Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya – Assalamualaikum teman-teman dan adik-adik semua, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu ya. Di edisi kali ini kita akan mengulas tentang salah satu sholat sunnah yang dikerjakan di waktu pagi, Sholat apakah itu?

Kaum muslim pastinya kerap mendengar mengenai kelebihan dan keistimewaan melaksanakan ibadah pada waktu dhuha. Sholat dhuha ialah sholat sunnah yang umum dilaksanakan di antara 2 – 12 rakaat. Sholat ini dikerjakan di saat tertentu dan ada tata langkah yang perlu dilaksanakan supaya sholat terwujud dengan betul dan baik.

Dalam artikel ini akan diulas selengkapnya berkenaan sholat dhuha, lengkap dengan tata cara, bacaan tujuannya, saat yang disarankan untuk melakukan sholat dan faedah yang didapat sesudah teratur menjalankan sholat sunnah ini.

Tata Cara Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Ulasan Singkat Tentang Sholat Dhuha

Rasulullah SAW menyarankan beberapa sholat sunnah pada kaum muslim, satu diantaranya ialah sholat pada waktu dhuha. Waktu dhuha ialah waktu sehabis terbitnya matahari, di mana status matahari masih ada di samping timur.

Dalam penerapan sholat sunnah dhuha, kaum muslim pastinya penting mengerti bagaimana tata cara, dan bacaan niat dari sholat sunnah ini supaya bisa menjalankannya dengan sempurna. Dalam artikel ini, akan diulas selengkapnya berkenaan kedua hal itu.

Sholat sunnah dhuha sebagai sholat yang mempunyai banyak faedah untuk kaum muslim yang menegakkannya. Tidak cuma memperoleh faedah dan keberkahan di dunia, tetapi di akhirat.

Siapa saja yang mengetahui faedah sholat sunnah dhuha maka berasa jadi rugi bila tidak menjalankan dan mengamalkannya di kehidupan setiap hari. Dalam artikel ini akan diulas berkenaan beragam faedah sholat dhuha untuk umat muslim.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sebetulnya, tata cara sholat sunnah dhuha sama dengan penerapan sholat sunnah yang lainnya. Sholat sunnah dhuha dapat dilaksanakan sekitar 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat dan 12 rakaat. Salah satunya keistimewaan sholat sunnah ini ialah

barangsiapa yang melaksanakan sholat sunnah ini sampai 12 rakaat karena itu Allah SWT akan membangunkan istana untuknya di surga kelak. Namun, berapa saja jumlah rakaatnya prioritaskan untuk dapat khusyuk dan penuh pengharapan pada ridho Allah SWT.

Berikut ialah tata langkah sholat sunnah dhuha yang harus dipahami dan dimengerti oleh kaum muslim semua:

  • Niat
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca do’a iftitah
  • Membaca Al-Fatihah
  • Membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri kembali dan mengulang pergerakan sholat seperti rakaat pertama
  • Tasyahud akhir dituruti dengan salam

Surah yang dibaca pada rakaat pertama dan kedua bisa surat apa saja. Namun, dianjurkan untuk membaca Ad-Dhuha di rakaat pertama, selanjutnya di rakaat kedua dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syams.

Surat Ad-Dhuha sendiri bermakna yang paling dalam. Surat ini di turunkan di Mekkah sebagai penegasan jika Allah SWT tak pernah tinggalkan Nabi Muhammad SAW seorang diri. Surat ini turun saat Rasulullah SAW tidak terima wahyu dari Allah SWT sepanjang beberapa waktu.

Adapun kelebihan dari membaca surat Ad-Dhuha di saat dhuha ialah supaya manusia selalu mengucapkan syukur terhadap Allah SWT, dan mengajari manusia untuk memiliki empati pada sama-sama makhluk Allah SWT.

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Niat sholat ialah rukun sholat pertama kali yang harus dikerjakan supaya sholat menjadi sah. Niat sholat bisa diucapkan dalam hati atau secara lantang. Niat sholat dhuha diucap saat sebelum takbiratul ihram. Sebagai sholat sunnah, pasti niat sholat ini sedikit berlainan dengan niat sholat wajib.

Berikut sebagai niat sholat sunnah dhuha yang perlu diucapkan saat sebelum menjalankan beribadah sholat dhuha:

Sholat dhuha 2 rakaat
اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa
Maknanya: “Saya niat shalat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala,”

Sholat dhuha 4 rakaat
أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa arba’aa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa
Maknanya: “Saya niat shalat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat sekarang ini karena Allah ta’ala.”

Waktu Dilaksanakannya Sholat Dhuha

Untuk menjalankan beribadah sholat dhuha, sudah pasti kaum muslim harus melakukan sholat itu di saat terbaiknya. Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, waktu dhuha ialah saat matahari telah keluar dengan tinggi tombak. Waktu dhuha kurang lebih diawali semenjak jam 7 pagi.

Sholat ini bisa juga dikerjakan pada saat matahari sudah berkilau penuh menghias lebih kurang seperempat langit. Dalam status ini, matahari masih ada di samping timur. Dengan begitu, waktu terbaik untuk melakukan sholat sunnah dhuha ialah start pukul 8 sampai 9 pagi.

Syaikh Ibnu Utsaimin’ mengatakan dalam sebuah kitab Syarh Al Arbain An Nabawiyah, jika batasan akhirnya eksekutorkan sholat sunnah dhuha ialah sekitaran 5 sampai 10 menit saat sebelum adzan dzuhur berkemandang.

Adapun batasan waktu itu disebutkan sama waktu zawal yaitu saat matahari mulai terpeleset ke barat, dapat disebutkan saat sebelum tengah hari yaitu sekitaran jam 11.30 WIB. Hal itu seirama sama yang tercatat dalam sebuah buku dengan judul Sholat Dhuha Dahulu, Yok! yang dicatat oleh Imron Mustofa.

Dalam bukunya, Imron Mustofa mengatakan jika ada kisah yang bercerita hal akhirnya penerapan sholat sunnah dhuha ini. Sebuah cerita mengatakan Zaid bin Arqam, di mana beliau menyaksikan beberapa orang menjalankan sholat sunnah dhuha saat sebelum terlampau siang.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

keutamaan sholat dhuha

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika umat muslim menunaikan ibadah sholat sunnah ini. Tak ayal, Nabi Muhammad SAW menganjurkan sholat ini bagi seluruh umatnya. Setidaknya ada 10 manfaat dari sholat dhuha yang bisa diperoleh seseorang ketika rajin menunaikannya:

  1. Dicukupkan Rezeki oleh Allah SWT
  2. Pengganti Sedekah
  3. Diampuni Dosa-dosanya
  4. Allah SWT Siapkan Istana di Surga
  5. Mendapatkan Pahala yang Setara Haji dan Umroh
  6. Waktu Baik untuk Berdo’a
  7. Dijauhkan Allah SWT dari Sifat Lalai
  8. Dimasukkan ke Dalam Golongan Orang Bertaubat
  9. Dilimpahkan Kesehatan
  10. Mengamalkan Ajaran Rasulullah SAW

Baiklah teman-teman dan adik-adik semua itulah tadi ulasan lengkap mengenai tata cara sholat dhuha dan keutamaannya semoga apa yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua sampai jumpa pada postingan artikel pendidikan lainnya.

Related Posts
Mengenal Kisah Nabi Daud AS
Kisah Nabi Daud AS

Kisah Nabi Daud AS merupakan salah satu cerita penting dalam agama Islam. Nabi Daud AS adalah salah satu nabi terkenal Read more

Keutamaan Zikir dan Doa Setelah Salat
Keutamaan Zikir dan Doa Setelah Salat

Keutamaan Zikir dan Doa Setelah Salat - Hai teman-teman online semua di artikel kali ini kita akan mengulas tentang zikir Read more