Nilai Pecahan Uang Tematik Kelas 2 Tema 3

Nilai Pecahan Uang Tematik Kelas 2 Tema 3 – Hai adik-adik kembali lagi kita akan membahas materi pelajaran tematik kelas 2 kali ini kita akan mempelajari tentang nilai mata uang Pasti kalian sudah tahu kan Bagaimana bentuk uang ada yang kertas ada juga yang yang logam uang digunakan untuk membeli kebutuhan hari-hari kita, dan juga membeli alat tulis, untuk jajan.

tapi apa kalian sudah tahu berapa saja pecahan mata uang dan berapa nilainya kalau kalian masih bingung langsung saja baca artikel dibawah ini sampai habis bisa ditemani dengan ayah dan bunda supaya lebih mengerti.

Nilai Pecahan Uang Tematik Kelas 2 Tema 3

Pengertian Tentang Uang

Uang merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pembayaran ketika kita membeli sesuatu tentu kita harus membayar dengan uang sesuai dengan harga yang sudah ditentukan ada banyak mata uang di dunia dan untuk di Indonesia sendiri mata uangnya bernama rupiah.

Dalam penulisan mata uang Rupiah memiliki simbol Rp seperti halnya pada dolar yang memiliki simbol $ dan mata uang ringgit yang dituliskan dengan RM gunanya supaya kita bisa membedakan angka itu nilai uang atau bukan.

Contohnya tulisan seribu Kalau cuman 1000 tanpa ada Rp dan ,00 dibelakangnya itu sudah pasti bukan nilai uang tapi kalau sudah ada simbol rupiah di depannya sudah pasti itu Nominal uang.

Mengenal Nilai Pecahan Uang

Ada dua jenis uang yang kita gunakan itu uang kertas dan uang logam uang logam terdiri dari beberapa pecahan mulai dari Rp100 hingga Rp1.000 lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

pecahan uang logam

Selanjutnya ada uang kertas yang terdiri dari beberapa pecahan mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp75.000 dan Rp100.000 itu yang paling besar nominalnya. Untuk lebih jelas kalian bisa melihat pada gambar dibawah ini :

pecahan uang kertas

Membandingkan dan Mengurutkan Nominal Uang

Membandingkan Nominal Uang

Di materi sebelumnya kalian sudah mempelajari bagaimana membandingkan dan mengurutkan bilangan. Mulai dari yang terbesar ( > ) , terkecil ( < )dan sama dengan ( = ) . Mengurutkan nilai dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya.

di materi ini juga kalian akan mempelajari membadingan dan mengurutkan nominal uang, tentunya akan lebih mudah ya adik – adik karena sebelumnya kalian sudah bisa membadingkan juga mana uang yang lebih besar dan lebih kecil dalam kehidupan sehari – hari.

Untuk lebih mengerti langsung saja kita ke contoh soal :

Bandingkan nominal uang berikut mulai dari terbesar ( > ) , terkecil ( < )dan sama dengan ( = ).

soal 1 :

Rp5.000 …. Rp10.000

Rp2.000 … Rp1.000

Rp50.000 … Rp100.000

Jawaban :

Karena Lima ribu rupiah lebih kecil dari pada Sepuluh ribu rupiah maka hasilnya Rp5.000 < Rp10.000
Selanjutnya yang kedua Dua ribu rupiah lebih besar daripada Seribu Rupiah maka Rp2.000 > Rp1.000
Begitu juga dengan yang ketiga dimana Lima puluh ribu rupiah lebih kecil dari Seratus ribu rupiah sehingga Rp50.000 < Rp100.000

Mengurutkan Nominal Uang

Dilakukan untuk mengurutkan nominal uang terkecil sampai ke yang terbesar atau sebaliknya. Tergantung dari permintaan soal yang kalian kerjaan. Caranya sama dengan mengurutkan bilangan contohnya digambar ini :

mengurutkan uang terkecil

Menghitung Nominal Uang

Setelah adik – adik semua mengenal nilai mata uang dan membandingkan nominalnya tentu kalian juga harus tahu bagaimana cara menghitungnya. Supaya ketika kalian melakukan transaksi tidak salah dalam membayarnya.

Contohnya :

Rp500 + Rp500 = Rp1.000

Rp4.000 + Rp1.000 = Rp5.000

Rp2.000 + Rp1.000 = Rp3.000

Contoh lain bisa dilihat di gambar berikut :

menghitung nilai pecahan uang

Nah adik-adik itulah tadi ulasan mengenai nilai pecahan uang tematik kelas 2 tema 3 ini. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa kalian terima dengan baik dan menambah ilmu pengetahuan kalian. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami.

Related Posts
Berikut Contoh Kerangka Pidato Tentang Ulang Tahun Sekolah Terbaik
Contoh kerangka pidato tentang ulang tahun sekolah

Contoh Kerangka Pidato Tentang Ulang Tahun Sekolah - Untuk Anda yang ingin tаhu Cоntоh Pіdаtо уаng kаmі sampikan ѕереrtі Contoh Read more

Contoh Syair: Keindahan Puisi Tradisional dalam Budaya Indonesia
Contoh Syair

Dalam artikel ini, situs resmi Prakerja.co.id akan mengeksplorasi contoh syair sebagai bentuk seni yang mempesona dalam bahasa Indonesia. Syair merupakan Read more