Mengenal 7 Unsur Seni Rupa Dan Contohnya

Mengenal 7 Unsur Seni Rupa – Hai adik-adik semua pada artikel ini kami akan membahas materi pembelajaran mengenai beberapa macam elemen yang ada pada seni rupa ditambah lagi konsepnya dan contoh. Dikutip buku Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Umur Dini yang dicatat oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Pertiwi Kamariah Hasis,

yang menerangkan pemahaman seni ialah dari hasil pernyataan rasa kebahagiaan, keelokan, duka cita, yang bisa diganti jadi kreasi seni seperti gambar, beberapaya, dan patung. Dan, makna kata seni menurut pengkajian pengetahuan di Eropa disimpulkan sebagai ketulusan jiwa atau jiwa yang luhur.

Seni rupa dapat berpengaruh untuk kehidupan manusia dan berperanan sebagai keperluan, therapy, komunikasi, dan pernyataan. Lalu, elemen apa yang berada di dalam seni rupa? Baca penuturannya berikut ini!

Mengenal 7 Unsur Seni Rupa

Berikut Ini 7 Unsur Seni Rupa

Menurut jurnal yang berada di situs Massachusetts College of Art and Desain, elemen seni rupa ialah elemen visual dari warna, wujud, garis, tempat, struktur, dan nilai dari sebuah seni. Beberapa unsur seni rupa mencakup beberapa hal berikut ini:

1. Line (Garis)

Unsur seni rupa yang pertama ialah guratan yang berbentuk garis sejumlah dua sampai tiga dimensional yang karakternya preskriptif, tersurat, atau abstrak.

2. Shape (Bentuk)

Shape ialah elemen atau elemen seni rupa yang mempunyai wujud, baik itu dua dimensi, datar, sampai terbatas pada lebar dan tinggi.

3. Form (Wujud utuh)

Form sepintas serupa shape yang mempunyai elemen wujud di dalamnya. Tetapi, elemen itu gambarnya berbentuk tiga dimensi dan ada volume, seperti gambar kubus, piramid, silinder, dan lain-lain. Walau demikian, form bisa dibikin dan dirangkai secara bebas.

4. Value (Nilai)

Nilai sebagai elemen seni rupa yang terkait dengan kecemerlangan elemen warna. Misalkan, putih ialah yang paling jelas, hitam yang paling gelap, apabila ke-2 nya digabungkan jadi satu karena itu membuat warna abu-abu muda.

5. Space (Ruang)

Dalam seni rupa ada elemen ruangan (-) dan positif. Dikutip situs Binus yang mengulas mengenai ruangan, tipe ruangan positif mempunyai batasan yang terang dan terarah dengan cermat. Kebalikannya, ruangan (-) mempunyai wujud yang tidak terang dan susah dirasa kehadirannya.

6. Color (Warna)

Elemen seni rupa setelah itu warna yang terdiri dari 3 property, yakni corak, intensif, dan nilai. Corak ialah nama warna, nilai ialah corak jelas atau gelap, dan intensif ialah kualitas dan tingkat kecemerlangan dari sebuah warna. Bila intensitasnya tinggi, karena itu corak warna itu lebih cerah. Kebalikannya, bila intensif rendah, corak berwarna lebih gelap.

7. Texture (Tekstur)

Berdasar beberapa komponen di atas, karena itu bisa diambil kesimpulan jika beberapa seni rupa bisa dirasa, bisa disaksikan dan disentuh, atau bahkan juga kita bisa sentuh cukup dengan menyaksikannya saja.

Contoh Seni Rupa

8 unsur seni rupa

Selainnya elemen seni rupa, kita akan mengulas contoh-contohnya. Berdasar perannya seni dipisah jadi dua, yakni seni rupa murni dan seni rupa aplikasi. Ketidaksamaan ke-2 nya berada pada arah, seni rupa murni mempunyai tujuan untuk membuat kreasi yang cantik dengan hasil akhir bisa menarik ketakjuban penikmatnya. Dan seni rupa aplikasi lebih interaktif, penuh design, dan ada penuntasan masalah. Berdasar keterangan dari Artistry Found, contoh ke-2 nya ialah seperti berikut:

Contoh Seni Rupa Murni

Seni rupa murni mengutamakan keelokan dan tidak selamanya berbentuk lukisan, berikut ialah contoh seni rupa murni:

Patung

Mayoritas patung sudah dilihat dan diambil kesimpulan menjadi satu diantara tipe seni rupa murni. Umumnya patung dibikin dan ditempatkan pada tempat ramai yang dilewati banyak orang.

Tembikar atau Pot

Beberapa tembikar atau pot tidak masuk kelompok seni rupa murni. Tetapi, banyak pula tembikar yang bentuknya berbagai macam dan dekati ide seni rupa murni.

Logam

Secara umum, logam kerap kali diibaratkan sebagai seni fungsional, tetapi ada pula seni berbahan logam yang dibikin untuk hasilkan kreasi seni rupa murni.

Mural

Mural sering bisa kita dapatkan berbentuk lukisan yang ada pada dinding dekat sekelilingnya dan rumah. Sering kehadiran mural malah menambahkan keelokan di lingkungan sekelilingnya. Karena itu, mural bisa menjadi satu diantara contoh seni rupa murni.

Contoh Seni Rupa Terapan

Ciri-ciri seni rupa aplikasi kelihatan dari ramainya media yang mempunyai tujuan dan dipakai untuk tampilkan keelokan. Contoh seni rupa aplikasi salah satunya:

Desain

Banyak beberapa barang yang digunakan oleh manusia harus lewat tahapan design ditambah dulu. Design berperan sebagai deskripsi atau membuat visualisasi.

Fashion

Fashion dibuat lewat tingkatan design dan direalisasikan berbentuk baju. Hingga sektor mode masuk kelompok seni rupa aplikasi.

Design Grafis

Kita bisa mendapati contoh design grafis di majalah, iklan, sampai kartu perkataan ulangi tahun. Design grafis karakternya lebih fleksibel dan interaktif.

Seni Produksi

Contoh seni produksi disekitaran kita ialah kartun, film, buku, video lain-lain, dan games. Tingkatan itu bisa diawali dari design baju, deskripsi visualisasi figur, design watak, dan lain-lain.

Prinsip Seni Rupa

Menurut Modul Berkreasi Seni Rupa 2 Dimensi oleh Sri Rahayu Saptawati dan Mahmud, elemen dan konsep seni rupa terbagi dalam:

Kesatuan

Prinsip yang mengatakan jika beberapa unsur dalam seni rupa sama-sama bersatu keduanya dan mendukung untuk membuat sebuah formasi yang cantik.

Kesesuaian

Kreasi seni rupa bisa disebutkan cantik dan berharga estetis bila sesuai dan bersatu.

Penekanan

Kontras atau penekanan ialah konsep yang berdasarkan pada kesan-kesan ketidaksamaan dari 2 elemen yang bersisihan dan bersimpangan. Penekanan itu membuat kreasi yang tidak monoton.

Irama

Irama atau disebutkan dengan rhythm ialah konsep yang mengulang satu ataupun lebih elemen secara teratur. Perulangan itu bisa diaplikasikan pada wujud, warna, dan garis.

Gradasi

Prinsip seni rupa setelah itu gradasi, yakni formasi warna pada jenjang tertentu dan umumnya digunakan untuk membikin mozaik, lukisan, dan karikatur.

Kesebandingan

Prinsip kesebandingan atau pembagian ialah seni rupa yang merujuk pada rekonsilasi dan kedisiplinan pada kreasi seni.

Komposisi

Komposisi ialah konsep seni rupa yang perlu karena sebagai organisasi dari beberapa unsur seni rupa yang memikat, teratur, dan cocok.

Kesetimbangan

Elemen seni rupa yang ditata sebegitu rupa dan imbang bisa membuat kreasi seni yang menarik.

Peran Seni Rupa

Diambil dari buku Evaluasi Seni Rupa untuk Anak Umur Awal oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Pertiwi Kamariah Hasis, peranan seni rupa antara lain ialah:

  • Peranan penyukupan kebutuhan fisik, yakni keperluan manusia pada beberapa hal yang benda dan cantik yang dapat digunakan
  • Peranan penyukupan kebutuhan emosional, peranan ini mendukung keperluan emosional manusia yang melingkupi beragam hati.
  • Peranan komunikasi, manusia dan sesamanya sama-sama berbicara dengan memakai bahasa. Bahasa itu dapat dilimpahkan ke lukisan atau kreasi seni lainnya.
    Peranan pembelajaran, nilai keelokan dalam seni berguna sebagai nilai norma yang bisa menuntun perilaku manusia ke yang lebih baik. Salah satunya misalnya ialah wayang.
  • Peranan agama, peranan agama dalam seni bisa kita dapatkan lewat kaligrafi yang sampaikan pesan sama sesuai tuntunan agama ke umatnya.

Baik beberapa adik pandai semua, tersebut info komplet mengenai beberapa unsur seni rupa dan konsepnya dan contoh. Mudah-mudahan info ini bisa menolong kamu membandingkan beragam elemen yang ada pada seni rupa dan pahami perannya dalam kehidupan manusia.

Mudah-mudahan apa yang kami suguhkan ini berguna untuk kamu dan beberapa adik semua bisa hasilkan sebuah seni rupa sama sesuai ide kalian dan terima kasih banyak sudah baca artikel kami sampai jumpa pada posting prakerja lainnya.

Related Posts
5 Contoh Puisi Islami yang Akan Menguatkan Imanmu di Setiap Kata!
Contoh Puisi Islami

Contoh Puisi Islami - Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali memerlukan pengingat akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Salah satu cara Read more

Mempelajari Teknik Dasar Pantomim
Teknik Dasar Pantomim

Teknik Dasar Pantomim - Hai teman online semua kali ini kita akan mengulas materi tentang Pantomim yang merupakan seni teater Read more