Materi Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD

Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD – Halo ayah bunda dan adik-adik semua, kembali lagi kita pada ulasan materi tema 5 di kelas 3 SD yang mana kali ini kita akan menjabarkan materi tentang perbandingan pecahan.

Dalam membandingkan biasanya kita mengenal istilah lebih dari, kurang dari dan sama dengan yang akan dituliskan dalam bentuk simbol. Seperti pada pelajaran sebelumnya yakni membandingkan nilai bilangan.

Kurang dari memiliki simbol tertutup ( < ), lebih dari ditandai dengan simbol terbuka ( > ) dan sama dengan dengan simbol ( = ). Untuk ulasan selengkapnya mari kita lihat ilustrasinya sebagai berikut :

Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD

Cara Membandingkan Pecahan Berdasarkan Ilustrasi

Ilustrasi 1

ilustrasi1

Perhatikan pada gambar diatas, ada dua pizza dengan bentuk utuh bulat. pizza pertama dipotong menjadi 8 bagian sama besar, dan yang kedua dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Pizza pertama diambil 1 bagian, 1 bagian ini jika dinyatakan dalam bentuk pecahan nilainya 1/8 bagian, dan pizza yang kedua kita ambil 1 bagian maka 1 bagian yang diambil nilainya adalah 1/4.

Jika kita bandingkan 1/8 dengan 1/4 Mana yang lebih kecil kita bisa melihatnya dari bentuk pizzanya ya, yang kecil yang terkecil adalah 1/8 lebih besar adalah 1/4. Maka potongan pizza 1/8 lebih kecil dari 1/4 dituliskan dengan simbol tertutup menjadi 1/8 < 1/4.

Ilustrasi 2

ilustrasi2

Perhatikan gambar diatas ya adik-adik, masih dengan gambar pizza dimana ada sebuah pizza yang satu dipotong menjadi 2 bagian sama besar dan yang satu lagi dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Jika adik-adik mengambil 1 bagian dari pizza pertama

maka tulisannya dalam pecahan menjadi 1/2, dan untuk pizza yang kedua ketika kalian mengambil satu bagian makan pecahannya ditulis menjadi 1/4. Untuk membandingkan bisa adik-adik lihat 1/2 pizza dengan 1.4 pizza manakah yang lebih besar ?

Jawabannya yang 1/2 potong lebih besar dibandingkan dengan yang 1/4 maka perbandingan pecahannya ditulis dengan 1/2 > 1/4. Bagaimana apakah sampai penjelasan ini sudah mengerti ? langsung kita ke soal latihannya.

Soal Latihan Perbandingan Pecahan

Ilustrasi Gambar :

latihan soal

Penjelasan :

1. Sebuah persegi panjang dibagi menjadi 2 bagian sama besar, 1 bagian diberi warna maka nilainya 1/2 dan yang satunya ada persegi panjang dibagi menjadi 4 bagian sama besar 1 bagian diberi warna maka nilainya yang diberi warna adalah 1/4. Jika kita bandingkan 1/2 dan 1/4, 1/2 lebih besar dari 1/4 bisa melihatnya dari gambarnya. 1/2 lebih besar dari 1/4, sehingga 1/2 > 1/4 dengan tanda terbuka.

2. Persegi panjang dibagi menjadi 4 bagian sama besar 2 bagian diberi warna maka bagian yang diberi warna nilainya adalah 2/4 persegi panjang dibagi menjadi tiga bagian sama besar bagian yang diberi warna ada dua bagian dua bagian yang berwarna nilainya adalah 2/3 jika kita bandingkan 2/4 dengan 2/3 maka terlihat 2/4 < 2/3 dengan tanda tertutup.

3. Ada sebuah persegi panjang dipotong menjadi 4 sama besar dimana 3 potong lainnya diberi warna sehingga kalau ditulis dalam bentuk pecahan ialah 3/4, gambar persegi panjang sebelah kanan dipotong menjadi 5 sama besar dengan 3 bagian diberi warna sehingga pecahannya ditulis dengan 3/5. Saat dibandingkan 3/4 lebih besar dari 3/5.

Dalam konsep pecahan terdapat dua angka diatas dan dibawah dimana bagian atas disebut pembilang dan bagian bawah sebagai penyebut. Semakin besar penyebut maka bentuknya akan semakin kecil.

Nah adik – adik itulah tadi konsep dari membandingkan pecahan tema 5 kelas 3 SD yang berhasil kami sajikan untuk kalian, semoga adik-adik dapat mengerti dengan baik materi ini dan ayah bunda terus bersemangat untuk mendampingi putra-putri kita belajar, terimakasih.

Related Posts
Bernyanyi Secara Unisono Menjaga Harmoni dalam Musik
Bernyanyi Secara Unisono

Bernyanyi secara unisono adalah teknik menyanyi yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan menyanyikan lagu yang sama dengan nada yang sama Read more

Penjelasan Singkat Tentang Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Soal
karya tulis ilmiah

Kali ini kami akan mengulas tentang apa penjelasan singkat tentang karya tulis ilmiah dan contoh soal. Dimana referensi ini banyak Read more