IPA Kelas 6 Bumi dan Alam Semesta Part 1

IPA Kelas 6 Bumi dan Alam Semesta Part 1 – Halo adik-adik dan ayah bunda, masih semangat kan belajarnya. Pada edisi hari ini kita akan mengulas materi tentang pelajaran ipa di kelas 6 sd. Tentang planet bumi yang kita tinggali ini dan alam semesta kita.

Alam semesta ciptaan Allah mulai dari bumi, planet-planet, banyaknya bintang, matahari sehingga terciptanya siang dan malam tentu berada dibawah kuasa-Nya. Tentu menarik sekali mengetahui sistem tatasurya kita terlebih bagi kalian yang ingin menjadi astronot, supaya tidak penasaran langsung ke materinya.

Sistem Tata Surya

Pandanglah langit saat malam hari yang cerah. Bintang-bintang menghias langit. Bintang ialah benda langit yang bercahaya. Bintang dilangit terlihat seperti beberapa titik sinar. Kamu bisa memperhatikan pada gambar taburan bintang diangkasa.

Bintang di angkasa

Tata surya ialah kelompok benda langit yang berputar-putar melingkari matahari. Beberapa benda langit itu ialah bulan, asteroid, meteroid, komet, dan planet-planet. Tata surya sebagai sisi di semesta alam yang paling luas. Tata surya berada di dalam satu galaksi yang disebutkan Bimasakti. Galaksi Bimasakti disebutkan Milky Way.

Matahari sebagai Pusat Tata Surya

Matahari ialah bola gas yang pancarkan sinarnya sendiri. Matahari sebagai pusat tata surya. Semua benda langit di tata surya berputar-putar melingkari matahari. Matahari sebagai object yang terberat dalam tata surya hingga style gravitasi matahari benar-benar besar. Style gravitasi matahari 28 kali semakin besar dibanding style gravitasi bumi.

Matahari adalah dari 100 miliar lebih bintang yang ada digalaksi Bimasakti. Diameter matahari 110 kali diameter bumi. Temperatur permukannya 5.600-6.000 derajat Celcius, temperatur di pokok matahari 15 juta derajat Celcius. Matahari terdiri dari gas gas hidrogen (80%-90%) dan gas helium.

Matahari

Benda langit yang ini berputar-putar pada porosnya dari barat ke timur. Matahari sebagai sumber energi kehidupan di bumi. Bila kamu perhatikan gambar 9.2, kamu bisa menyaksikan matahari itu mempunyai lidah api yang paling panas. Bisakah kamu memberikan sisi itu?

Apa kamu pernah berpikir, bagaimana, bila tidak ada matahari, dalaam kehidupan kita? Tentu kondisinya tidak seperti saat ini ini. Maka dari itu, kamu harus mengucapkan syukur ke Tuhan yang Mahakuasa yang sudah membuat matahari.

Planet-planet

Planet-planet tersebar melingkari matahari. Planet-planet itu tersebar pada suatu pelintasan planet yang disebutkan orbit berwujud elips. Dalam tata surya ada 8 planet yakni, merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, neptunus, dan uranus.

Dengan memakai gambar 9.3, kamu bisa memperhatikan jika semua planet melingkari matahari dengan pelintasan tertentu yang berwujud elips (bundar lonjong). Pelintasan planet melingkari matahari disebutkan orbit. Peredaran planet-planet melingkari matahari disebutkan revolusi planet.

Saat yang dibutuhkan planet untuk lakukan 1x revolusi disebutkan saat revolusi. Selainnya berevolusi, planet lakukan gerak perputaran. Gerak perputaran ialah gerak berputar-putar pada porosnya. Saat yang dibutuhkan planet untuk lakukan 1x perputaran disebutkan saat perputaran.

Berdasar letak garis edarnya, planet-planet dikelompokkan jadi dua, yakni planet planet luar dan dalam. Planet dalam adalah planet-planet yang ada dekat sama matahari. Ada 4 planet yang termasuk olanet dalam, yakni merkurius, venus, mars, dan numi. Planet dalam memiliki ukuran kecil dan permukaan atasnya tresusun atas batu-batuan.

Planet luar terdiri dari yupiter, saturnus, neptunus, dan uranus. Ukuran planet luar semakin besar dibanding planet dalam. Planet luar tersusun dari gas dan kondisinya benar-benar dingin karena jauh dari matahari. Mengakibatkan, gas berbeda bentuk menjadu cair, kamu coba pikir, apa yang terjadi bila planet-planet tidak tersebar pada lintasiannya ?.

Nama – Nama Planet Di Tata Surya

Merkurius

Planet yang terdekat dengan matahari ialah merkurius. Susunan atmosfer merkurius benar-benar tipis hingga permukaan atasnya capai 430 derajat celcius di siang hari. Permukaan planet merkurius berlubang-lubang. Merkurius memiliki ukuran yang lebuh kecil dari bumi, dan bisa kelihatan dilangit saat matahari akan akan tenggelam dan keluar. Planet tidak mempunyai satelit

Venus

Planet paling dekat ke-2 dari matahari. Ukujran venus hampir serupa sama ukuran bumi hingga orang menjuluki kembaran bumi. Planet venus terlihat berkilau antara bintang-bintang dilangit waktu fajar hingga kerap dikatakan sebagai bintang fajar.

Venus kerap disebutkan bintang senja karena kelihatan kemilau di barat saat matahari terbenam. Namun, venus bukan bintang. Atmosfer venus terdiri dari gas karbondioksida, sedikit hidrogen, uap air, dan nitrogen. Atmosfer venus bisa meredam sinar matahari hingga venus terlihat paling ceria disaksikan dari bumi.

Arah perputaran venus sejalan dengan arah jarum jam, hingga matahari di venus keluar dari barat dan tenggelam dari timur. Berlainan dengan arah perputaran planet-planet yang lain, yakni dari timur ke barat.

Untuk nama-nama planet lain ulasannya ada di Pelajaran IPA Kelas 6 Bumi dan Alam Semesta Part 2 bisa kalian baca sampai habis disana selain menjelaskan planet juga akan mengulas tentang benda-benda langit lain seperti asteroid dan komet.

Related Posts
Materi Bahasa Inggris Expression of Warning
Materi Bahasa Inggris Expression of Warning

Materi Bahasa Inggris Expression of Warning - Hallo guys, how are you today? I hope you're fine. And now we Read more

Mengenal Ilmu Fisika Itu Sebenarnya Apa Sih ?
Ilmu Fisika

Mengenal Ilmu Fisika Itu Sebenarnya Apa Sih ? - Halo temen-temen semua kembali berjumpa bersama situs resmi Prakerja.Co.Id, yg dimana Read more