Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB – Hai pelajar online ku, apa kabarnya kalian ini hari? mudah-mudahan sehat selalu yah. Pernahkan kalian ditempatkan pada keadaan saat waktunya mengambir BPKB kendaraan kalian tapi ada halangan. Atau orangtua kalian

yang semestinya ambil bpkb tapi sedang ada pekerjaan atau rintangan yang lain membuat ambil harus tertunda. Yang kerap jadi pertanyaan adalah, apa dapat ambil bpkb diwakili? karena sama sesuai ketentuan ambil BPKB sebaiknya

sama sesuai nama pemiliknya. Karena terhitung salah satunya document penting yang jangan digenggam oleh asal-asalan orang karena ngerinya kelak disalah gunakan. Tidak boleh bimbang dahulu karena pengambilannya dapat diwakili asal ada surat kuasa. Seperti apakah wujud nya? berikut beberapa misalnya :

contoh surat kuasa pengambilan bpkb

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Peranan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Surat kuasa ambil BPKB ialah bukti pengantar yang dipakai dan syah untuk ambil BPKB lewat faksi mediator yang diputuskan oleh pemilik BPKB. Perlu Sahabat online kenali, pemberian kuasa sudah ditata dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) pasal 1972.

Ketentuan itu menyampaikan jika surat kuasa ialah surat yang dikasih ke seorang yang menyengaja diutus untuk lakukan suatu hal atas hal pemberian izin orang yang memberi surat.

1. Surat kuasa ambil BPKB mempunyai fungsi-fungsi diantaranya seperti berikut ini.

2. Surat kuasa dibikin sebagai bukti ambil BPKB yang faksi dan syah yang diamanahkan surat kuasa itu bertanggungjawab penuh atas segalanya yang terjadi pada BPKB. Mempermudah masalah birokrasi dalam ambil BPKB yang diwalkilkan oleh faksi tertentu hingga bisa diolah lebih mudah.

3. Sebagai perlakuan protektif penyimpangan BPKB oleh pelaku tidak bertanggung jawab.

Tipe Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Surat kuasa terdiri dari 2 tipe. Pertama yakni surat kuasa umum dan yang ke-2 surat kuasa khusus. Dua tipe surat kuasa itu sudah ditata dalam ketentuan surat kuasa umum pasal 1796 KUHPer dan ketentuan surat kuasa khusus pasal 1795 KUHPer.

Format Penulisan Surat

Saat sebelum membuat surat kuasa, sebaiknya Anda memerhatikan pola penulisan surat ambil kuasa BPKB di bawah ini.

1. Judul Surat

Dalam surat kuasa ada judul yang berperan sebagai info surat. Judul surat ada di sisi teratas dan biasanya ditulis “Surat Kuasa” atau “Surat Kuasa Ambil BPKB”, bergantung pada kebutuhan apa yang akan disuruh

2. Kalimat Pembuka

Isi pada kalimat pembuka yaitu sebagai kepastian instruksi yang diberikan. Pada surat kuasa umumnya dicatat dengan “Yang bertanda tangan berikut ini”

3. Identitas Pemberi Kuasa

Identitas pemberi kuasa berisi info tentang pemilik asli BPKB. Info yang terhitung didalamnya meliputi nama, NIK, alamat, tugas, dan lain-lain.

4. Identitas Yang menerima Kuasa

Identitas yang menerima kuasa berisi info tentang orang yang lain diutus atau diamanahkan untuk ambil BPKB. formatnya lebih kurang sama dengan identitas pemberi kuasa.

5. Kuasa yang Diberi

Di bagian ini berisi info hal yang hendak dituju, dalam masalah ini ambil BPKB.

6. Identitas Kendaraan

Supaya mempermudah petugas samsat atau leasing, Anda harus memberikan identitas kendaraan Anda dengan komplet. Diantaranya type mobil, pelat nomor polisi, warna, dan lain-lain.

7. Kata Penutup

Kata penutup berisi pesan paling akhir yang akan dikatakan dan tanggal surat itu dibuat.

8. Tanda Tangan

Sesudah kata penutup, di bagian akhir Anda diwajibkan untuk membubuhkan tanda-tangan di bagian bawah surat dan materai sejumlah Rp10.000. Janganlah lupa untuk mengikutkan tanda-tangan yang menerima kuasa , ya!

Contoh Penulisan Surat Kuasa

1. Contoh Surat Kuasa BPKB Umum

Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Yang Bertanda Tangan di Bawah Ini:

Nama :
Usia :
Tugas :
Alamat :

Dengan ini memberikan kuasa seutuhnya ke:

Nama :
Usia :
Tugas :
Alamat :

Untuk mengurusi ambil BPKB bermerk _______________ atas nama ____________ bernomor polisi __________ di _______________. Begitu surat kuasa ini dibikin agar bisa dipakai seperti mestinya. _________, ___________ 2022

Pemberi Kuasa Yang menerima Kuasa

Materai Rp10.000

(Tanda Tangan) (Pertanda Tangan)

2. Contoh Surat Kuasa Ambil BPKB Motor

Surat Kuasa Ambil BPKB Motor

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
NIK :
Tempat/tanggal lahir :
Tugas :
Alamat :

Sama ini memberi kuasa ke:

Nama :
NIK :
Tempat/tanggal lahir :
Tugas :
Alamat :

Agar bisa ambil surat BPKB Motor dengan perincian seperti berikut ini

Atas Nama :
Merek Motor :
Warna :
No. Kerangka :
Tahun :
CC Motor :
No. Polisi :
No. Mesin :

Begitu surat kuasa ini saya bikin pada kondisi sadar tanpa desakan dari siapapun. Dan mudah-mudahan dipakai seperti mestinya. Saya berterima kasih atas semua perhatiannya.

_____, ____________ 2022

Pemberi Kuasa Yang menerima Kuasa

Materai 10.000

(Nama Jelas) (Nama Jelas)

Nah untuk file dokumen nya bisa kalian unduh langsung secara gratis. Download

Baik sahabat online ku dimana saja kalian ada, tersebut barusan beberapa Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang sukses kami suguhkan untuk kalian. Mudah-mudahan berguna untuk kalian yang ketidaktahuan hadapi keadaan seperti ini. Sampai jumpa di posting yang lain !

Related Posts
Mengenal Fungsi DNA dan RNA
Fungsi DNA dan RNA

Fungsi DNA dan RNA : Dalam makrokosmos kehidupan, dua senyawa kunci, DNA (Deoksiribonukleat) dan RNA (Ribonukleat Asam), memainkan peran krusial Read more

Pengertian Baliho, Ciri, Fungsi, dan Manfaat
Pengertian Baliho

Baliho, atau sering disebut juga billboard, merupakan salah satu media promosi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pemandangan perkotaan Read more