Gampang Banget! Ini Dia Syarat Perpanjangan SKCK yang Perlu Kamu Penuhi!

Ini adalah syarat-syarat untuk memperpanjang SKCK: Surat permohonan, fotokopi KTP, fotokopi SKCK lama, dan bukti pembayaran.

Saat ini, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu dokumen penting bagi warga Indonesia. SKCK digunakan sebagai persyaratan dalam berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, hingga mengikuti seleksi pendidikan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperpanjang SKCK dengan benar. Dalam artikel ini, prakerja.co.id akan membahas syarat perpanjangan SKCK yang perlu kamu penuhi.

syarat perpanjangan skck

Apa itu SKCK?

Sebelum membahas syarat perpanjangan SKCK, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu SKCK. SKCK merupakan surat keterangan yang diterbitkan oleh kepolisian yang berisi catatan kepolisian seseorang. SKCK ini digunakan untuk memeriksa rekam jejak seseorang dalam catatan kepolisian, apakah dalam hal ini ada catatan kriminal atau tidak. SKCK biasanya diperlukan untuk berbagai keperluan seperti visa, melamar pekerjaan, dan lain-lain.

Kapan SKCK perlu diperpanjang?

SKCK perlu diperpanjang setiap lima tahun sekali. Jika masa berlaku SKCK kamu sudah habis, maka kamu harus segera memperpanjang SKCK tersebut. Pastikan kamu memperpanjang SKCK sebelum habis masa berlakunya, karena jika terlambat memperpanjang SKCK, maka kamu harus membuat SKCK baru dari awal.

Syarat perpanjangan SKCK

Berikut adalah syarat perpanjangan SKCK yang perlu kamu penuhi:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Untuk memperpanjang SKCK, kamu harus melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku. Pastikan bahwa KTP yang kamu lampirkan sudah sesuai dengan data yang tertera dalam SKCK. Jika ada perbedaan data, maka kamu harus memperbarui data KTP terlebih dahulu sebelum memperpanjang SKCK.

2. Surat Permohonan

Kamu harus membuat surat permohonan perpanjangan SKCK yang berisi data pribadi lengkap, alasan perpanjangan SKCK, serta tanda tangan asli. Pastikan surat permohonan tersebut ditulis dengan jelas dan rapi.

3. Biaya Perpanjangan

Untuk memperpanjang SKCK, kamu harus membayar biaya perpanjangan yang ditentukan oleh kepolisian. Pastikan kamu membayar biaya tersebut dengan jumlah yang tepat dan dengan cara yang ditentukan.

4. Foto

Kamu harus melampirkan foto terbaru dengan latar belakang warna merah dan berukuran 4×6 cm. Pastikan foto yang kamu lampirkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh kepolisian.

5. SKCK Lama

Jika kamu sudah pernah membuat SKCK sebelumnya, maka kamu harus melampirkan SKCK lama tersebut pada saat memperpanjang SKCK. SKCK lama ini digunakan untuk memverifikasi data kepolisianmu yang tercatat dalam sistem.

Proses Perpanjangan SKCK

Setelah kamu memenuhi syarat perpanjangan SKCK, langkah selanjutnya adalah melakukan proses perpanjangan SKCK. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Mengisi Formulir Perpanjangan SKCK

Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang bisa kamu dapatkan di kantor kepolisian atau bisa juga diunduh di website resmi kepolisian. Pastikan kamu mengisi formulir tersebut dengan data yang benar dan sesuai dengan persyaratan.

Melengkapi Dokumen

Setelah mengisi formulir perpanjangan SKCK, kamu harus melengkapi dokumen yang sudah disebutkan di atas seperti KTP, surat permohonan, biaya perpanjangan, foto, dan SKCK lama (jika ada).

Membayar Biaya Perpanjangan SKCK

Setelah melengkapi dokumen, kamu harus membayar biaya perpanjangan SKCK sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh kepolisian.

Mengajukan Permohonan

Kamu harus mengajukan permohonan perpanjangan SKCK ke kantor kepolisian terdekat. Pastikan kamu membawa semua dokumen yang diperlukan dan melakukan proses perpanjangan SKCK di kantor kepolisian yang memiliki wilayah hukum tempat tinggalmu.

Proses Verifikasi

Setelah kamu mengajukan permohonan perpanjangan SKCK, proses verifikasi data kepolisianmu akan dilakukan. Proses verifikasi ini bisa memakan waktu beberapa hari, tergantung dari kepadatan dan kebijakan kantor kepolisian setempat.

Pengambilan SKCK

Setelah proses verifikasi selesai dan data kamu sudah diverifikasi oleh kepolisian, kamu bisa mengambil SKCK yang sudah diperpanjang ke kantor kepolisian tempat kamu mengajukan permohonan. Pastikan kamu membawa kartu identitas asli dan menyerahkan bukti pengambilan kepada petugas kepolisian yang berwenang.

Kesimpulan

Memperpanjang SKCK sebenarnya cukup mudah jika kamu memahami syarat dan prosedurnya. Dalam memperpanjang SKCK, pastikan kamu memenuhi semua syarat yang diperlukan dan melakukan proses perpanjangan SKCK di kantor kepolisian yang tepat.

Related Posts
Cara Gampang Hasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Telegram!
Cara Hasilkan Uang Dari Telegram

Hasilkan uang dari Telegram dengan cara yang efektif. Pelajari tips dan trik untuk mengoptimalkan pendapatan Anda. Dengan perkembangan teknologi dan Read more

Wow! Dengan YouTube Go APK, Nikmati Video Favorit Tanpa Gangguan Iklan!
YouTube Go APK

Unduh YouTube Go APK - Aplikasi ringan untuk menonton dan mengunduh video YouTube dengan mudah. Gratis dan praktis!. YouTube telah Read more