Pengertian Puasa Ramadhan Hukum dan Manfaatnya

Puasa Ramadhan – Assalamualaikum, apa kabar teman-teman semua? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yah. Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang Puasa yang dijalankan pada bulan suci ramadhan.

Alhamdulillah, sekarang ini kita tengah masuk bulan suci penuh keberkahan bulan Ramadhan yang cuma tiba satu kali dalam satu tahun, salah satunya alasan kenapa bulan ini disebutkan dengan bulan suci penuh karunia karena faedah yang didapat tidak cuma berlaku untuk kaum muslim saja tetapi umat yang lain juga.

Untuk kamu yang belum tahu apakah itu puasa ramadhan, bagaimana hukumnya, sampai makna dibalik penerapan puasa, sebaiknya bila kamu mulai membaca artikel yang sudah kami kumpulkan dan kami suguhkan untuk kamu semua.

Pengertian Puasa Ramadhan

Pengertian Puasa Ramadhan

Secara bahasa puasa ialah mengendalikan diri, dan secara istilah maknanya melaksanakan ibadah ke Allah SWT dengan mengendalikan diri dari makan, minum, tindakan buruk, dan pembatal puasa yang lain, mulai dari keluar fajar sampai terbenamnya matahari.

Puasa dalam agama Islam sebagai salah satunya beribadah wajib yang sudah di contohkan oleh Rosuluallah SAW sebagai wujud ketaatan kaum muslim dalam jalankan perintah Allah, puasa yang sudah dilakukan di bulan suci Ramadhan umumnya sejumlah 29 sampai 30 hari.

Puasa pada bulan Ramadhan bisa menghapus kekeliruan atau dosa yang sudah dibuat oleh kaum muslim asal dilaksanakan dengan iman dan betul-betul menginginkan pahala dan ridha dari Allah SWT.

Hukum Puasa Ramadhan

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ketiga setelah shalat dimana hukumnya adalah wajib, perintah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan tercantum dalam surah al- Baqarah ayat 183, yang artinya :

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalian bertaqwa”

(QS. Al- Baqarah 183)

Puasa merupakan salah satu amalan yang dapat menolong kita (umat muslim) di hari kiamat, hal ini diriwayatkan oleh HR.Ahmad bahwasanya Rosuluallah SAW bersabda,

“Amalan puasa dan membaca al Quran akan memberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata : Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya. Dan Al-Quran berkata : Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafaat”

Rukun dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Bagi umat Muslim yang sedang melaksanakan puasa ramadhan terdapat rukun dan syarat wajib puasa, sebagai berikut :

Untuk umat Muslim yang melakukan puasa ramadhan ada rukun dan persyaratan harus puasa, seperti berikut :

Rukun Puasa

1. Niat

2. Mengendalikan Diri dari Hal yang membatalkan Puasa

Persyaratan Wajib Puasa

1. Memeluk agama islam

2. Baligh

3. Memiliki akal

4. Sehat

5. Mampu

6. Tidak diperjalanan

7. Suci dari Haid dan Nifas

Beberapa hal yang membatalkan Puasa

Saat kamu sedang menjalankan beribadah puasa bisa saja proses itu tidak segampang dan selancar yang dipikirkan, sebagai salah satunya wujud beribadah harus yang mempunyai persyaratan syah karena itu ada beberapa hal yang bisa membatalkannya.

1. Muntah dengan Sengaja

2. Menyengaja berhubungan Seksual

3. Tidak mengontrol Hawa Nafsu

4. Keluarnya Air Mani (Sperma)

5. Merokok

6. Menstruasi atau Haid

7. Periode Nifas

8. Menyengaja memasukkan suatu hal ke organ dalam (mulut, telinga, dan hidung)

9. Hilang Akal

10. Mabok

11. Tidak sadarkan diri

12. Murtad (Keluar Islam)

13. Minum dan makan dengan sengaja

14. Menelan Dahak

15. Berenang

hukum puasa

Faedah Puasa Ramadhan

Segala hal yang diperintah oleh Allah SWT dan diilustrasikan oleh Rosuluallah SAW sudah tentu mempunyai faedah yang tidak main-main. Diambil dari cnnindonesia.com, puasa mempunyai beberapa imbas baik untuk kesehtatan badan secara menyeluruh.

Bahkan juga hal ini lebih banyak ditunjukkan oleh beberapa hasil riset dan dipercayai sebagai sistem diet yang efisien dalam turunkan berat tubuh, ada banyak faedah yang hendak didapat dalam puasa, diantaranya.

1. Tingkatkan Kesehatan Jantung

2. Tingkatkan Metabolisme

3. Tingkatkan Peranan Otak

4. Bantu Detoksifikasi Badan

5. Mengatur Gula Darah

6. Menurunkan Infeksi

7. Turunkan Berat Tubuh

8. Tingkatkan Hormon Pertumbuhan

9. Menahan Kanker

10. dsbnya.

Makna Puasa Ramadhan

Selainnya faedah yang hebat untuk badan, banyak makna yang hendak didapatkan untuk orang yang menjalankannya, peristiwa itu jadi saat yang terbaik untuk kaum muslim untuk Tazkiyatun Nafs yang memiliki arti bersihkan jiwa, melakukan perbaikan dan menumbuhkan supaya jadi makin baik dan meningkatkan kekuatan baik pada jiwa manusia.

1. Melatih Kesabaran

2. Membentuk Akhlakul Karimah

3. Memengaruhi keadaan fisik jadi sehat

4. Memunculkan rasa Syukur

5. Tingkatkan Ketaqwaan pada diri

6. Bersihkan diri dari dosa

7. Melatih diri hidup hemat

8. Mendekatkan diri kepada Allah

9. Waspada saat lakukan Maksiat

10. Dsbnya.

Tersebut banyak hal berkenaan puasa Ramadhan, dimulai dari pemahaman sampai makna dibalik penerapan beribadah puasa, ramadhan ialah bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh semua kaum muslim di semua dunia.

Beribu faedah yang hendak didapat akan sayang bila sampai terlewati walaupun cuman satu hari saja, janganlah sampai kamu tidak lakukan kebaikan di Bulan Ramadhan karena bulan Kemenangan ini cuma tiba satu kali pada sebuah tahun.

Related Posts
Ulasan Materi Tentang Beriman Kepada Qada dan Qadar
Beriman Kepada Qada dan Qadar

Beriman Kepada Qada dan Qadar - Jika kamu seorang muslim, kamu pasti sering mendengar istilah "qada dan qadar". Istilah ini Read more

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya
Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya - Assalamualaikum adik-adik semua, Apakabar kalian hari ini semoga dalam keadaan sehat dan semangat Read more