Keutamaan dan Tata Cara Shalat Sunah Rawatib

Shalat Sunah Rawatib – Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Selain shalat wajib, ada juga shalat sunah yang disunnahkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Salah satu jenis shalat sunah yang sering dilakukan adalah shalat sunah rawatib.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang shalat sunah rawatib secara lengkap, mulai dari keutamaan, tata cara, hingga manfaatnya. Jadi untuk adik-adik semua pastikan kalian membaca ulasan materinya sampai habis ya.

Shalat Sunah Rawatib

Keutamaan Shalat Sunah Rawatib

Shalat sunah rawatib merupakan shalat sunah yang dilakukan secara rutin, baik sebelum maupun sesudah shalat wajib. Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan rutin melaksanakan shalat sunah rawatib, antara lain:

1. Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan dua rakaat shalat rawatib sebelum shalat zuhur, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” Hal ini menunjukkan betapa besar keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan melaksanakan shalat sunah rawatib.

2. Menjaga hubungan kita dengan Allah SWT

Dengan rutin melaksanakan shalat sunah rawatib, kita akan terus mengingat Allah dan merasa dekat dengan-Nya. Hal ini juga bisa memperkuat iman dan keimanan kita sebagai umat Muslim.

3. Menjadi kebiasaan yang baik

Melaksanakan shalat sunah rawatib secara rutin bisa membentuk kebiasaan baik dalam diri kita. Dengan begitu, kita bisa menjadikan shalat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kita.

Tata Cara Melaksanakan Shalat Sunah Rawatib

12 rakaat Shalat Sunah Rawatib

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan shalat sunah rawatib secara lengkap:

  1. Shalat sunah rawatib terdiri dari dua rakaat.
  2. Shalat ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah shalat wajib, kecuali shalat Maghrib dan Isya.
  3. Shalat rawatib sebelum shalat wajib terdiri dari empat rakaat, yang dibagi menjadi dua kali dua rakaat.
  4. Shalat rawatib sesudah shalat wajib terdiri dari dua rakaat.
  5. Shalat rawatib bisa dilakukan secara berjamaah atau sendirian.
  6. Niat shalat sunah rawatib haruslah jelas dan diucapkan sebelum memulai shalat.

Manfaat Melaksanakan Shalat Sunah Rawatib

Melaksanakan shalat sunah rawatib secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi diri kita, antara lain:

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
  • Membentuk kebiasaan baik dalam diri kita.
  • Meningkatkan kualitas ibadah kita.
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

Shalat sunah rawatib yang dilakukan dengan khusyuk dan penuh kesadaran dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran, sehingga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita.

Menghindarkan diri dari perbuatan dosa. Dengan rutin melaksanakan shalat sunah rawatib, kita akan lebih memperhatikan kebersihan hati dan menjaga diri dari perbuatan dosa.

Menjadi contoh yang baik bagi orang di sekitar kita. Dengan melakukan shalat sunah rawatib secara rutin, kita bisa menjadi contoh yang baik bagi orang di sekitar kita, terutama keluarga dan anak-anak kita.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, shalat sunah rawatib merupakan salah satu ibadah sunah yang sangat disunnahkan untuk dilakukan. Dengan melaksanakan shalat sunah rawatib secara rutin, kita tidak hanya mendapatkan keutamaan besar dari Allah SWT, tetapi juga membentuk kebiasaan baik dalam diri kita dan menjaga kesehatan fisik dan mental. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua sebagai umat Muslim.

Related Posts
Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7
Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7

Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7 - Hai adik-adik semoga kalian masih bersemangat untuk belajar ya, karena Read more

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Prakerja.Co.Id kali ini akan berbagi ilmu pengetahuan tentang Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia, bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting Read more