Inilah Definisi Contoh Kalimat Tidak Padu (Kurang Efektif)

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang definisi contoh kalimat tidak padu yg dimana fungsi nya ini sebagai kalimat yang tidak mempunyai korelasi dengan kalimat yang lain di suatu paragraf,

atau kalimat tidak solid sering berlawanan dengan gagasan paragraf yang akan dikatakan. Kalimat ini bisa jadi muncul karena kekeliruan penulisan di saat menyelipkan ide ke kalimat. Berikut sejumlah ciri-ciri dari kalimat tidak solid :

– Kalimat tidak solid seingkali berlawanan dengan gagasan dasar pada kalimat khusus dalam paragraf. Bila pembaca menyimak setiap kalimat pada paragraf, maka secara mudah mengenali kalimat tidak solid itu.

– Kalimat tidak solid bila jadi perhatian content kalimatnya tidak ikat atau mungkin tidak berkaitan dan tidak memberikan dukungan kalimat yang lain dalam paragraf.

– Kalimat tidak solid sering keluar pokok persoalan yang dibahas dalam kalimat.

Beberapa hal yang perlu dilaksanakan buat mengidentifikasikan kalimat menyumbang ialah lebih dulu tentukan kalimat khusus yang berisi gagasan dasar paragraf. Kemudian tetapkan beberapa kaliama penjelas yang memberikan dukungan dan berkesesuaian dengan kalimat utama.

Bila ada kalimat yang tidak ikat dengan kalimat khusus dan penjelas, karena itu bisa ditegaskan jika kalimat itu ialah kalimat tidak padu.

Contoh Kalimat Tidak Solid

Contoh Pertama :

(1)Andi ialah anak yang cerdas. (2)Tak bingung bila dianya selalu memperoleh rangking pertama di kelasnya. (3)Beberapa kali dia sempat sebagai wakil sekolahnya dalam gelaran perlombaan pintar jeli atau olimpiade sains. (4)ia kerap membawa banyak tropi dalam beberapa moment perlombaan semacam Lomba Cepat Pas (LCT).

(5)Karena dipandang seperti pelajar yang pintar, dia kerap diminta tolong oleh gurunya untuk menuntun beberapa temannya yang berasa kesusahan dalam soal materi pelajaran sekolah. (6)Andi benar-benar ahli sekali dalam mainkan bidak catur pada laga peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.

(7)Di tahun akhir sekolahnya dia tidak lagi kebingungan untuk cari tempat berkuliah. (8)Ia sudah diterima di salah satunya pergutuan tinggi negeri terpenting di Indonesia dan memperoleh beasiswa penuh sepanjang studi.

Keterangan :

Kalimat satu yaitu “Andi ialah anak yang pintar” sebagai kalimat khusus yang berisi gagasan dasar paragraf. Kalimat yang lain berperanan sebagai kalimat penjelas yang terkait dengan kalimat khusus terkecuali pada kalimat nomor 6 yaitu “Andi benar-benar ahli sekali dalam mainkan bidak catur pada laga peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat itu menyelimpang dari konsentrasi permasalahan yang diulas pada kalimat kalimat penjelas dan khusus.

Contoh Ke-2 :

(1)Nugroho benar-benar menyenangi anime onepiece. (2)Tak cuma menyenangi jalan ceritanya, dia juga sukai dengan beberapa lagu sebagai Oroginal Soundtrack (OST) dari manga kreasi Eichiro Odha ini. (3)Koleksinya sampai sekarang sudah capai 75 buah komik dan 750 seri animenya.

(4)Nugroho juga menyenangi buah pisang dan anggur. (5)Ia akui benar-benar kagum pada beberapa figur yang ada pada narasi anime ini salah satunya adalah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, Trafalgar L yang lain dan aw. (6)Dalam komune sosialnya, Nugroho bergabung dalam sebuah komune pencinta seri animasi Jepang ini.

Keterangan :

Kalimat satu yaitu “Nugroho benar-benar menyenangi anime onepiece ” ialah kalimat khusus yang ada ide khusus paragraf. Dan kalimat yang lain berperanan sebagai kalimat penjelas yang memberikan dukungan ide kalimat khusus terkecuali yang ada pada kalimat nomor 4,

yaitu “(4)Nugroho juga menyenangi buah pisang dan anggur.” Kalimat nomor 6 itu tidak sesuai dengan dan tidak ada hubungan dengan ide dan pokok permasalahan yang diulas pada kalimat utama.

Contoh Ke-3 :

(1)Pesisir Barat sebagai salah satunya kabupaten yang berada di Propinsi Lampung yang simpan surga tujuan wisata. (2)Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini sebagai surga untuk beberapa pencinta tujuan rekreasi pantai.

(3)Ikan-ikan fresh terdapat banyak di pasar ikan kota Krui yang didapat oleh beberapa nelayan setempat. (4)Banyak wisatawan lokal atau luar negeri yang berkunjung beberapa pantai yang berada di kabupaten ini cuma untuk nikmati keelokan pemandangan alamnya atau akan berselancar.

Keterangan :

Kalimat satu pada paragraf di atas sebagai kalimat khusus yang memiliki kandungan gagasan dasar paragraf. Beberapa kalimat yang lain seharusnya berperanan sebagai kalimat penjelas yang memberikan dukungan kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkaitan dengan kailmat khusus dan kalimat penjelas ada pada kalimat nomor 3 yaitu

“Ikan-ikan fresh terdapat banyak di pasar ikan kota Krui yang didapat oleh beberapa nelayan setempat.” Kalimat ini berlawanan dengan konsentrasi permasalahan yang ada di kalimat khusus yaitu yang mengulas berkenaan tujuan rekreasi kabupaten Pesisir Barat.

Contok Ke Empat :

(1)Di sekolah baruku ada berbagai macam aktivitas ektrakulikuler. (2) Untuk siswa yang menyenangi aktivitas olah raga dapat pilih club badminton, sepak bola, voli, basket, sepak takraw, dan ada banyak lagi. (3) Adapula tim-tim musik seperti club dangdut, rock, jaz,

dan keroncong yang bisa diputuskan berdasar hasrat musik masing-masing pelajar. (4)Semua anggota club benar-benar menyenangi mie ayam kantin Pak Husein. (5) Di bagian olah raga bela diri sekolahku memberikan fasilitas beragam tipe seni bela diri salah satunya adalah pencak silat, taekwondo, karate, dan wushu.(6) Disamping itu ada pula club publisistik, photografer, pencinta film, dan ada banyak lagi.

Keterangan :

Kalimat khusus di atas diperlihatkan pada kalimat pertama yaitu “Di sekolah baruku ada berbagai macam aktivitas ektrakulikuler “.Kalimat yang lain berkedudukan sebagai kalimat penjelas yang sama-sama terkait dengan kalimat khusus terkecuali pada kalimat no 4 yaitu

“Semua anggota club benar-benar menyenangi mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat no empat tidak ada hubungannya benar-benar dengan gagasan dasar yang ada pada paragraf itu.

Oke demikianlah informasi seputar definisi contoh kalimat tidak padu yg bisa kami share untuk temen-temen semua, semoga dapat mudah kalian pahami dan mengerti ya, sukses selalu, dan rajinlah belajar terus !. Raih cita-cita mu setinggi langit, Amminn. Terima kasih.

Sumber :
http://www.bahasaindonesiaku.net/2016/01/pengertian-dan-contoh-kalimat-sumbang-tidak-padu-lengkap.html

Related Posts
Bahasa Inggris Kelas 3 Things for Swimming Peralatan Renang
Bahasa Inggris Kelas 3 Things for Swimming Peralatan Renang

Bahasa Inggris Kelas 3 Things for Swimming Peralatan Renang - Hai beberapa adik di artikel ini kali kita akan membahas Read more

Bocoran Terbaru! Soal PAS Kelas 5 SD yang Akan Membuatmu Terkejut!
soal pas kelas 5 sd

Soal PAS Kelas 5 SD - Halo, para siswa dan orang tua! Apakah kamu sedang menantikan ujian Penilaian Akhir Semester Read more