Ekonomi Kelas 7 SMP Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia

Ekonomi Kelas 7 SMP Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia – Assalamualaikum adik-adik apa kabar kalian hari ini semoga dalam keadaan sehat dan semangat selalu belajarnya kali ini kita akan membahas pelajaran ekonomi di kelas 7 SMP tentang kelangkaan dan kebutuhan manusia.

Sebelum masuk kalian tahu enggak sih Apa itu kelangkaan Pasti kalian pikir barang yang langka itu yang sulit ditemukan yang jumlahnya sedikit Iya tapi dalam ilmu ekonomi kelangkaan yang dimaksud ialah Di mana kalian dalam mendapatkan barang atau jasa tersebut

harus dengan pengorbanan dan tidak mudah didapatkan meskipun stoknya banyak kalau barang dan jasa yang tidak langka itu bisa dipakai secara bebas bentuknya mulai dari pembelian maupun distribusinya. Untuk pembahasa selengkapnya langsung kita ulas materinya.

Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia

Ulasan Materi Ekonomi Kelas 7 SMP Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Selain sebagai makhluk sosial manusia juga disebut sebagai makhluk ekonomi karena manusia selalu ingin untuk memenuhi kebutuhannya tentu saja dengan cara yang rasional guna mencapai kesejahteraannya tentunya Kita sebagai manusia tidak dapat tidak dapat memenuhi kebutuhan

tanpa melakukan interaksi dengan orang lain tentunya kita memerlukan sesama untuk saling memenuhi kebutuhan hidup sesama kita Hal inilah yang membentuk interaksi sosial diantara kita sosial Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis baik menyangkut

antara sesama individu atau individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok secara sederhana Dimana mereka saling bertemu berkenalan untuk menjalani kehidupan ini Tentunya interaksi sosial juga tidak terbatas oleh waktu bisa di mana dan kapan saja selama proses sosialnya masih rasional.

Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Kebutuhan kita yang sedemikian banyaknya sedangkan barang dan jasa yang tersedia jumlahnya terbatas atau langka karena 1 Sumber Daya antara daerah yang satu dengan yang lain tidak sama di mana satu tempat tersedia stok yang banyak sedangkan daerah lain

tersedia stok yang cukup terbatas guna memenuhi kebutuhannya kelangkaan sumber daya ini yang menyebabkan kurangnya atau tidak bisa terpenuhinya sebagian kebutuhan untuk hidup sekarang kan inilah yang menjadi salah satu masalah ekonomi manusia

Masalah ekonomi ini juga muncul karena kebutuhan manusia yang terus berkembang sedangkan alat pemuas kebutuhannya berupa baik berupa barang atau jasa cenderung berkurang untuk meminimalisir atau mengurangi permasalahan ini kita harus belajar ilmu ekonomi.

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang artinya nya sehingga secara umum ilmu ekonomi ini merupakan ilmu yang mengatur rumah tangga dalam ilmu ekonomi ini juga mengatur batasan-batasan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dan yang tidak harus dipenuhi yang digolongkan sebagai keinginan saja berikut ini ada beberapa kebutuhan manusia.

Kebutuhan Manusia

Kebutuhan merupakan suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan dimana Kalau tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan dalam ilmu ekonomi dijelaskan ada beberapa jenis atau ada beberapa macam kebutuhan manusia, sebagai berikut :

kebutuhan primer

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya

1. Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena kalau tidak terpenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup, yang termasuk dalam kebutuhan pokok ialah : jenis makanan sandang pangan dan papan.

2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer kebutuhan sekunder juga merupakan pelengkap tidak terpenuhinya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup seperti adanya perabotan rumah tangga Sabun Mandi radio pakaian model terbaru dan sebagainya yang tidak terlalu penting sifatnya.

3. Selanjutnya ada kebutuhan tersier atau kebutuhan barang mewah kebutuhan ini boleh dipenuhi setelah dua kebutuhan tadi kalian penuhi juga kebutuhan ini tidak mutlak karena harus sesuai dengan perekonomian atau keuangan keluarga kalian seperti tas mahal Baju yang mewah rumah mewah seperti telur yang sifatnya tidak terpengaruh pada kelangsungan hidup kita.

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat

1. Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang bersifat kepuasan pada badan atau jasmani kita seperti makanan obat-obatan untuk yang sakit dan minuman.

2. Kebutuhan rohani ialah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia Gimana kalau kebutuhan ini terpenuhi jiwanya akan merasa puas dan tenang seperti kebutuhan beribadah rekreasi membaca buku pendidikan dan lain-lain yang berhubungan dengan kesejahteraan rohani.

Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya

1. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus terpenuhi pada saat dibutuhkan saat itu juga misalnya butuhnya sekarang sekarang dipenuhi seperti saat lapar harus makan saat haus harus minum saat sakit harus diobati yaitu yang artinya harus memenuhi kebutuhan sekarang

2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang masa nanti seperti kita menyiapkan dana darurat dimana kebutuhannya nanti ketika kita sedang perlu dana pendidikan tabungan dan lain-lain.

Kebutuhan Menurut Subjek

1. Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan.

1. Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama.

Faktor-Faktor Perbedaan Kebutuhan Manusia

1. Jenis Kelamin – Yang mempengaruhi kebutuhan jenis kelamin dimana kebutuhan wanita biasanya lebih banyak daripada pria kalau wanita membutuhkan make up Skin Care sedangkan laki-laki tidak.

2. Tingkat Pendidikan – Seseorang yang tingkat pendidikannya lebih tinggi tentu membutuhkan barang atau jasa yang lebih banyak seperti membeli buku kebutuhan lain yang menunjang pendidikannya.

3. Lingkungan tempat tinggal – Kebutuhan penduduk kota akan lebih tinggi daripada penduduk pedesaan.

4. Tingkat Pendapatan – Orang yang pendapatannya lebih tinggi tentu akan memerlukan barang atau jasa lebih banyak sebagai pemuas kebutuhannya.

5. Status sosial – Dimana status sosial mempengaruhi kebutuhan manusia seperti orang biasa tentu kebutuhannya berbeda dengan presiden.

Baiklah siswa online ku itulah tadi ulasan materi tentang kelangkaan dan kebutuhan manusia yang berhasil kami sajikan ke kalian semua Semoga informasi ini bermanfaat ya sampai jumpa di artikel lainnya terima kasih

Related Posts
Mengenal Benua Australia: Fakta-fakta Menarik yang Harus Anda Ketahui
Mengenal Benua Australia

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi fakta-fakta menarik tentang mengenal benua australia yang begitu kaya akan keindahan dan keunikan. Benua Read more

Sistem Pencernaan Manusia, Biologi Kelas 11
gambar sistem pencernaan manusia

Pada episode kali ini situs resmi Prakerja.Co.Id akan membahas apa itu sistem pencernaan manusia, khususnya untuk kalian yang masih duduk Read more