Menguasai Simple Present Tense Tanpa Rasa Takut

Simple Present Tense atau kalimat bentuk sekarang adalah salah satu bentuk kalimat yang harus dikuasai oleh semua orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Meskipun terlihat mudah, banyak pemula merasa kesulitan dan takut ketika harus menggunakan bentuk tenses ini dalam percakapan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips-tips ampuh untuk menguasai pola kalimat dan juga pemakaiannya sehari-hari tanpa rasa takut.

Simple Present Tense

Apa itu Simple Present Tense?

Sebelum kita membahas tips, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Simple Present Tense. bentuk tenses yang satu ini adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk menyatakan kebiasaan, fakta, atau keadaan yang berlaku saat ini.

Bentuk dasar dari tenses ini adalah kata kerja (verb) dalam bentuk infinitif tanpa tambahan ‘s’ pada akhir kata kerja jika subyek yang digunakan adalah I, You, We, They. Sedangkan jika subyeknya adalah He, She, It maka tambahan ‘s’ harus ditambahkan pada akhir kata kerja.

simple present tense contoh

Contoh kalimat dengan subyek I, You, We, They:

I read books every day.
You play basketball on weekends.
We go to the gym every morning.
They study English at night.

Contoh kalimat dengan subyek He, She, It:

He reads a newspaper every morning.
She sings in the choir every Sunday.
It rains a lot in the rainy season.

Tips Menggunakan Simple Present Tense dengan Mudah

Berikut adalah tips-tips ampuh untuk menguasai bentuk tensesnya dan juga pola kalimat dalam penggunaannya dengan mudah:

1. Pahami aturan dan pola kalimat Simple Present Tense

Pahami terlebih dahulu aturan dan pola kalimat pada tenses yang akan digunakan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk memperhatikan tambahan ‘s’ pada kata kerja jika subyek yang digunakan adalah He, She, It.

2. Perbanyak kosakata yang digunakan dalam Tenses

Perbanyak kosakata yang digunakan dalam bentuk Tenses ini agar lebih mudah menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Mulailah dari kosakata sederhana seperti kata kerja, kata benda, dan kata sifat.

3. Latihan pengucapan

Latihan pengucapan atau speaking sangat penting untuk menguasai Simple Present Tense. Cobalah berbicara dengan orang yang mahir dalam bahasa Inggris atau rekam diri sendiri berbicara dalam bahasa Inggris untuk memperbaiki pengucapan dan intonasi.

4. Menonton film atau acara TV dalam bahasa Inggris

Menonton film atau acara TV dalam bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan dan memahami bahasa Inggris. Selain itu, menonton film atau acara TV juga bisa membantu memperkaya kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

5. Membaca buku dalam bahasa Inggris

Membaca buku dalam bahasa Inggris bisa membantu memperkaya kosakata dan meningkatkan pemahaman tentang Simple Present Tense. Mulailah dengan buku-buku yang cocok untuk level pemula dan tingkatkan kesulitan secara bertahap.

6. Membuat kalimat sendiri

Berlatih membuat kalimat sendiri dengan menggunakan Simple Present Tense bisa membantu memperkuat pemahaman dan penggunaan Simple Present Tense dalam percakapan sehari-hari.

7. Mencari partner belajar bahasa Inggris

Mencari partner belajar bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan speaking dan listening. Cobalah untuk berbicara dalam bahasa Inggris selama beberapa menit setiap hari.

8. Menulis jurnal dalam bahasa Inggris

Menulis jurnal dalam bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan mengeja, memperkaya kosakata, dan memperkuat pemahaman tentang Simple Present Tense.

9. Berlatih secara konsisten

Berlatih secara konsisten setiap hari adalah kunci untuk menguasai Simple Present Tense tanpa rasa takut. Jangan ragu untuk berlatih bahasa Inggris dengan teman, keluarga, atau partner belajar.

Kesimpulan

Menguasai Simple Present Tense memang bisa menjadi tantangan bagi pemula, namun dengan tips-tips ampuh yang telah dijelaskan di atas, diharapkan bisa membantu untuk menguasai Simple Present Tense dengan mudah dan tanpa rasa takut.

Related Posts
Contoh – Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah
Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah

Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah - Kebersihan lingkungan merupakan hаl yang sangat dіреrlukаn untuk menjaga lіngkungаn аgаr tіdаk tеrсеmаr Read more

Momentum Dan Impuls, Fisika Kelas 10
momentum dan impuls

Prakerja.Co.Id : Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu momentum dan impuls ?, nah bagi kalian yg Read more