Keadaan Cuaca Kelas 3 SD Tema 5 Semester 2

Keadaan Cuaca Kelas 3 SD Tema 5 – Hai beberapa adik kembali kita akan membahas materi pelajaran di kelas 3 SD mengenai Cuaca. Tentu kalian tidak asing kan dengan istilah cuaca ? di mana ayah bunda tentu pernah mengulas

mengenai peralihan cuaca, ada panas ada dingin, Indonesia mempunyai empat tipe cuaca, yakni cuaca berawan, mendung, ceria, dan hujan. Cuaca yang lain bisa membuat aktivitas manusia berbeda.

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu berasa sejuk. Angin bertiup semilir. Mereka asyik bermain. Mendadak, langit berbeda mendung. Awan gelap tutupi matahari. Udin tetap ingin meneruskan bermain bola.

Keadaan Cuaca Kelas 3 SD Tema 5

Langit semakin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka cari tempat untuk berlindung. Kondisi cuaca memang kerap berbeda-ubah. Pagi hari, cuaca berasa dingin. Saat siang hari, cuaca sangat terasa panas. Sore hari, cuaca berasa dingin.

Angin bertiup lebih kencang. Hujan mulai reda. Beni dan Udin segera pulang ke rumah. Mereka bersihkan diri dengan mandi air hangat. Tubuh mereka kembali berasa segar. Cuaca malam hari berasa lebih dingin.

Lambang lambang Cuaca

Dalam ramalan atau perkiraan cuaca baik yang ada di tv maupun di smartphone kalian ditandai dengan simbol atau lambang cuaca sebagai berikut :

simbol-simbol cuaca
Elemen elemen Cuaca

Hari mulai bergerak siang. Matahari berkilau cerah. Edo buka jaketnya. Ia mulai berasa gerah. Kondisi cuaca pada sebuah hari dapat berbeda-ubah. Pagi hari, cuaca mendung. Siang hari, cuaca menjadi panas. Sore hari, cuaca dapat berbeda hujan. Tahukah kamu apakah itu cuaca? Cuaca ialah kondisi udara di suatu tempat. Cuaca terjadi pada periode waktu tertentu. Kondisi cuaca bisa berbeda-ubah.

Kita bisa meramal kondisi cuaca. Triknya dengan memperhatikan beberapa unsur cuaca. Misalkan temperatur, penekanan udara, dan kelembapan. Kita dapat memperhatikan curahan hujan. Menyaksikan kondisi kondisi angin dan awan. Elemen cuaca berbeda kesemua tempat. Cuaca terjadi di suatu lokasi yang tidak luas. Berlangsungnya juga di saat tertentu.

Perhatikan kondisi di sekelilingmu! Bagaimana kondisi cuacanya? Aktivitas apa yang sudah dilakukan saat kondisi cuaca semacam itu? Imbas apa yang kita alami? Bagaimana bila kondisi cuaca semacam itu berjalan lama?

Pemahaman Cuaca

Cuaca ialah kondisi udara di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Pengetahuan yang pelajari cuaca disebutkan meteorologi. Cuaca berlainan dengan cuaca. Cuaca ialah temperatur rerata udara dalam waktu yang lama pada wilayah yang paling luas. Pengetahuan yang pelajari cuaca disebutkan klimatologi.

Cuaca dapat dingin atau panas, basah atau kering, tidak berangin atau berangin. Cuaca disebabkan karena peralihan udara di sekitar bumi saat udara mendingin atau menghangat. Bagaimana proses berlangsungnya awan dan hujan? Lihat gambar berikut!

Awan datang dari uap air yang naik ke langit. Uap air muncul karena ada pemanasan matahari pada air di bumi, seperti air kolam, air danau, air air sungai, dan laut. Semakin naik ke atas, temperatur uap air semakin turun hingga air jadi semakin dingin. Mengakibatkan, terjadi beberapa titik air. Beberapa titik air ini selanjutnya sama-sama bersatu dan turun ke bumi berbentuk hujan.

cuaca di indonesia

Keadaan Cuaca

Coba lihat langit di atasmu! Berawan atau biru langit di atasmu? Tiap hari, kondisi langit tidak selamanya sama. Satu saat, langit kelihatan biru bersih tanpa awan, tetapi di saat lainnya kelihatan berawan.

1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah ialah cuaca yang memperlihatkan langit pada keadaan jelas, cahaya matahari memancar jelas tapi tidak demikian berasa panas, ada awan yang berlapis-lapis tipis seperti bulu-bulu serat sutra halus.

Di saat siang hari, awan ini kelihatan warna putih bersih. Tetapi, mendekati matahari keluar dan tenggelam akan kelihatan warna kuning ceria atau merah. Angin terhembus sepoi-sepoi. Biasanya, hujan tidak turun di saat cuaca cerah.

2. Cuaca Berawan

Cuaca berawan ialah cuaca yang memperlihatkan jika di langit terdapat banyak awan. Awan sebagai kelompok uap air yang ada di udara. Uap air ini datang dari air kolam, air danau, air laut, dan air sungai yang naik ke atas dan tergabung dengan udara karena dampak panas matahari.

Apakah benar awan bisa jalan? Kenapa awan bisa jalan? Awan kelihatan jalan karena didorong oleh angin. Arah pergerakan awan sesuai arah pergerakan angin. Maknanya, bila angin bertiup ke utara, karena itu awan akan bergerak ke utara. Bila angin bertiup ke barat, karena itu awan akan bergerak ke selanjutnya, dan barat.

Beberapa awan bisa berdompol jadi satu, hingga hasilkan sebuah awan yang besar. Awan yang besar itu bisa beralih menjadi mendung. Jika kondisi disekelilingnya memberikan dukungan, karena itu mendung bisa beralih menjadi hujan.

3. Cuaca Panas

Matahari menerangi bumi dan menghangatkan udara di sekitar bumi. Beberapa tempat di bumi terima semakin banyak cahaya matahari hingga lebih panas dibanding tempat lainnya.

Wilayah itu kerap disebutkan wilayah khatulistiwa. Indonesia adalah negara yang berada di wilayah khatulistiwa. Maka dari itu, nyaris tiap hari cuacanya selalu panas.

Temperatur di daratan rendah, biasanya berlainan dengan temperatur di daratan tinggi. Jika kita ada di daratan rendah, karena itu udaranya akan berasa panas. Kebalikannya, bila kita ada di daratan tinggi, karena itu udaranya akan berasa sejuk.

4. Cuaca Dingin

Keadaan cuaca dikuasai oleh kelembapan udara, kecepatan angin, dan temperatur udara pada sebuah wilayah di saat tertentu. Jika kelembapan udara tinggi, angin bertiup kuat, dan temperatur udara rendah, karena itu cuaca di wilayah itu di saat itu bisa disebutkan dingin.

5. Cuaca Berangin

Angin ialah udara yang bergerak. Udara bergerak dari wilayah yang bertekanan tinggi ke wilayah yang bertekanan rendah. Di saat siang hari, dataran bisa lebih cepat panas dibanding lautan hingga penekanan udara di atas dataran lebih rendah dibanding penekanan udara di atas lautan.

Mengakibatkan, angin akan bertiup dari laut ke arah dataran. Angin itu diberi nama angin laut. Saat cuaca berangin, langit umumnya terlihat cukup berawan, temperatur udara rendah, dan angin bertiup kuat hingga menerbangkan beberapa benda enteng yang dilewatinya.

Terkadang tiupan angin yang paling kuat bisa menggulingkan pohon dan merubuhkan rumah di sekelilingnya. Kecepatan angin bisa diukur dengan alat yang disebutkan anemometer.

Kehadiran angin digunakan nelayan untuk gerakkan perahu monitornya saat ke laut, begitupun saat datang dari laut. Angin digunakan di di dunia penerbangan, gerakkan kincir angin, olahraga monitor, terbang layang, dan bermain layang-layang.

6. Cuaca Hujan

Hujan datang dari udara yang memiliki kandungan uap air. Udara akan naik ke membuat awan dan atas. Semakin ke atas, temperatur uap air jadi semakin rendah. Pada temperatur tertentu, uap air akan mengembun jadi beberapa titik air. Beberapa titik air akan beralih menjadi tetes-tetes air. Lama-lama tetes-tetes air itu semakin berat dan pada akhirnya jatuh ke bumi berbentuk hujan.

Badai terkadang terjadi di saat hujan turun deras. Badai ialah angin ribut dibarengi guntur yang kilat dan bergelora yang menyikat-nyambar. Badai dapat mengakibatkan kerusakan kronis di bumi. Kecil besarnya hujan bisa diukur dengan alat yang disebutkan regenmeter.

Nach beberapa adik tersebut pembahasan berkenaan materi Keadaan Cuaca Kelas 3 SD Topik 5 yang sukses kami rangkumkan. Mudah-mudahan berguna untuk beberapa adik semua dan terus semangat membaca ya dan untuk bunda dan ayah semangat terus menemani mereka.

Related Posts
Jaminan 100% Lulus! Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2 dengan Pembahasan Super Lengkap!
Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 Semester 2 - Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan dan organisme. Read more

Soal UTS IPA Kelas 3 SD Semester 1
Soal UTS IPA Kelas 3 SD Semester 1,

Soal UTS IPA Kelas 3 SD Semester 1 - Hai adik-adik apa kabar kalian hari ini? masih bersemangat kan belajarnya. Read more