Mengenal Alat dan Media Gambar

Alat dan Media Gambar – Hai adik-adik semua, apa kabar kalian hari ini semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya masih bersemangat untuk belajar yah. Tentunya kalian semua pernah menggambar dan barangkali ada dari kalian yang hobinya menggambar.

Menggambar selain bernilai seni juga menjadi media bagi kita untuk berekspresi menumpahkan seluruh inspirasi dan kreatifitas yang kita miliki. Menggambar tentunya bebas ada yang dengan objek dan ada juga yang menggambar abstrak.

Sebelum ke ulasan lebih jauh tentang menggambar kalian harus mengetahui dulu apa saja alat dan media gambar yang dipergunakan supaya kalian bisa mempersiapkannya baik secara mandiri atau dibantu oleh orang tua kalian. Langsung ke ulasannya saja yuk adik-adik.

Alat dan Media Gambar

Mengenal Alat dan Media Gambar

Alat dan media gambar yang dapat digunakan sebagai sarana belajar menggambar sangatlah beragam dan memiliki karakter tersendiri. Beberapa pilihan alat gambar meliputi pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, dan krayon. Beberapa macam alat dan media gambar tersebut akan dijelaskan lebih jauh pada beberapa uraian di bawah ini.

1. Pensil

Secara umum kalain sudah tahu kan bagaimana bentuk pensil, tapi tahukan kalian adik-adik ternyata tidak semua pensil jenisnya sama. Pensil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pensil dengan tanda ”H” dan pensil dengan tanda ”B”. Jenis pensil H memiliki sifat keras dan cocok digunakan untuk membuat garis yang tipis.

Oleh karena itu, pensil H cocok digunakan untuk membuat sketsa. Sementara itu pensil B memiliki sifat lunak dan cocok digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat. Coba perhatikan pada pensil yang kalian miliki atau ketika akan membeli pensil pasti ada kodenya.

Intinya, pensil H dan pensil B dibedakan dari segi tingkat kekerasan dan kepekatan hasilnya. Pensil H dan pensil B diberi tanda angka untuk membedakan jenisnya, misalnya 2B, 3B, 4B, dst. Untuk pensil B, makin besar angkanya makin lunak sifatnya dan makin pekat hasil goresannya. Untuk pensil H, makin besar angkanya, makin keras sifatnya dan makin tipis hasil goresannya.

sebutkan media untuk menggambar

2. Pensil Warna

Pensil warna memiliki variasi warna yang banyak menghasilkan warna lembut. Kita dapat menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari arah gelap berlanjut ke arah lebih terang atau sebaliknya. Caranya cukup sederhana namun membutuhkan latihan.

Yakni dengan cara menggoreskannya dengan tekanan pelan pada bagian terang, dan memberikan tenaga lebih pada bagian yang ingin dibuat gelap/berwarna. Tentu kalian sejak masih di taman kanak-kanak sudah mulai diajari teknik mewarnai dan sering mengikuti perlombaan mewarnai. Kalau kalian tertarik bisa lebih di kembangkan lagi adik-adik semua.

3. Krayon

Biasanya ada dua tipe wujud dari krayon, yakni batangan dan pensil. Ke-2 tipe wujud krayon ada yang dengan bahan lunak dan ada yang dengan bahan keras. Krayon berbahan lunak tidak banyak terkandung minyak hingga bisa dioleskan dengan memakai tangan. Kesan-kesan warna yang dibuat dari ke-2 tipe krayon ini bisa memunculkan kesan-kesan halus atau cerah.

4. Pulpen (ballpoint)

Selainnya dipakai untuk menulis, bolpoin dapat dipakai untuk menggambar. Gambar yang dibuat mempunyai watak kuat dan biasanya berbentuk arsiran. Ada pulpen yang direncanakan khusus untuk menggambar, yakni drawing pen. Ada beragam ukuran mata drawing pen yang hendak hasilkan garis dari yang paling tipis (ukuran 0.1) sampai yang paling tebal (ukuran 0.5 ke atas).

5. Kertas Gambar

Menggambar pada intinya memerlukan media datar seperti kertas warna netral (putih, abu-abu, atau coklat) dan bisa mempernyerap atau mengikat bahan pewarna. Kertas gambar yang bisa dipakai dengan beragam alat gambar misalkan kertas gambar. Pastel terutamanya membutuhkan kertas dengan permukaan cukup kasar, misalkan kertas karton. Beberapa alat gambar lain memerlukan media yang tepat. Misalkan, pensil tidak nyaman untuk dipakai di atas kertas kabur (cokelat).

Baiklah adik-adik pintar semuanya dimanapun kalian berada saat ini itulah tadi artikel yang menarik untuk kalian baca tentang mengenal alat dan media gambar yang berhasil kami rangkum disebuah artikel. Semoga setelah membacanya kalian bisa bertambah lagi pengetahuannya.

Untuk mendapatkan materi pelajaran lainnya kalian bisa langsung mencari di kolom pencarian tinggal ketikan kata kunci atau materi pelajaran yang sedang kalian cari. Terimakasih banyak dan sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya.

Related Posts
Menyusun Naskah Pantomim Membuat Drama Tanpa Kata
Menyusun Naskah Pantomim

Menyusun Naskah Pantomim - Pantomim adalah jenis seni pertunjukan di mana cerita disampaikan melalui gerakan tubuh tanpa menggunakan kata-kata. Ini Read more

Pengertian Harmoni Secara Umum
Pengertian Harmoni Secara Umum

Pada kesempatan kali ini prakerja.co.id akan mengulas tentang Pengertian Harmoni Secara Umum. Harmoni adalah konsep yang sangat penting dalam kehidupan Read more