Cara Menyimpulkan Isi Berita dalam Bahasa Indonesia

Menyimpulkan Isi Berita – Hai adik-adik pintar semua yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 6 SD. Salah satu yang menjadi pokok pembahasan di pelajaran Bahasa Indonesia ialah bagaimana untuk bisa menyimpulkan isi berita dari suatu teks.

Ada berbagai macam berita di media cetak, elektronik dan juga online, semuanya memiliki tema masing-masing mulai dari berita, politik, ilmu pengetahuan, hingga ke beita ekonomi serta sosial budaya. Dalam sebuat teks ada pokok-pokok

yang menjadi isi berita tersebut. Sehingga di materi kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana caranya untuk menyimpulkan isi suatu text berita sehingga kita dapat memahaminya dengan mudah jadi tunggu apa lagi langsung saja ke materi.

menyimpulkan isi berita

Inilah Cara Menyimpulkan Isi Berita dalam Bahasa Indonesia

Rumus Penting dalam Menyimpulkan Isi Berita

Tentunya adik-adik pintar semua sudah tidak asing lagi dengan rumus dengan 5W+1H bukan? Dalam sebuat teks berita sangat diperlukan atau sangat penting sekali 5w dan 1 h ini. Sehingga kalian dapat mengambil bagian-bagian pokok dari betita tersebut.

Bagi kalain yang belum tahu dan baru pertama mendengarnya jangan bingung karena berikut ini yang dimaksud dengan 5w dan 1 h tersebut :

1. What : yang menjelaskan peristiwa apa yang terjadi dalam berita tersebut.

2. Where : Menjelaskan tentang tempat lokasi dimana peristiwa tersebut terjadi.

3. When : Pada bagian ini menjelaskan waktu, kapan peristiwa itu terjadi mulai dari jam, tanggal dan harinya sehingga pada pembaca mendapatkan mengetahui waktu kejadian.

4. Who : Menjelaskan siapa yang mengalami kejadian tersebut dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

5. Why : Menjelaskan bagaimana runtutan atau kronologi peristiwa itu terjadi.

6. How : Menjelaskan tentang penyebab atau hal-hal yang melatar belakangi kejadian tersebut.

Setelah kalian menganalisis isi berita melalui petanyaan – pertanyaan diatas kalain bisa mencatatnya menjadi sebuah rangkuman supaya lebih mudah dimengerti.

Cara Menyimpulkan Isi Berita

1. Yang pertama kalian harus menyimak berita dengan baik dan seksama, baik dengan membaca media cetak ataupun online bisa juga dengan mendengarkan berita dimedia elektronik.

2. Mencatat isi-isi pokok berita yang didapatkan dengan rumus 5W + 1H diatas. Mulai dari tema atau topik berita, peristiwa yang terjadi, siapa saja yang terlibat hingga proses terjadinya peristiwa.

3. Menyusun pokok-pokok berita isi berita dan menjadi bentuk kalimat berita.

4. Menulis berdasarkan pokok pikiran yang telah ditemukan dalam wacana berita ke dalam bentuk sebuah paragraf.

Dengan menggunakan empat cara diatas, kalain diharapkan dapat menyimpulkan isi berita dengan mudah dan benar, lo.

Baiklah adik-adik semua, itulah tadi ulasan materi kelas 6 dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentang cara menyimpulkan isi berita. Semoga setelah membaca rangkuman ini kalian dapat lebih memahami materi dan dapat menjawab soal-soal tentang ini.

Terimakasih untuk kalian sudah menyempatkan waktu membaca artikel kami dan para ayah bunda jangan pernah lelah untuk memberikan dukungan kepada putra – putri kita supaya mendapatkan kesuksesan dimasa depannya.

Related Posts
Sejarah Penemuan Dan Komponen Penyusun Sel, Biologi Kelas 11
sejarah penemuan dan komponen penyusun sel

Prakerja.Co.Id : Pada episode kali ini kita akan membahas tentang sejarah penemuan dan komponen penyusun sel khusus bagi kalian yg Read more

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman
Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman - Assalamualaikum, beberapa adik bagaimana berita kalian ini hari? mudah-mudahan pada kondisi Read more