Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

Pada tema kali ini situs resmi prakerja.co.id akan membahas pengertian landasan pendidikan menurut para ahli sebagai landasan kokoh dalam membangun sistem pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan merupakan unsur kunci dalam pembentukan karakter dan perkembangan masyarakat. Untuk menjalankan fungsi tersebut, landasan pendidikan menjadi fondasi yang sangat penting.

Landasan pendidikan merangkum prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan teori-teori yang menjadi dasar bagi sistem pendidikan suatu bangsa.

Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli: Fondasi Penting dalam Membangun Sistem Pendidikan Berkualitas

1. Pengertian Landasan Pendidikan

Landasan pendidikan dapat diartikan sebagai dasar atau fondasi yang menjadi pijakan utama dalam pengembangan dan penyelenggaraan sistem pendidikan. Landasan ini mencakup berbagai aspek, seperti filosofi pendidikan, tujuan pendidikan, metode pembelajaran, kurikulum, serta peran guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar.

Menurut para ahli, landasan pendidikan merupakan suatu konsep integral yang membentuk identitas dan arah sistem pendidikan suatu negara. Hal ini mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat dan pemerintah, serta membentuk karakter generasi penerus.

2. Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

a. John Dewey

John Dewey, seorang filosof pendidikan ternama, menyatakan bahwa landasan pendidikan haruslah berfokus pada pengalaman nyata dan praktis. Pendidikan seharusnya memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar melalui tindakan dan interaksi langsung dengan lingkungan sekitarnya.

b. Lev Vygotsky

Menurut Vygotsky, landasan pendidikan melibatkan aspek sosial dan kultural. Proses belajar tidak hanya terjadi di dalam diri individu, tetapi juga melalui interaksi dengan orang lain. Konsep ini dikenal dengan istilah “scaffolding,” di mana individu berkembang melalui bantuan dan dukungan sosial.

c. Jean Piaget

Piaget menyumbangkan pemikiran mengenai landasan pendidikan dari perspektif perkembangan kognitif. Ia menekankan pentingnya menyelaraskan metode pengajaran dengan tahap perkembangan kognitif siswa agar pembelajaran efektif.

3. Pentingnya Landasan Pendidikan dalam Membangun Sistem Pendidikan Berkualitas

a. Menentukan Arah Pendidikan

Landasan pendidikan membantu menetapkan tujuan dan arah pendidikan. Dengan memiliki fondasi yang kuat, suatu sistem pendidikan dapat lebih mudah menentukan visi dan misi dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa.

b. Mengakar pada Nilai-Nilai Budaya

Landasan pendidikan mencerminkan nilai-nilai budaya suatu masyarakat. Dengan memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai tersebut, pendidikan dapat menjadi alat yang efektif untuk mentransmisikan warisan budaya dari generasi ke generasi.

c. Mengoptimalkan Proses Belajar-Mengajar

Dengan memahami landasan pendidikan, pendidik dapat mengoptimalkan proses belajar-mengajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan. Ini mencakup pemilihan metode pengajaran, kurikulum yang relevan, dan penilaian yang adil.

Penutup

Pengertian landasan pendidikan menurut para ahli mencakup beragam pandangan yang melibatkan aspek filosofis, sosial, dan kognitif.

Dengan memahami dan mengaplikasikan landasan ini, suatu sistem pendidikan dapat membangun fondasi yang kokoh untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Oleh karena itu, landasan pendidikan menjadi kunci utama dalam membentuk dan mengarahkan dunia pendidikan menuju kemajuan yang berkelanjutan.

Related Posts
Memahami dan Mengoptimalkan Struktur Makalah: Panduan Lengkap
Struktur Makalah

Struktur Makalah: Dalam dunia akademis, penulisan makalah merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari. Salah satu faktor kunci keberhasilan sebuah makalah Read more

Cara Mudah dan Cepat Belajar Resensi Buku untuk Semua Usia
cara resensi buku

Pada artikel ini situs resm Prakerja.Co.Id akan membahas cara mudah dan cepat belajar resensi buku yang bisa diterapkan oleh siapa Read more