IPA Kelas 6 Bumi dan Alam Semesta Part 2

IPA Kelas 6 Bumi dan Alam Semesta Part 2 – Di artikel sebelumnya kita akan mengulas tentang pelajaran bumi dan alam semesta part 1 kita lanjutkan di artikel ini langsung ke planet bumi yang kita tempati sebagai berikut ulasannya :

Nama – Nama Planet

Bumi

planet bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi memiliki atmosfer yang terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan uap air. Atmosfer melindungi kkita dari sinar ultraviolet yang dapat mematikan kehidupan dan juga benda-benda langit yang mendekati kebumi. Selain itu, atmosfer juga menjaga suhu sesuai kebutuhan makhluk hidup. Bumi memiliki sebuah satelit, yaitu bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam perederannya mengitari matahari.

Mars

Planet mars sering disebut planet merah karena tampak kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin. Pada permukaan mars terdapat kawah-kawah dan gunung-gunung yang sangat tinggi dan besar. Keseluruhan permukaan mars berupa padang pasir yag tertutup oleh debu dan bebatuan padat yang berwarna merah oranye.
Atmosfer di mars terdiri dari gas karbondioksida dan nitrogen. Di planet tersebut tidak ada air dan planet itu memiliki 2 satelit atau bulan, yaitu phobos dan deimos.

Yupiter

Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Besar Yupiter sebelas kali besar bumi sehingga sering disebut dengan planet raksasa.
Planet yupiter berputar dengan cepat pada poros nya dibandingkan perputaran planet-planet lainnya. Kecepatan rotasi tersebut menyebabkan Yupiter lebih lebar pada bagian ekuator.
Atmosfer yupiter sebagian besar terdiri atas hidrogen dan sisanya helium.

Atmosfer di planet, itu sangat tebal sehingga Yupiter itu tampak seperti bola gas raksasa.
Planet Yupiter memiliki 16 satelit dengan empat satelit terbesar secara berturut-turut adalah Ganymede, Caallisto, Europa dan Io.

Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua dalam tata surya setelah Yupiter. Ukuran Saturnus sembilan kali ukuran bumi. Saturnus memiliki lapisan atmosfer yang sanagt tebal, tersusun atas gas hidrogen dan helium serta sedikit metana dan amonia.

Saturnus merupakan planet yang sangat indah karena memiliki tiga cincin pada bagian atmosfernya. Cincin itu di perkirakan terdiri atas debu halus, kerikil kecil, dan butir-butir es yang sangat banyak. Planet itu tampak berwarna kekuningan. Planet saturnus memiliki 31 buah satelit dan satu diantaranya yang paling besar adalah Titan. Titan merupakan satu-satunya satelit dalam sistem tata surya yang memiliki lapisan atmosfer.

Planet Uranus

Planet Uranus

Ditemukan seorang astronom Inggris bernama Sir William Herschel tahun 1781. Uranus diselimuti oleh awan yang tebal sehingga sulit diamati dari bumi. Planet Ursnus tampak berwarna hijau kebiruan. Atmosfer planet ini tersusun dari Hidrogen, Helium, dan Metana.

Uranus berotasi dari timur ke barat seperti halnya Venus. Namun, arah rotasinya tidak searah jarum jam, tetapi dari atas ke bawah. Uranus berputar dengan cepat pada porosnya. Akibatnya, bagian ekuator Uranus lebih tebal dari bagian-bagian lain. Perputaran yang cepat juga menimbulkan angin yang kuat pada atmosfer Uranus.

Planet Uranus memiliki cincin pada atmosfer. Cincin Uranus tidak dapat diamati dari bumi, sekalipun dengan bantuan teleskop. Planet itu memiliki 27 satelit atau bulan. Satelit yang ukurannya besar ada 5 buah, yaitu Mirandi, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

Neptunus

Ditemukan oleh seorang astronom Jerman bernama J. G. Galle tahun 1846. Planet Neptunus tampak berwarna kebiruan. Neptunus juga dikelilingi oleh cincin debu. Selain itu, Neptunus memiliki bintik hitam. Bintik tu diperkirakan adalah badai raksasa. Seperti halnya Yupiter, Saturnus, dan Uranus, lanet itu berupa bola gas raksasa dengan lapisan atmosfer yang tebal. Atmosfer itu tersusun dari gas hidrogen dan helium. Planet Neptunus memiliki 4 cincin dan 11 Satelit atau bulan. Satelit yang paling besar adalah Triton.

Benda-benda langit yang lain

Asteoroid

Diantara Mars dan Yupiter terdapat benda-benda langit. Kumpulan benda langit itu terdiri atas gumpalan batu dan logam yang mengapung di angkasa. Benda langit tersebut adalah asteroid. Diperkirakan terdapat kurang lebih 5.000 di dalam tata surya.

Seperti planet, asteroid juga beredar mengelilingi matahari. Permukaan asteroid berbeda-beda. Asteroid penuh kawah. Ukuran Asteroid berbeda-beda. Asteroid paling besar adalah Ceres dengan diameter 785km. Asteroid lainnya, antara lain Dallas berdiameter 560km., Vesta berdiameter 390 km, dan Juno berdiameter 190km.

Komet

Komet merupakan benda langit yang beredar mengelilingi matahari dan tampak bersinar karena memantulkan cahaya matahari. Lintasan komet berbentuk sangat lonjong. Komet sering disebut bintang berekor karena bentuknya panjang seperti memiliki ekor. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari. Semakin dekat matahari, ekornya semakin panjang.

Komet terbentuk dari debu, es dan gas yang membeku. Kemudia, mengalami pemanasan oleh matahari. Lintasan komet berbeda dengan lintasan planet. Lintasan komet sangat lonjong berebentuk elips. Pergerakan komet sangat lamban. Komet yang paling terkenal adalah komet Halley. Komet Halley muncul setiap 76 bulan sekali. Komet Halley terakhir muncul tahun 1986. Jadi, akan muncul lagi tahun 2062.

c. Meteoroid

Pada malam hari, kadang-kadang terlihat titik cahaya berkelebet di langit. Orang bisa menyebut nya “Bintang Jatuh”. Benda langit tersebut adalh meteroid. Meteroid ialah kumpulan batu-batu kecil yang terapung di ruang angkasa. Umunya meteroid mengandung besi, nikel, dan unsur-unsur logam lainnya. Meteroid berasal dari sabuk asteroid.

Jika meteoroid bergerak mendekati bumi akibat gaya gravitasi bumi, meteorid tersebut akan ditarik masuk ke atmosfer bumi. Akibatnya, terjadi gesekan antara meteoroid dan molekul molekul udara di dalamatmosfer sehingga menyebabkan meteoroid terbakar dan menjadi meteor atau bintang jatuh. Kebanyakan meteoroid akan habis terbakar menjadi debu di atmosfer sebelum sampai ke permukaan bumi. Meteoroid yang berhasil sampai ke permukaan bumi dan tidak habis terbakar di atmosfer disebut meteoit.

Meteoroit yang sangat besar jika jatuh di bumi membentuk kawah meteroit. Salah satu contoh kawah meteoroit terdapat di Arizona dengan kedalaman 200m. Kawah itu terbentuk ketika meteoroit sebesar 50.000 ton menabrak bumi sekitar 25.000 tahun yang lalu.

d. Satelit

Satelit merupakan pengiring planet. Sambil beredar mengelilingi planet, satelit juga berputar pada porosnya, contohnya bulan. Satelit dibedakan atas satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah bulan, sedangkan satelit buatan, contohnya satelit palapa. Satelit buatan dilepaskan oleh rokat dan mengorbit di sekitar bumi, namun tidak berotasi. Perhatikan satelit palapa dalam gambar dibawah.

Related Posts
Contoh Portofolio Lamaran Kerja
Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Pendahuluan: Dalam dunia persaingan kerja yang semakin ketat, memiliki portofolio lamaran kerja yang menarik dapat menjadi kunci sukses untuk membedakan Read more

Adab Makan dan Minum Materi Pelajaran PAI Kelas 10
Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum - Assalamualaikum teman online semua tentunya kalian sudah tahu kan kalau Makan dan minum adalah kebutuhan Read more