.
• Klik lagi more setting.
• Lalu ubah port 25 ke 26.
• Tekan OK dan selesai.

  1. Menggunakan Outlook Express

• Buka aplikasi dan klik tools.
• Sekaran pilih email yang akan dipakai.
• Klik opsi properties.
• Ganti port 25 jadi 26.
• Klik OK dan selesai.

Penutup

Penjelasan tentang SMTP Telkom Indihome sudah kami uraikan secara detail untuk kamu semua yang membutuhkan referensinya. Jangan lupa untuk ikuti terus update artikel kami yang selalu membahas seputar teknologi yang menarik dan dikemas dengan bahasa yang lugas serta mudah dimengerti.