Jaminan 100% Lulus! Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2 dengan Pembahasan Super Lengkap!

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2 – Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan dan organisme. Bagi para siswa kelas 12 semester 2, mempersiapkan diri untuk ujian akhir semester (PAS) Biologi adalah langkah penting dalam mencapai kesuksesan akademik.

Dalam artikel ini, kami akan menyediakan beberapa contoh soal PAS Biologi kelas 12 semester 2 beserta jawabannya.

Soal-soal ini akan membantu Anda memperkuat pemahaman Anda tentang topik-topik penting dalam mata pelajaran Biologi. Mari kita mulai!

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2 Dengan Jawaban

I. Genetika dan Evolusi

1. Apa yang dimaksud dengan pewarisan sifat?

Pewarisan sifat adalah proses di mana sifat-sifat atau karakteristik tertentu diturunkan dari generasi ke generasi dalam suatu spesies.

2. Jelaskan teori evolusi menurut Charles Darwin.

Teori evolusi menurut Charles Darwin menyatakan bahwa spesies berevolusi melalui seleksi alam. Individu-individu dengan karakteristik yang lebih cocok untuk bertahan hidup memiliki peluang lebih besar untuk berkembang biak dan mewariskan sifat-sifat tersebut kepada keturunannya.

3. Apa yang dimaksud dengan mutasi genetik?

Mutasi genetik adalah perubahan atau perubahan acak dalam urutan DNA suatu organisme. Mutasi ini dapat terjadi secara alami atau sebagai hasil dari faktor lingkungan.

4. Bagaimana proses pewarisan sifat melalui genetika?

Pewarisan sifat melalui genetika melibatkan transfer materi genetik dari generasi tua ke generasi baru. Gen-gen yang terletak pada kromosom dalam sel-sel reproduksi diturunkan kepada keturunannya.

II. Sistem Saraf

5. Apa fungsi utama sistem saraf manusia?

Fungsi utama sistem saraf manusia adalah mengontrol dan mengkoordinasikan aktivitas tubuh. Sistem saraf mengirimkan sinyal listrik antara berbagai bagian tubuh untuk memungkinkan komunikasi dan koordinasi yang tepat.

6. Jelaskan peran otak dalam sistem saraf.

Otak merupakan pusat pengendali utama sistem saraf. Ini mengontrol fungsi-fungsi penting seperti persepsi, pemikiran, memori, emosi, dan gerakan tubuh.

7. Apa yang dimaksud dengan neurotransmiter?

Neurotransmiter adalah zat kimia yang terlibat dalam transmisi sinyal saraf antara sel-sel saraf. Mereka berperan penting dalam mengatur mood, emosi, dan fungsi saraf lainnya.

8. Bagaimana impuls saraf dikirim dari satu neuron ke neuron lainnya?

Impuls saraf dikirim melalui sinapsis, yaitu ruang antara dua neuron di mana sinyal-sinyal kimia ditransmisikan. Ketika impuls mencapai ujung akson neuron pertama, neurotransmiter dilepaskan ke sinapsis, kemudian mengikat reseptor pada neuron penerima, memicu impuls baru dalam neuron tersebut.

III. Ekosistem

9. Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?

Rantai makanan adalah urutan organisme yang saling bergantung satu sama lain dalam transfer energi melalui makan dan dimakan. Organisme produsen (tumbuhan) dimakan oleh konsumen primer, yang kemudian dimakan oleh konsumen sekunder, dan seterusnya.

10. Bagaimana peran produsen dalam ekosistem?

Produsen adalah organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Mereka menggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi bagi organisme lain dalam rantai makanan.

11. Apa yang dimaksud dengan biomagnifikasi?

Biomagnifikasi adalah peningkatan konsentrasi zat beracun dalam rantai makanan. Zat beracun ini dapat terakumulasi seiring dengan perpindahan energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik lainnya.

12. Bagaimana perubahan iklim mempengaruhi ekosistem?

Perubahan iklim dapat mempengaruhi ekosistem dengan berbagai cara. Hal ini dapat menyebabkan pergeseran pola hujan, perubahan suhu, dan peningkatan tingkat keasaman air laut, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kelangsungan hidup organisme-organisme dalam ekosistem tersebut.

IV. Anatomi dan Fisiologi Manusia

13. Jelaskan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia.

Sistem pernapasan manusia terdiri dari organ-organ seperti paru-paru, trakea, bronkus, dan diafragma. Fungsinya adalah mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai produk sampingan metabolisme.

14. Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan manusia?

Sistem pencernaan manusia melibatkan organ-organ seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan hati. Fungsinya adalah mencerna makanan menjadi zat-zat yang dapat diserap oleh tubuh dan mengeluarkan sisa-sisa yang tidak diperlukan.

15. Bagaimana kerja sistem ekskresi dalam tubuh manusia?

Sistem ekskresi dalam tubuh manusia, yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, bertanggung jawab untuk menghilangkan limbah dan zat-zat beracun dari tubuh melalui pembentukan dan pengeluaran urin.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menyajikan 15 contoh soal PAS Biologi kelas 12 semester 2 dan jawabannya. Soal-soal ini mencakup topik-topik seperti genetika dan evolusi, sistem saraf, ekosistem, serta anatomi. Selamat belajar dan semoga sukses.

Related Posts
Inovasi Terbaru: WA Mod iOS Hadir dengan Desain yang Lebih Elegan dan Modern
WA Mod iOS

Personalisasikan pengalaman chat Anda dengan WA mod iOS. Dalam dunia digital yang terus berkembang, aplikasi pesan instan menjadi sangat populer. Read more

Cara Membuat Cincau Hijau yang Lembut dan Enak, Anti Gagal!
cara membuat cincau hijau anti gagal

Cara mudah membuat cincau hijau yang lezat dan berhasil tanpa kesulitan. Coba resepnya sekarang!. Selamat datang di website resmi Prakerja.Co.Id Read more