7 Tarian Betawi yang Wajib Kamu Ketahui

7 Tarian Betawi yang Wajib Kamu Ketahui – Hai adik-adik pintar, apa kabar kalian di hari ini semoga masih bersemangat untuk belajar yah. Pada artikel ini kita akan membahas tentang seni tari yang harus dilestarikan oleh kita bersama.

Tarian Betawi menjadi salah satunya warisan budaya yang harus dilestarikan. Ada beberapa tipe tarian Betawi yang penting kamu tahu. Dimulai dari tari ondel-ondel sampai kedok. Tarian tradisionil dapat disebutkan sebagai sisi dari identitas bangsa. Tetapi ada budaya asing yang masuk dapat membuat tarian ini makin terlupakan.

Kesenian Tarian Betawi erat dengan alunan irama musik tradisionil. Hingga bila tarian ini ditinggal pasti seni musik Betawi makin lama akan terlewatkan juga. Berikut beberapa macam tarian Betawi apa yang penting kamu kenali:

7 Tarian Betawi yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut Ini 7 Tarian Betawi yang Harus Kamu Kenali

1. Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi sebagai seni hasil kombinasi dari seni sinetron, tarian, dan nyanyian. Gabungan ketiganya jadi argumen tarian kedok kerap dikataan sebagai tarian teather. Tarian ini kerap ditampilkan saat acara pernikahan sampai khitanan.

Pergerakannya yang lentur membuat tarian ini begitu enak dilihat. Apa lagi alunan musiknya benar-benar pas digabungkan dengan pergerakan si penari. Bahkan juga, tarian ini telah dikenali sampai kemancanegara.

2. Tari Yapong

Tarian Yapong ini pertama kalinya dibuat oleh Bagong Kusudiardjo di tahun 1975. Tarian ini ada selalu dan tidak pernah mangkir saat peringatan ulang tahun kota Jakarta. Nama Yapong, diambil dari bunyi lagu ‘ya ya ya’ yang dipadankan dengan suara suara musik ‘pong pong pong’ hingga disebutkan dengan Yapong. Iringan musiknya dibuat dari Rebana Biang, Rebana Ketimpring, dan Rebana Hadroh.

Tari Yapong

3. Tari Japin Betawi

Tari Japin atau Tari Zapin Betawi sebagai kombinasi dari tarian Melayu yang dikuasai oleh kebudayaan Arab. Kata Zapin dalam tarian ini datang dari bahasa Arab yakni Zafana yang maknanya menari atau bertandak.

Kekhasan dari tarian Betawi ini tidak terpusat pada kepala tapi langkahan kaki. Disertai dengan musik vocal yang ditampilkan oleh beberapa vokalis wanita dan pria untuk membawa lagu melodi. Baju penari japin pria umumnya menggunakan kopiah sebagai hiasan kepala, pakaian kampret, celana batik, selendang, dan sarung.

4. Tari Sirih Kuning

Tarian Betawi yang ini menjadi salah satunya tarian terkenal. Tarian ini umumya ditampilkan secara berpasangan dengan iringan musik ciri khas Betawi yakni Gambang Kromong.

Penari tari sirih kuning kenakan baju kebaya kurung dengan celana panjang dengan bahan sutera ciri khas cina peranakan dengan warna cerah.

5. Tari Cokek

Tari Cokek ini dikatakan sebagai tarian interaktif di antara pemirsa dan penari. Si penari membelitkan selendang ke pemirsa dan pemirsa juga dilarang menampik ajakan untuk menari bersama. Hampir serupa dengan Tari Sirih Kuning, Tari Cokek disertai dengan musik gambang kromong.

6. Tari Renggong Manis

Tari Renggong manis terhitung salah satunya tarian Betawi yang dari budaya Arab, Cina Classic, Betawi, dan India. Pergerakan tari yang aktif dan penuh keceriaan jadi argumen mengapa tarian ini sering menjadi media penyambutan tamu khusus.

7. Tari Sembah Nyai

Tarian Betawi ini disertai oleh alunan musik dari Gambang Kromong. Tari tradisionil ini mempunyai elemen Melayu pada pergerakannya. Baju warna putih dengan gabungan kain dengan beberapa warna ceria membuat tarian ini makin cantik.

Selainnya ketujuh tarian itu, ada juga tarian ondel-ondel dari Betawi yang sudah dilakukan untuk menyongsong beberapa tamu dan menambahkan meriah pesta-pesta rakyat.

Bagaimana adik-adik, sangat beragam bukan kebudayaan Indonesia khususnya suhu betawi yang memiliki bermacam-macam tarian tradisional yang biasanya di tampilkan dan dipentaskan disaat ada acara tertentu. Kalau kalian tertarik untuk mempelajarinya

bisa kalian ikuti sanggar tari budaya betawi disana kalian akan berlatih jenis-jenis tarian yang tentunya sangat menyenangkan. Sampai jumpa pada postingan artikel lainnya semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kalian semua ya.

Related Posts
Menyusun Naskah Pantomim Membuat Drama Tanpa Kata
Menyusun Naskah Pantomim

Menyusun Naskah Pantomim - Pantomim adalah jenis seni pertunjukan di mana cerita disampaikan melalui gerakan tubuh tanpa menggunakan kata-kata. Ini Read more

Menggambar Flora Fauna dan Alam Benda
Menggambar Flora Fauna dan Alam Benda

Menggambar Flora Fauna dan Alam Benda - Hai teman-teman pintar semua pada edisi hari ini kita akan mengulas materi pembelajaran Read more