Rumus Keliling dan Luas Segi Empat Beserta Contoh Soal

Rumus Keliling dan Luas Segi Empat Beserta Contoh Soal – Hai adik-adik masih semangat kalian untuk belajar? Pada edisi kali ini kita akan mengulas materi pelajaran matematika kelas 6 SD tentang bagaimana caranya menghitung luas dan keliling dari bangun segi empat dan mengetahui apasaja sih segi empat itu.

Segi empat sendiri merupakan salah satu bangun datar yang memiliki empat sisi. Segi empat dapat kita temui di kehidupan sehari-hari seperti bentuk smartphone, lapangan, layang-layang dan berbagai benda lainnya. bentuk segi empat ada beberapa ya guys.

Mulai dari segi empat sama sisi, jajar genjang, layang-layang dan persegi panjang. meskipun segi empat tapi bentuknya berbeda tentunya memiliki cara atau rumus perhitungan yang berbeda mulai dari keliling dan luas nya, untuk penjelasannya langsung baca artikelnya.

Rumus Keliling dan Luas Segi Empat Beserta Contoh Soal

Ulasan Rumus Keliling dan Luas Segi Empat Beserta Contoh Soal

Segi Empat Sama Sisi atau Persegi

rumus persegi

Yang pertama ada Persegi dimana segi empat yang satu ini memiliki panjang sisi yang sama sehingga perhitungan luas dan kelilingnya menggunakan rumah sebagai berikut :

Rumus Keliling dari Persegi : 4 x s / s+s+s+s
Rumus Luas dari Persegi : s x s

Contoh soalnya :

Sebuah persegi memiliki panjang sisi 3cm, maka tentukan keliling dan luasnya

K = 4 x s , 4 x 3 = 12cm atau s + s + s + s , 3 + 3 + 3 + 3 = 12cm
L = s x s , 3 x 3 = 9cm²

Persegi Panjang

rumus persegi panjang

Selanjutnya ada persegi panjang dimana bentuk segi empat ini memiliki panjang sisi yang berbeda yang perhitungannya menggunakan rumus dibawah ini :

Rumus Keliling dari Persegi Panjang : 2 x (p+l)
Rumus Luas dari Persegi Panjang : p x l

Contoh soalnya :

terdapat persegi panjang yang memiliki panjang 3 cm dan lebar 4 cm, maka keliling dari persegi panjang tersebut adalah K = 2 x (3+4) = 2 x 7 = 14 cm.
Sedangkan, luas persegi panjang tersebut adalah L = 3 x 4 = 12 cm².

Jajar Genjang

Rumus Keliling dari Jajar Genjang : 2 x (sisi + sisi)
Rumus Luas dari Jajar Genjang : alas x tinggi

Contoh soalnya :

dalam kasus ketika terdapat jajar genjang memiliki sisi 2 cm dan 4 cm serta memiliki tinggi 5 cm. Maka keliling dari jajar genjang tersebut yakni K= 2 x (2+4) = 2 x 6 = 12 cm. Sedangkan untuk luas jajar genjang perlu diperhatikan yakni alas yang dimana diambil dari sisi paling panjang, menjadi L= 4 x 5 = 20 cm².

Belah Ketupat

rumus belah ketupat

Rumus Keliling dari Belah Ketupat : s+s+s+s
Rumus Luas dari Belah Ketupat : ½ x d1 x d2

Jika terdapat belah ketupat yang memiliki sisi sepanjang 5 cm, diagonal 1 sepanjang 10 cm dan diagonal 2 sepanjang 5 cm. Maka keliling dari belah ketupat tersebut yakni K=5+5+5+5 = 20 cm. Sedangkan untuk luas belah ketupat tersebut adalah L = ½ x 10 x 5 = 20 cm².

Trapesium

Rumus Keliling dari Trapesium : s+s+s+s
Rumus Luas dari Trapesium : ½ x (sisi a + sisi b) x t

Jika pada Trapesium memiliki sisi a 4 cm, sisi b 6 cm, sisi lainnya masing-masing 4 cm, dan tinggi 5 cm. Maka keliling dari trapesium yakni K= 4+6+4+4 = 18 cm. Sedangkan untuk luas trapesium tersebut yakni L = ½ x ( 4+6) x 5 = ½ x 10 x 5 = 25 cm².

Nah itulah tadi ulasan mengenai rumus keliling dan luas segi empat beserta contoh soal yang merupakan pembahasan dari pelajaran Matematika kelas 6 SD. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat bagi kalian semua dan kami ucapkan terimakasih sudah

meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajarinya. Terus bersemangat dan untuk para orang tua jangan pernah lelah untuk membimbing dan mendampingi putra putri penebus bangsa semakin sukses amin.

Related Posts
Materi Bahasa Inggris About Adverb
Materi Bahasa Inggris About Adverb

Materi Bahasa Inggris About Adverb - Hallo students, how are you today? I hope you are fine as always. Di Read more

Hubungan Antar Satuan Panjang Dan Contoh Soal
Hubungan Antar Satuan Panjang Dan Contoh Soal

Hubungan Antar Satuan Panjang Dan Contoh Soal - Hai adik-adik mendalami pengetahuan Matematika memang mengasyikan ya, selesai di artikel sebelumnya Read more