Macam-Macam Sujud Pengertian Cara dan Fungsi

Macam-Macam Sujud – Sujud adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan saat shalat. Dalam shalat, terdapat beberapa macam sujud yang harus dilakukan oleh seorang Muslim. Sujud merupakan tindakan yang sangat penting dalam shalat,

karena dengan sujudlah seorang Muslim memperlihatkan penghormatan, ketaatan, dan kesederhanaannya di hadapan Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas macam-macam sujud, pengertian, cara, dan fungsi dari sujud dalam shalat.

Macam-Macam Sujud

Pengertian Sujud

Sujud berasal dari bahasa Arab “sajada” yang berarti merendahkan diri atau tunduk. Dalam konteks agama Islam, sujud adalah suatu tindakan ibadah di mana seorang Muslim merendahkan diri dan menyentuhkan dahinya dengan tanah sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Macam-Macam Sujud

Macam-Macam Sujud dan bacaannya

Ada beberapa macam sujud yang harus dilakukan oleh seorang Muslim dalam shalat, yaitu:

1. Sujud Tilawah

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan saat membaca atau mendengar ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran. Sujud tilawah biasanya dilakukan setelah membaca ayat tertentu yang memerintahkan untuk sujud, seperti ayat ke-15 dari surat al-Hajj.

2. Sujud Sahwi

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan jika seorang Muslim melakukan kesalahan dalam shalat, seperti lupa melakukan rakaat atau sujud. Sujud sahwi dilakukan setelah salam di akhir shalat.

3. Sujud Syukur

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat atau kebaikan yang telah diberikan. Sujud syukur bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya dalam shalat.

4. Sujud Shalat

Sujud shalat adalah sujud yang dilakukan dalam rangka menunaikan shalat lima waktu, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. Sujud shalat dilakukan minimal dua kali dalam setiap rakaat shalat.

Cara Melakukan Sujud

Untuk melakukan sujud, seorang Muslim harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Bersihkan Tempat Sujud

Sebelum sujud, pastikan tempat sujud dalam keadaan bersih dan suci. Jangan sujud di atas sesuatu yang kotor atau najis.

2. Letakkan Dahi dan Hidung pada Lantai

Ketika sujud, letakkan dahi dan hidung pada lantai dengan menempelkan dahi pada permukaan lantai. Jangan menyentuhkan tangan atau siku ke lantai saat sujud.

3. Letakkan Kedua Tangan di Atas Lantai

Letakkan kedua tangan di atas lantai, sejajar dengan bahu dan sejajar dengan posisi kepala saat sujud.

4. Letakkan Kaki di Atas Lantai

Letakkan kedua kaki di atas lantai dengan posisi jari kaki menghadap ke arah kiblat dan tumit berdekatan. Hindari menumpangkan satu kaki di atas yang lain saat sujud.

5. Ucapkan Takbiratul Ihram

Sebelum sujud, ucapkan takbiratul ihram sebagai tanda memulai shalat.

6. Lakukan Sujud

Lakukan sujud dengan meletakkan dahi dan hidung pada lantai, kedua tangan di atas lantai, dan kedua kaki di atas lantai.

7. Ucapkan Doa Sujud

Setelah melakukan sujud, ucapkan doa sujud seperti “Subhanallah” atau “Maha Suci Allah”.

8. Bangkit dari Sujud

Setelah ucapkan doa sujud, bangkitlah dari sujud dan kembali ke posisi duduk.

9. Lakukan Sujud Kembali

Setelah kembali ke posisi duduk, lakukan sujud kembali seperti pada langkah sebelumnya.

10. Ucapkan Takbiratul Ihram

Ucapkan takbiratul ihram lagi sebagai tanda memulai sujud kedua.

11. Lakukan Sujud Kedua

Lakukan sujud kedua dengan posisi yang sama seperti pada sujud pertama.

12. Ucapkan Doa Sujud

Setelah melakukan sujud kedua, ucapkan doa sujud seperti pada sujud pertama.

13. Bangkit dari Sujud

Setelah ucapkan doa sujud kedua, bangkitlah dari sujud dan kembali ke posisi berdiri untuk melanjutkan shalat.

Fungsi Sujud

Sujud dalam shalat memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Meningkatkan Ketaatan kepada Allah SWT

Dengan melakukan sujud, seorang Muslim memperlihatkan ketaatannya kepada Allah SWT dan mengakui bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini berasal dari-Nya.

2. Meningkatkan Kehumblan

Melakukan sujud juga bisa meningkatkan kehumblan seorang Muslim, karena dengan sujud dia menyadari bahwa dia hanyalah manusia yang lemah dan butuh bantuan Allah SWT.

3. Meredakan Stres

Melakukan sujud bisa meredakan stres dan ketegangan pada tubuh, karena dengan sujud, seorang Muslim melepaskan diri dari segala macam masalah dan hanya fokus pada ibadahnya.

4. Menjaga Kesehatan

Sujud juga bisa menjaga kesehatan, karena dengan sujud, seorang Muslim melancarkan peredaran darah ke otak dan bagian tubuh lainnya.

Kesimpulan

Sujud merupakan ibadah penting dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dalam shalat. Ada beberapa macam sujud, seperti sujud tilawah, sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud shalat. Melakukan sujud bisa meningkatkan ketaatan, kehumblan, meredakan stres, dan menjaga kesehatan. Oleh karena itu, mari kita lakukan sujud dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa syukur kepada Allah SWT.

Related Posts
Keutamaan dan Tata Cara Shalat Sunah Rawatib
Shalat Sunah Rawatib

Shalat Sunah Rawatib - Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Selain shalat wajib, ada Read more

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Expressing Feelings
Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Expressing Feelings

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Expressing Feelings - Hello students, how are you today? I hope you're fine. Pada kesempatan Read more