Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions – Hallo students, how are you today ? I hope you are fine and health. Pada artikel kali ini kita akan memberikan ulasan materi pelajaran bahasa inggris tentang pokok bahasan penggunaan dan fungsi preposition.

Pembahasan yang diulas kali ini kita mau bahas prepositions mulai dari pengertian, macam-macam, hingga penggunaannya, nih! Kalian pernah nggak sih, pas lagi asyik menulis sesuatu dalam Bahasa Inggris–misalnya mau bikin caption instagram atau status whatsapp, terus tiba-tiba bingung, memakan in atau on ya begitu.

Kalau pernah, jangan khawatir, habis baca artikel ini saya yakin sekali kalian akan lebih mahir dalam menggunakan prepositions. Oh iya, materi ini juga masih ada kaitannya dengan news item text lho. Hayo, masih inget nggak? Tenang, nanti kami bantu ingetin deh. Yuk deh langsung aja kita mulai!

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions

Pengertian Preposition

Preposition adalah kata-kata yang biasanya digunakan untuk sebelum nouns, pronouns, atau phrases dalam sebuah kalimat. Kalian harus tahu bahwa, penggunaan preposition ini memberi keterangan tambahan mengenai posisi, waktu, hingga bagaimana cara sesuatu dilakukan.

Saat belajar tentang news item text, kalian pasti ketemu sama yang namanya preposition. Language feature ini menjawab pertanyaan 5W+1H di news item text. Misalnya, kalimat “They live in Indonesia” memiliki preposition “in” yang menjawab pertanyaan where. “They went to Australia in January” memiliki preposition “in” yang menjawab pertanyaan when. “The minister went there with the president” memiliki preposition “with” yang menjawab pertanyaan who.

Macam-Macam Prepositions

Preposition of Time

Sesuai namanya, preposition yang satu ini menunjukkan keterangan waktu. Preposition yang dipakai ada tiga, yaitu in, on, atau at. Mungkin kalian sering bingung, kenapa kalau mau nyebut waktu yang bulan aja bilangnya “in January” tapi kalau jam malah pakai “at 8 o’clock”

piramida preposition

Berdasarkan piramida yang terbalik habis ditiup angin di atas, penggunaan preposition dimulai dari keterangan waktu yang umum hingga spesifik.

In dapat kalian gunakan untuk menunjukkan suatu waktu yang tidak terlalu spesifik dalam hari, bulan, tahun, atau musim. Contoh:

My mom cooked breakfast in the morning.
It rained a lot in December.
Nadiem Makarim was born in 1984.
Floodings happen in the wet season.

At bisa dipakai untuk menunjukkan jam atau dengan keterangan seperti noon, night, dan midnight. Contoh:

She came at 8 o’clock.
They had lunch at noon.
The incident happened at midnight.

Preposition of Place

Tentunya kalian sudah tidak asing banget dengan penggunaan preposition berdasarkan letaknya, jadi udah bisa bedain on the box, in the box, under the box, dan seterusnya. Tapi kalau di news item text, Kalian semua tentunya sering menemukan lebih dari sekadar box, biasanya tuh nama tempat. Nah, kami punya satu lagi piramida yang harus kalian perhatikan juga.

Sama dengan piramida yang sebelumnya, yang ini juga makin ke bawah, makin spesifik, ya. Bagaimana yah contohnya? Langsung lihat dibawah ini

materi preposition pdf

In dipakai kalau tempatnya itu cakupannya luas banget, misalnya negara atau kota. Contoh:

They live in Indonesia.
They stayed in Surabaya.
On elo pakai kalau tempatnya itu misalnya nama jalan. Atau bisa juga kalau diatas kendaraan seperti kereta, bus, atau kapal, lho! Contoh:

They live on Jalan Sudirman.
They were on the bus when the incident happened.

At bisa kalian gunakan ketika tempatnya spesifik banget. Misalnya ada alamat lengkapnya, atau lokasi spesifik lainnya seperti home.

They live at Jalan Sudirman number 10.
They decided to stay at home.

Preposition of Method and Manner
Nah kalau preposition yang ini menunjukkan bagaimana sesuatu itu dilakukan. Ada dua yang umumnya dipakai.

By menunjukkan apa yang kita lakukan untuk memperoleh hasil tertentu. Contoh:

He lost a lot of weight by exercising regularly.
They went to Jogja by bus.
With menunjukkan sikap, cara, atau benda yang digunakan dalam melakukan sesuatu. Contoh:

The thief broke the glass door with a rock.
The victims of the incident screamed with terror.

Well guys itulah tadi ulasan menarik sekali mengenai Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Prepositions. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa inggris kalian. Untuk materi lainnya bisa di cari di kolom pencarian.

Related Posts
Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Efektif: Terbukti Ampuh!
cara belajar bahasa inggris

Cara efektif belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis. Belajar bahasa Inggris Read more

Pentingnya Mengetahui Ciri-Ciri Pembuluh Darah Vena untuk Kesehatan Anda
Ciri-Ciri Pembuluh Darah Vena

Pembuluh darah vena memainkan peran penting dalam sistem peredaran darah manusia. Namun, seringkali ciri-ciri pembuluh darah vena terabaikan, padahal pemahaman Read more