Tata cara Tayamum dan Doanya

Tata cara Tayamum – Assalamualaikum teman-teman semua, pada edisi kali ini kita akan mengulas materi tentang Tayamum yang merupakan salah satu cara membersihkan diri. Kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang berwudhu .

Tayamum ialah cara bersuci dari hadas besar dan hadas kecil memakai debu atau tanah sebagai alternatif air pada keadaan tertentu. Secara istilah, tayamum maknanya menyeka muka dan kedua tangan dengan tanah atau debu sebagai alternatif wudu dengan tata langkah tertentu.

Tayamum sebagai satu kekhususan pada umat Islam dalam jalankan ibadahnya. Umat Islam dibolehkan tayamum untuk menukar wudu saat tidak sedang ada air sekalipun, sedang sakit, dan di saat melancong dan tidak ada air pada tempat itu.

Keringanan yang Allah Swt. beri terhadap umat Islam tentu saja tidak boleh dilalaikan dan disia-siakan. Meskipun kamu alami kesusahan seperti apakah juga beribadah harus digerakkan. Allah Swt. sudah memberi banyak keringanan untuk dapat melaksanakan ibadah, seperti tayamum ini.

tata cara tayamum

Tata Cara Tayamum

Dalam realisasinya, tayamum mempunyai cara-cara supaya kalian bisa lakukan tayamum dengan sempurna. Berikut tata langkah tayamum.

1. Persiapkan atau cari tanah yang berdebu atau debu yang bersih

2. Menghadap ke kiblat, lalu ucapkan basmalah dan niat tayamum yang mengeluarkan bunyi, نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى dengan lafal, Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala. Maknanya, “Saya punya niat tayamum supaya dibolehkan sholat karena Allah.”

3. Kemudian, tempatkan kedua telapak tangan ke wilayah yang berdebu dengan status jari-jari tangan yang dirapatkan.

4. Selanjutnya, saat sebelum menyekakan ke muka, kamu harus tiup debu yang berada di tanganmu supaya tidak begitu banyak. Kemudian baru kamu gosokkan kedua telapak tangan ke semua muka dengan tersisa debu itu. Diupayakan untuk meratakan debu ke semua muka, dan cukup hanya sekali sentuh debu saja.

5. Seterusnya, kamu dapat melepas aksesori yang berada di tanganmu. Sesudah semua lepas. Tempatkan kembali kedua telapak tangan dengan jemari yang diperenggang untuk sentuh debu.

6. Lalu, lekatkan telapak tangan kiri di atas punggung tangan kanan. Selanjutnya kamu dapat menyekanya dari punggung tangan kanan sampai sikunya. Lalu janganlah lupa seka bagian lain pada tangan kanan dan kembali untuk menjadikan satu kedua telapak tangan yang didului dengan menyeka jempol kanan. Kemudian dapat kerjakan di bagian tangan kiri sama dalam tangan kanan.

7. Yang paling akhir, pertemukan kedua telapak tangan dan seka antara jemari tangan kalian.

niat tayamum

Doa Sesudah Tayamum

Sesudah usai lakukan tayamum, disarankan untuk membaca doa bersuci sesudah tayamum. Berikut doa sesudah tayamum.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asyhadu an laa Ilaaha illalloh wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alni minal mutatohhirina, waj’alni min ‘ibaadikas sholihiina. Subhanaka allahumma wa bihamdika astagfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertobat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Berdoa ialah beribadah yang unik, yang menyambungkan hati dan pemikiran manusia dengan Tuhannya, yang kemungkinan dilaksanakan pada awal, saat atau setelah satu aktivitas maupun usaha dikerjakan. Dalam Al-Quran dan Sunah Rasul ada beberapa panduan dan contoh doa yang bisa kita petik untuk diamalkan. Selanjutnya, penulis meringkas doa-doa penting dan biasa kita amalkan dalam kehidupan setiap hari dalam buku ini.

Persyaratan Untuk Tayamum

Untuk lakukan tayamum, kamu harus penuhi persyaratan-syaratnya supaya tayamum bisa dipandang syah sebagai alternatif air wudu. Berikut persyaratan tayamum.

  1. Dibolehkan lakukan tayamum bila betul-betul tidak ada air. Tiadanya air ini harus ditegaskan dan harus mengupayakannya sampai dapat. Apabila sudah mengupayakannya namun tetap tidak bisa, karena itu bisa lakukan tayamum.
  2. Tayamum bisa dilaksanakan untuk orang yang sakit. Tetapi ini harus ada syarat dari dokter. Bila dengan sentuh air bisa menyebabkan penyakitnya makin kronis karena itu bisa lakukan tayamum.
  3. Saat kalian ada di wilayah yang mempunyai temperatur air benar-benar dingin bahkan membeku, tentu saja berwudu akan susah untuk dilaksanakan. Dengan begitu seorang dibolehkan untuk tayamum.
  4. Air yang tidak terjangkau. Maknanya air yang diperlukan untuk berwudu ada, tetapi ada resiko besar saat ingin ambil air itu. Misalkan resikonya berbentuk harta atau nyawa. Dengan begitu seorang dibolehkan untuk tayamum.
  5. Bila kalian mempunyai stok air yang sedikit karena itu wudu bisa diganti dengan tayamum. Misalkan air itu ialah stok untuk minum. Maka dari itu bisa memprioritaskan untuk kepentingan minum dibanding berwudu.
  6. Telah masuknya waktu salat. Saat waktu sholat telah masuk bahkan juga minim sama waktu sholat lainnya dan kamu kekurangan air karena itu dibolehkan untuk lakukan tayamum.
  7. Saat sedang diperjalanan yang susah untuk mendapati air, kamu bisa menukar wudu dengan tayamum. Misalkan saat ada di kereta dan pesawat.
  8. Tayamum dibolehkan, tetapi harus juga memerhatikan kebersihan debu dan tanah yang kita gunakan. Janganlah sampai ada najis pada tanah itu dan debu.

Rukun Tayamum

Tayamum mempunyai empat rukun yang perlu dituruti saat kita lakukan tayamum. Berikut tukun tayamum.

1. Membaca Niat

Tentu saja tiap hal yang ingin kita kerjakan harus bermula dari niat. Sama dengan bila kita ingin melaksanakan ibadah atau lakukan syarat untuk beribadah karena itu harus juga membaca niat. Niat ini dibaca saat lakukan tayamum supaya tayamum dilaksanakan dengan syah dan mendapatkan ijin dari Allah untuk beribadah.

2. Mengusap Muka

Pakai kedua telapak tanganmu untuk menyekakan debu ke semua muka. Pakai tangan kanan untuk menyeka muka disebelah kiri, lalu tangan kiri dipakai untuk menyeka muka pada segi kanan.

3. Menyeka Kedua Tangan Sampai Siku

Seka kedua tangan kalian memakai debu yang sudah melekat di telapak tangan kalian. Usapan ini sama dengan saat berwudu. Pakai tangan kiri untuk menyeka tangan kanan sampai siku, dan pakai tangan kanan untuk menyeka tangan kiri sampai siku.

4. Teratur

Kerjakan tayamum dengan tertib. Lihat rukun dan tata langkah tayamum sama sesuai posisi, jangan terlewatkan dan kebalik.

Sunah Tayamum

Sunah tayamum berlainan dengan rukun tayamum. Sunah tayamum bisa tidak dilaksanakan saat lakukan tayamum. Tetapi ini cuma saran saja supaya tayamum lebih sempurna. Berikut sunah tayamum.

1. Membaca Basmalah

Tiap lakukan aktivitas sebaiknya kita membaca basmalah supaya aktivitas yang kita kerjakan jalan lancar. Saat lakukan tayamum basmalah bisa juga dibacakan saat sebelum membaca niat tayamum. Tetapi bila tidak pun tidak apa-apa.

2. Memprioritaskan Sisi Kanan dibanding Kiri

Saat lakukan hal yang suci seperti tayamum ini, disunahkan untuk memprioritaskan sisi kanan seperti tangan kanan. Kemudian baru diikuti dengan menyeka sisi tangan kiri.

3. Menipiskan Debu

Debu yang dipakai untuk tayamum tak perlu terlampau banyak. Tayamum berlainan dengan wudu yang memerlukan air yang banyak. Saat lakukan tayamum disarankan untuk menipiskan debu yang melekat pada tangan saat sebelum menyekakan di bagian badan.

Buku ini meringkas beribadah sunah yang diberikan Rasulullah saw., salah satunya yang dasar ada tujuh ibadah sunah yang dapat ditangani umat Islam untuk memperbaiki ibadah wajibnya, merangkul cinta Allah, untuk meraih surga-Nya.

Hal-Hal yang Menggagalkan Tayamum

Seperti dalam wudu, tayamum mempunyai pemicu yang bisa menggagalkan tayamum. Berikut beberapa hal yang bisa menggagalkan tayamum.

1. Mendapati Air

Tayamum langsung akan gagal bila kamu sudah mendapati air saat sebelum lakukan salat. Suatu hal yang diganti telah ada karena itu substitusinya tidak berguna. Seperti mendapati air saat sebelum sholat karena itu kamu harus berwudu.

Tetapi bila kamu mendapati air sesudah usai sholat, hal itu tidak menggagalkan juga sholat atau tayamum. Sholat dan tayamum masih tetap syah bila kamu mendapati air sesudah salat. Maka dari itu awalnya semestinya pastikan lebih dulu apa air betul-betul tidak ada.

2. Dapat Memakai Air

Air menjadi rintangan melaksanakan ibadah bila seorang yang sakit jangan terserang air dalam sesion penyembuhannya. Tetapi bila penyakitnya telah pulih karena itu tayamum dapat gagal. Bahkan juga orang yang sakit tanpa larangan sama air dapat menggagalkan tayamum.

3. Murtad

Tayamum akan gagal bila kamu keluar Islam atau agamamu bukan Islam. Tayamum cuma dibolehkan untuk umat Islam. Disamping itu tentunya mempunyai ketentuannya sendiri dalam beribadah.

4. Lenyap Akal Berpikiran

Seorang yang kehabisan akal sehatnya karena itu automatis tayamumnya akan gagal. Beberapa orang yang kehabisan akal sehat ini ibarat, edan, pemabuk, dan tidak sadar diri karena beberapaya dan tidak sadarkan diri.

5. Tidur

Tidur ialah satu kegiatan di mana fungsi-fungsi anggota badan stop beroperasi seperti mata dan telinga. Untuk orang yang telah lakukan tayamum lalu tidur hingga telinga dan mata secara bertepatan tidak berperan karena itu tayamum dipastikan gagal. Tetapi tidak untuk orang yang mempunyai kecacatan fisik yang mana satu diantaranya memanglah tidak berfungsi.

6. Buang Air Kecil

Dengan buang air kecil karena itu automatis tayamum akan gagal. Ini karena hadas yang ada karena air kecil. Bila ingin sholat karena itu membersihkan lebih dahulu hadas pada bagian badan agar sholat dengan sah.

7. Buang Air Besar

Jelas sudah bila kita keluarkan air besar yang mengakibatkan munculnya hadas karena itu tayamum dipastikan gagal. Ini sama juga seperti saat buang air kecil saat telah tayamum.

8. Kentut

Kentut ialah sebuah gas yang keluar lewat anus, ini sama juga seperti buang air kecil dan buang air besar. Saat kamu telah tayamum lalu kentut karena itu tayamum dipastikan gagal. Begitupun saat sholat karena itu salatmu harus gagal juga.

9. Haid

Saat wanita masuk masa depan bulan atau haid ketika telah lakukan tayamum karena itu tayamum dipastikan gagal. Ini sama dengan buang air kecil, buang air kentut, dan besar. Segala hal yang memunculkan timbulnya hadas pada bagian badan karena itu aktivitas dalam melaksanakan ibadah akan gagal. Hadas harus dibikin bersih lebih dulu saat sebelum beribadah.

Baiklah teman-teman pintar semua itulah tadi ulasan lengkap mengenai tatacara tayamum dan doanya yang berhasil kami rangkumkan dan kmai sajikan untuk kalian. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat untuk kalian sampai jumpa pada ulasan materi lainnya yah.

Related Posts
Adab Makan dan Minum Materi Pelajaran PAI Kelas 10
Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum - Assalamualaikum teman online semua tentunya kalian sudah tahu kan kalau Makan dan minum adalah kebutuhan Read more

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya
Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya

Mengenal Rukun Agama Islam dan Penjelasannya - Assalamualaikum adik-adik semua, Apakabar kalian hari ini semoga dalam keadaan sehat dan semangat Read more