Materi IPA Kelas 9 SMP Sistem Reproduksi Manusia

Materi IPA Kelas 9 SMP Sistem Reproduksi Manusia – Hai beberapa adik semua, Ini kali kita akan membahas info mengenai materi IPA kelas 9 SMP mengenai mekanisme reproduksi manusia. Dalam ulasan ini dipisah jadi beberapa sub dasar dimulai dari

organ reproduksi lelaki, organ reproduksi wanita, spermatogenesis, oogenesis, bagaimana transisi menstruasi, dan yang paling akhir ada kehamilan dan fertilisasi. Arah pada materi ini beberapa adik atau pelajar semua bisa pahami mengenai jalinan dan peranan

pada organ reproduksi manusia baik lelaki dan wanitag, kalian dapat ketahui beberapa gangguan dari mekanisme reproduksi pada manusia. Daripada lama-lama kembali langsung kita masuk ke pembahasan materinya.

Materi IPA Kelas 9 SMP Sistem Reproduksi Manusia

Pembahasan Materi Sistem Reproduksi Manusia

Organ Reproduksi Lelaki dan Spermatogenesis

Yang pertama kita akan menerangkan apa beberapa bagian dari reproduksi pada lelaki dimulai dari mengenali namanya dan apa perannya hingga kalian dapat ketahui dengan baik. penjelasannya berikut ini :

Penis : sisi luar organ reproduksi lelaki yang berperan sebagai aliran kencing (urin) dan aliran sperma.

Skrotum : sisi seperti kantung yang ada testis, berperan jaga temperatur testis supaya sama sesuai untuk memproduksi sperma.

Testis : sisi yang memiliki bentuk bundar telur yang ada di skrotum, berperan untuk produksi hormon testosteron dan sperma.

Epididimis : aliran yang keluar testis yang seperti pertanda koma dengan sekitaran 4 cm, berperan sebagai area untuk menyimpan sperma sementara.

Vas Deferens : aliran panjang yang ke arah atas dan sebagai kelanjutan dari epididimis, berperan menyambungkan uretra dan epididimis.

Uretra : aliran yang ada dalam penis, sebagai akhirnya aliran reproduksi, berperan sebagai aliran keluarnya urine dan sperma.

Kelenjar Vesikula Seminalis : sisi yang seperti kantung kecil memiliki ukuran ± 5 cm yang berada ada di belakang kantung kemih, berperan hasilkan beberapa zat yang dibutuhkan untuk perubahan sperma.

Kelenjar Prostat : sisi yang seperti kue donat yang berada di bawah kantung kemih, berperan hasilkan cairan memiliki sifat asam.

Kelenjar Cowper : sisi yang seperti kacang yang berada di bawah kelenjar prostat, berperan hasilkan lendir dan cairan memiliki sifat basa.

rangkuman materi ipa kelas 9 semester 1

Organ Reproduksi Wanita dan Oogenesis

Sama seperti pada alat reproduksi lelaki, pada repduksi wanita atau wanita ada juga beberapa beberapa bagian organnya. Penjelasannya seperti berikut :

Ovarium : susunan seperti telur, sejumlah 2 buah, berada di sisi kanan dan kiri kandungan (uterus) dan berperan hasilkan sel telur (ovum).

Aliran telur (Tuba Fallopi atau Oviduk) : aliran dengan sekitaran 10 cm yang menyambungkan ovarium dengan kandungan (uterus).

Infundibulum : sruktur berjumbai dan sebagai pangkal dari tuba fallopi.

Kandungan (uterus) : susunan seperti buah pir yang berperan sebagai tempat mengembangnya janin sepanjang kehamilan.

Endometrium : susunan yang batasi rongga kandungan dan meluruh saat menstruasi.

Vagina : aliran yang menyambungkan lingkungan luar dengan kandungan, aliran mengucurnya darah menstruasi, dan aliran keluarnya bayi.

Servik : susunan kandungan sisi bawah yang menyempit dan buka ke vagina.

materi sistem reproduksi manusia kelas 9 pdf

Transisi Menstruasi

Menstruasi sebagai satu kondisi keluarnya darah, cairan jaringan, lendir, dan beberapa sel epitel yang membuat dinding rahim. Jika seorang wanita alami menstruasi, maka keluar darah lewat organ vitalnya.

Menstruasi ini umumnya terjadi sebulan sekali. Transisi menstruasi bisa terjadi jika sel telur yang dibuat oleh ovarium, tidak dibuahi oleh sel sperma. Secara umum satu transisi menstruasi berjalan sepanjang 28 hari. Namun, ada wanita yang alami transisi menstruasi panjang dan pendek.

Seorang wanita yang alami transisi menstruasi pendek, transisi menstruasinya akan ber langsung kurang lebih18 hari. Seorang wanita yang alami transisi menstruasi panjang, transisi menstruasinya akan berjalan sepanjang sekitaran 40 hari.

Pemisahan Sel

Pemisahan sel penting untuk keberlangsungan hidup semua makhluk hidup. Ada 3 argumen kenapa sel alami pemisahan, untuk perkembangan, reproduksi, dan pembaruan. Berikut akan diterangkan masing-masing argumen keutamaan sel alami pembelahan. Argumen pertama sel alami pemisahan untuk pertumbuhan.

Makhluk hidup bisa tumbuh karena sel-selnya semakin bertambah banyak. Makin bertambah sel pada suatu makhluk hidup karena itu makin besar ukuran makhluk hidup itu. Argumen setelah itu untuk pembaruan. Pembaruan jaringan yang hancur dalam tubuh itu ialah dari hasil mekanisme pemisahan sel.

Argumen paling akhir sel alami pemisahan untuk reproduksi. Reproduksi atau pengembangbiakan ialah ciri-ciri lain dari makhluk hidup. Di proses reproduksi seksual, dibutuhkan sel kelamin untuk membuat pribadi baru (anakan). Proses pembangunan sel kelamin ini dilaksanakan dengan pemisahan sel.

Berdasarkan teori sel, semua sel hidup datang dari sel yang telah ada awalnya (omnis cellula e cellula). Teori ini dipastikan oleh Rudolf Virchow di tahun 1855. Pembangunan beberapa sel baru atau anakan dari sel yang telah ada awalnya bisa terjadi lewat mekanisme pemisahan sel. Pemisahan sel dibagi jadi pemisahan meiosis dan mitosis.

Related Posts
Pengertian Sketsa
Pengertian Sketsa

Pengertian Sketsa: Seni Gambar yang Membuka Pintu Kreativitas Sketsa adalah sebuah bentuk seni gambar yang sering kali dianggap sebagai langkah Read more

Teknologi Penjernihan Air Terbaru: Solusi untuk Air Bersih dan Sehat
Teknologi Penjernihan Air

Dalam artikel ini, Prakerja.Co.Id akan membahas berbagai teknologi terbaru dalam penjernihan air yang dapat membantu menyediakan air bersih dan sehat Read more