Mengenal 5 Panca Indera Manusia Beserta Fungsinya

5 Panca Indera Manusia Beserta Fungsinya – Hai adik-adik semua, apa kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas pelajaran IPA Kelas 4 SD tentang panca indera dan fungsinya.

Manusia memiliki 5 alat indera atau yang dikenal dengan panca indera, diantaranya ialah indera penglihatan, indera pendengaran, indera pembau, indera pengecap dan indera peraba. Semuanya menggunakan organ manusia sebagai alatnya.

Supaya kalian lebih mengerti mengenai pembahasa materi panca indera ini langsung saja kita kupas tuntas di artikel ini selengkapnya dan pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis sehingga kalian bisa mengerjakan contoh soalnya.

5 Panca Indera Manusia Beserta Fungsinya

Mengenal 5 Panca Indera Manusia Beserta Fungsinya

Indera Penglihatan

Indera Penglihatan

Alat indera penglihatan pada manusia ialah mata. Indera penglihatan disebut juga dengan fotoreseptor, hal ini dikarenakan mata sangat peka terhadap rangsangan cahaya.

menurut Encyclopaedia Britannica (2015), mata merupakan organ indera khusus yang mampu menerima gambar visual untuk selanjutnya dibawa ke otak.

Di dalam mata terdapat beberapa bagian sebagai proses penglihatan. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Berikut bagian pada mata:

  • Kornea mata berguna meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Cahaya tersebut akan masuk dan berakhir pada selaput jala atau retina.
  • Iris merupakan selaput pelangi yang letaknya di belakang kornea mata. Di tengah selaput pelangi terdapat celah yang disebut anak mata atau pupil.
  • Pupil memiliki fungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Iris mengandung pembuluh darah dan pigmen, jumlah pigmen akan menentukan warna mata. Bila tidak ada pigmen maka mata akan berwarna merah.
  • Lensa mata fungsinya untuk memfokuskan agar cahaya yang masuk ke dalam mata jatuh tepat pada retina. Maka benda yang terlihat tampak jelas. Lensa dapat menipis atau menebal sesuai jarak mata dengan benda yang dilihat.
  • Retina fungsinya untuk menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata. Retina terletak di paling belakang pada mata.
  • Saraf mata memiliki fungsi untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak. Semua informasi akan dibawa saraf yang kemudian diproses ke otak.
  • Otot mata fungsinya Sebagai penggerak bola mata. Sehingga mata bergerak ke kanan, kiri, atas dan bawah. Pada setiap mata terdapat enam otot lurik yang menghubungkan bola mata dengan tulang di sekitarnya.

Indera Pendengar

Indera Pendengar

Organ Telinga merupakan indera pendengaran pada manusia dan beberapa makhluk hidup lainnya. Selain sebagai indera pendengaran, juga sebagai alat keseimbangan. Menurut situs resmi kemendikbud pada telinga memiliki tiga bagian sebagai berikut :

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga, saluran telinga luar. Daun telinga terdiri atas tulang rawan serta jaringan fibrosa, terkecuali di ujung paling bawah yaitu cuping telinga.

Fungsi daun telinga untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk ke dalam telinga. Saluran telinga luar berfungsi menghasilkan minyak serumen. Letaknya dekat dengan lubang telinga dan dilengkapi rambut-rambut halus untuk menjaga agar benda asing tidak masuk.

Telinga bagian tengah merupakan suatu ruang di dalam tulang pelipis dengan dilapisi jaringan mukosa. Pada telinga tengah terdapat tulang pendengaran dan saluran eustachius.

Tulang pendengaran adalah tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketiganya saling berhubungan melalui sendi dan memiliki fungsi mengalirkan getaran suara dari gendang telinga menuju rongga telinga dalam.

Sementara itu saluran eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan faring. Saluran tersebut berfungsi menjaga keseimbangan tekanan udara telinga luar dengan tengah.

Pada telinga bagian dalam terdiri atas jendela, labirin, dan organ korti. Jendela pada telinga ada dua macam yaitu tingkap oval dan tingkap bulat (jorong). Telinga dalam terdiri dari rongga yang menyerupai saluran. Rongga itu disebut labirin tulang dan rongga yang dilapisi membran disebut labirin membran. Labirin tulang terdiri dari tiga bagian yaitu vestibula, koklea (rumah siput), dan tiga saluran setengah lingkaran.

Indera Pembau

Indera Pembau

Selanjutnya manusia memiliki Indera pembau berfungsi untuk merespon rangsangan bau. Hidung adalah indera khusus yang terletak di dalam rongga hidung yang merupakan daerah sensitif.

Pada indera pembau ada beberapa sruktur: Sel-sel penyokong yang berupa sel-sel epitel sel-sel pembau (sel olfaktori) yang berupa sel saraf sebagai reseptor. sel olfaktori sangat peka pada rangsangan gas kimia.

Dalam sel-sel olfaktori memiliki tonjolan ujung dendrit berupa rambut yang terletak di selaput lendir hidung. Ujung yang lain berupa tonjolan akson membentuk berkas yang disebut saraf otak (nervus olfaktori).

Indera Pengecap

Indera Pengecap

Lidah merupakan indera pengecap bagi manusia. bagian permukaannya terdapat papila yang berupa tonjolan kecil, sehingga terlihat agak kasar. Papila dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bentunya sebagai berikut :

  • Papila filiformis adalah berbentuk seperti benang. Papila tersebut banyak terdapat pada bagian depan lidah.
  • Papila fungiformis adalah papila yang berbentuk tonjolan, seperti kepala jamur. Untuk letaknya ada dibagian depan lidah dan sisi lidah.
  • Papila sirkumvalata adalah papila yang bentuknya sepeerti huruf V terbalik dan ada pada pangkal lidah. Di dalam papila tersebut terdapat banyak tunas pengecap. Setiap tunas pengecap akan merespon secara maksimal salah satu rasa.

Indera Peraba

Indera Peraba

Kulit ialah indera peraba yang memiliki ujung-ujung saraf peraba. Bagian paling peka adalah ujung jari dan bibir. Kulit dapat membedakan kasar, halus, panas, dingin, dan sakit. Kulit merupakan organ paling luar tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia.

Yang harus kalian ketahui bahwa kulit menjadi salah satu organ yang memiliki banyak fungsi, seperti sebagai pelindung tubuh dari berbagai hal yang dapat membahayakan, berperan dalam eksresi, pengatur suhu tubuh.

Secara umum kulit memiliki 2 lapisan yaitu epidermis (kulit ari) dan dermis (kulit jangat). Lapisan epidermis Lapisan Epidermis adalah lapisan luar yang terus berganti, tipis dan tidak mempunyai pembuluh darah ataupun sel saraf. Lapisan dermis Lapisan dermis letaknya di bawah epidermis

terdiri atas sel-sel yang longgar dengan letak yang berjauhan dan mengandung pembuluh darah. Pada bagian kulit terdapat reseptor khusus untuk membedakan sentuhan, tekanan, temperatur (panas dan dingin), rasa sakit atau nyeri.

Baiklah adik-adik semua, itulah tadi berhasil kami sajikan ulasan materi tentang mengenal 5 panca indera manusia beserta fungsinya yang berhasil kami rangkumkan untuk kalian. Semoga setelah membaca ini pengetahuan kalian semakin bertambah.

Terimakasih juga kami ucapkan kepada ayah bunda yang sudah mendukung putra-putrinya untuk belajar dengan giat dan sampai jumpa pada postingan berikutnya semoga adik-adik semua menjadi anak sukses kelak.

baca juga : contoh soal tentang panca indera

Related Posts
Mengenal Tahapan Metode Ilmiah: Langkah-langkah Menuju Pengetahuan yang Teruji
Tahapan Metode Ilmiah

Dalam artikel ini, Website resmi Prakerja.Co.Id akan menjelajahi secara mendalam tentang tahapan-tahapan metode ilmiah dan mengapa penting untuk dipahami. Metode Read more

Hubungan Manusia dalam Kehidupan Ekonomi
Hubungan Manusia dalam Kehidupan Ekonomi

Hubungan Manusia dalan Kehidupan Ekonomi - Hai siswa online ku, di edisi ini kali kita akan membahas mengenai bagaimana interakhir Read more