Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya – Assalamualaikum adik-adik semua, Apakabar kalian hari ini semoga dalam keadaan sehat dan semangat belajar selalu. Pada edisi hari ini kita akan mempelajari tentang rukun agama islam.

Dalam rukun agama ada 3 yakni Rukun Islam, Rukun Iman dan Rukun Ihsan. Kalau rukun islam tentu kalian sudah tahu kan ya adik-adik pintar semua karena sudah sering dipelajari dengan rukun iman juga sekal kalian masih duduk di taman kanak-kanak.

Selain itu juga ada lagunya yang bisa membuat kalian dapat menghafalnya dengan mudah. Tetapi kalau kalian lupa dan ingin mengingat-ingat kembali, tepat rasanya kalian membaca artikel ini karena kami akan jelaskan dan mengenalkan ketiga rukun agama islam tersebut.

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya

Agama Islam mempunyai tiga rukun utama yang memiliki fungsi menjadi kerangka dasar serta fondasi agama islam. Ketiga rukun tersebut, yakni Islam, iman, dan ihsan. Rukun-rukun tersebut memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Seseorang akan disebut menjadi Muslim seutuhnya ketika dia bisa mengerti dan memahami makna ketiga rukun tersebut. Lalu adik-adik pintar, apa yang dimaksud dengan rukun ihsan, iman, dan Islam? Yuk Baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Rukun Ihsan

Secara etimologi, kata ihsan berasal dari kata hasuna-yahsunu-hasanan yang berarti baik. Sedangkan apabila di depannya ditambahkan dengan hamzah, maka menjadi ahsana-yushina-ihsanan yang artinya berbuat baik sebagaimana dikutip dari buku Kajian Tauhid dalam Bingkai Aswaja oleh Ahmad Hawassy.

Dari pengertian di atas, ihsan dalam ajaran Islam bisa dimaknai sebagai berbuat baik dengan beribadah kepada Allah SWT secara ikhlas. Perihal ihsan ini juga telah disinggung dalam Alquran surat Al Baqarah yang artinya:

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil: Janganlah kamu menyembah selain Allah SWT dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat, dan tunaikanlah zakat. Tetapi Kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu dan kamu (masih menjadi) pembangkang.” (QS. Al Baqarah: 83).

Berdasarkan ayat tersebut, beribadah yang dimaksud dalam rukun ihsan, yaitu sholat, zakat, berbuat baik kepada orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, serta bertutur kata yang baik kepada sesama manusia. Menurut Dahlan Azis dalam pengantar buku Akhlak Menggapai Makrifat yang dikutip Ana Nadhya Abrar dalam buku Susila Wartawan Muslim, rukun ihsan terbagi menjadi tiga, yaitu:

Beramal saleh: Perbuatan baik yang dilakukan secara sengaja. Rukun ihsan ini harus dilakukan dengan ikhlas, sehingga bisa dicatat sebagai ibadah.

Makrifat: Ini adalah tahap di mana seseorang merasa dirinya dilihat oleh Allah SWT ketika sedang beramal saleh. Salah satu cara agar seseorang bisa berada di tahap makrifat adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah SWT.

Muraqabah: Suatu kesadaran yang dimiliki seseorang bahwa Allah SWT senantiasa selalu mengawasi, mendengar, serta mengetahui apapun yang dilakukannya. Orang yang merasa diawasi oleh Allah akan selalu hati-hati dalam bertindak, bersikap dan terdorong untuk selalu berbuat kebaikan.

Rukun Islam

Dalam ilmu fiqih, rukun Islam diformulasikan sebagai aturan-aturan yang berkaitan langsung dengan Allah SWT (hablun minallah) dan juga sesama manusia (hablun minannas). Rukun Islam ini terdiri dari lima hal, yaitu:

  1. Membaca Dua kalimat syahadat
  2. Mengerjakan Shalat 5 Waktu yang berlangsung mulai dari shubuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya.
  3. Membayar zakat
  4. Berpuasa di bulan Ramadhan.
  5. Menunaikan Ibadah haji Kebaitulloh Jika Mampu

Nah inilah yang harus kita lakukan sebagai umat islam. Kalain bisa mencari syair lagunya supaya bisa menghapalnya dengan mudah bisa cari di Youtube yah.

rukun islam ada 5

Rukun Iman

Menurut sebuah hadits dari Umar RA yang diriwayatkan oleh HR Muslim dimana malaikat Jibril kembali bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai iman. Beliau menjawab: “Iman itu ialah engkau beriman kepada Alloh, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rosul-Nya, hari akhir dan engkau beriman terhadap qodho’ dan qodar; yang baik maupun yang buruk.”

Sehingga disimpulkan rukun iman ada 6

  1. Iman Kepada Allah
  2. Iman Kepada para malaikat-Nya Allah
  3. Iman atau Percaya kepada kitab-kitab Nya Allah
  4. Iman Kepada Nabi dan Rosul
  5. Iman Kepada adanya hari akhir atau hari kiamat
  6. Iman Kepada Qodho dan Qodar sebagai ketetapan Allah SWT

Baiklah adik-adik pintar semua, itulah tadi ulasan tentang mengenal rukun agama islam dan penjelasannya yang berhasil kami rangkumkan dan kami sajikan ke kalian semua. Kami berharap setelah membaca postingan ini kalian semakin mendekatkan

diri kepada Allah SWT dan juga berusaha untuk belajar menjadi muslim yang baik. Tentunya ini kita harus lakukan sebagai seluruh umat yang beragama islam. Sampai jumpa pada postingan artikel berikutnya dan terimakasih banyak kami ucapkan.

Related Posts
Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya
Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya - Assalamualaikum teman-teman dan adik-adik semua, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu ya. Di Read more

Sejarah Tradisi Islam Nusantara
Sejarah Tradisi Islam Nusantara kelas 9

Sejarah Tradisi Islam Nusantara - Islam adalah agama yang telah tersebar luas di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia, Read more