Perubahan Wujud Benda Tema 3 Kelas 3 SD

Perubahan Wujud Benda Tema 3 Kelas 3 SD – Hai ayah bunda dan adik-adik semuamkembali lagi kita akan mengulas informasi mengenai materi pelajaran kelas 3 SD di tema 3 tentang perubahan wujud benda. Pernahkan kalian memperhatikan

es batu yang didiamkan berubah wujud menjadi cair, atau melihat uap ketika ibu kalian sedang memasak air.? Nah fenomena ini disebut perubahan wujud pada benda. Perubahan wujud ini disebabkan oleh

perubahan suhu. Untuk adik-adik dan ayah bunda yang masih bingung tentang materi ini langsung saja kalian simak baik-baik ulasan mengenai pengertian perubahan wujud benda dan beberapa bentunya di bawah ini.

perubahan wujud benda tema 3 kelas 3 sd

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda ialah suatu proses perubahan wujud dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Perubahan ini terjadi karena peristiwa pesepasan dan penyerapan kalor atau energi panas yang biasanya terjadi karena tindakan pemanasan, pendinginan dan pengembunan.

Perubahan wujud benda terbagi dua: perubahan wujud yang dapat kembali dan perubahan wujud yang tidak dapat kembali. Apa yang terjadi jika es batu kita diamkan beberapa saat? Ya, es batu akan mencair.

Dapatkah es batu yang mencair beku kembali? Bagaimana caranya? Perubahan wujud dari air menjadi es dan kembali lagi menjadi air disebut perubahan yang dapat kembali. Perubahan yang dapat kembali dinamakan juga perubahan fisika.

Lalu apa yang terjadi jika kertas kita bakar? Kertas itu akan berubah menjadi abu. Dapatkah kertas yang telah menjadi abu kembali seperti semula? Perubahan kertas menjadi abu tidak dapat kembali ke awal seperti halnya perubahan es menjadi air. Nah, perubahan yang tidak dapat kembali seperti semula dinamakan perubahan kimia.

6 Jenis Perubahan Wujud Benda

Seperti pada pengertian tadi dimana perubahan wujud terjadi karena penyerapan dan pelepasan kalor maka bentuk perubahan wujud dari pelepasan kalor ialah Membeku, Mengembun dan Mengkristal dan karena penyerapan kalor menjadi Mancair, Menyublim, dan menguap.

1. Mencair atau Melebur

Mencair atau melebur adalah perubahan wujud benda dari benda padat menjadi benda cair. mencair terjadi akibat benda menyerap atau menerima energi panas sehingga benda padat berubah menjadi cair.

mencair

Contoh dari mencair yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari itu seperti :

1. es batu yang dipanaskan atau diletakkan di tempat yang terbuka menjadi cair.
2. es krim akan meleleh ketika dipanaskan.
3. mentega akan meleleh ketika dipanaskan.
4. coklat batangan yang meleleh jika dipanaskan.
5. lilin yang meleleh jika terkena panas

2. Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Peristiwa ini disebabkan oleh proses pelepasan kalor atau pendinginan.

membeku

Contoh dari membeku yang mudah ditemukan pada kehidupan sehari – hari :

1. proses air yang didiamkan di mesin pendingin hingga menjadi keras.
2. Lilin yang meleleh karena pemanasan ketika suhunya kembali dingin akan kembali mengeras.
3. Saat membuat agar-agar yang saat panas berbentuk cair ketika suhunya dingin akan mengeras.

3. Menguap

Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari bentuk cair menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan karena adanya pemanasan. ketika air mendidih akan berubah menjadi uap-uap air.

Contohnya dalam kehidupan sehari-hari :

1. Air yang direbus lama kelamaan akan habis karena proses penguapan.
2. Bensin ketika berada di tempat yang terbuka akan habis.
3. Pakaian basan akan menjadi kering ketika dijemur.
4. Air laut berubah menjadi garam ketika proses penjemuran.

4. Mengembun

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi bentuk cair karena adanya pelepasan kalor.

Contoh mengembun dalam kehidupan sehari-hari :

1. Kabut yang terjadi ketika cuaca dingin, hal ini karena udaranya mengandung banyak uap air.
2. Gelas yang berisi es batu nantinya akan ada air di sisi gelasnya ketika es mencair.
3. Tetesan air di daun karena pengembunan udara.

5. Menyublim

menyublim merupakan salah satu bentuk perubahan wujud suatu benda padat menjadi gas tanpa melalui proses cair. Dalam proses menyublim ini membutuhkan energi kalor atau panas.

contoh menyublim dalam kehidupan sekitar :

benda yang mengalami proses menyublim adalah kapur barus, pewangi ruangan berbentuk padat, iodium, es kering yang mengandung karbon dioksida padat, dan lain-lain.

6. Mengkristal Atau Deposisi

Mengkristal merupakan perubahan wujud benda kebalikan dari menyublim. Peristiwa mengkristal terjadi pada wujud gas yang berubah menjadi padat.

Contoh perubahan wujud mengkristal yaitu terbentuknya butiran es salju dari uap air di awan.

Nah itulah ulasan mengenai perubahan wujud benda tema 3 kelas 3 sd yang berhasil kami sajikan semoga informasi ini dapat membantu adik-adik dalam mengeti materi tentang pembelajaran ini.

Jangan malas untuk membaca karena membaca jendela dunia, terimakash banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami untuk materi pelajara lainnya bisa dicari di kolom pencarian.

Related Posts
Software Adalah
Software Adalah

Software Adalah : Dalam era digital seperti sekarang ini, peran software telah menjadi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Read more

Contoh Hukum Internasional: Pengertian, Jenis, dan Peranan Pentingnya
contoh hukum internasional

Dalam artikel ini, Prakerja.Co.Id akan mengeksplorasi contoh-contoh hukum internasional, jenis-jenisnya, serta peranan pentingnya dalam tatanan global. Hukum internasional adalah sebuah Read more