6 Tarian Adat di Lampung Beserta Maknanya

6 Tarian Adat di Lampung – Hai teman-teman semua, pada artikel ini kami akan memperkenalkan tentang salah satu kebudayaan dan kesenian yang ada di kawasan Lampung. Ada sekitar 6 jenis tarian dari provinsi Lampung yang sering ditampilkan dalam

beberapa acara. Tentunya semua tarian ini memiliki fungsi tertentu bagi Suku Lampung. Untuk mengetahui ulasan tentang 6 tarian yang ada dilampung beserta maknanya pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis.

6 tarian adat di Lampung ini sebagai wujud adat temurun peninggalan nenek leluhur. Filosofi dua tradisi pada sebuah kesatuan inilah yang dimasukkan dalam tiap kultur dan kebudayaan di Lampung, yakni Saibatin dan Pepadun.

Lampung mempunyai segi kebudayaan yang paling menempel dengan bermacam adat, kultur dan tradisi tradisionil, satu diantaranya yakni tarian tradisi yang dipunyai. Seni tari bisa menjadi evaluasi dan pengetahuan berkenaan tradisi Lampung yang kaya raya ini.

6 Tarian Adat di Lampung

Berikut Ini 6 Tarian Adat di Lampung

1. Tari Cangget

Tari Cangget sebagai tarian tradisi lampung yang paling populer. Kesenian ini lebih banyak ditarikan pemuda-pemudi di tempat dalam acara tradisi di Lampung sebagai pembukaan acara bahkan juga pengesahan atau tradisi.

Tari Cangget telah ada semenjak tahun 1942 saat sebelum bangsa Jepang. Tari Cangget sebagai tarian pertama di tanah Lampung. Tarian ini jadi tarian sah penyambutan dan perjumpaan muda-mudi pada periodenya yang berada di Lampung.

Menurut filosofi yang ada, tari tradisi Cangget bermakna sebagai keinginan di mana seorang yang dikasih gelar diharap bisa jalankan kewajibannya dan jadi anutan di lingkungannya. Sampai saat ini tarian ini ada banyak diantarkan ke acara sah keadatan dan acara formal.

2. Tari Sembah Pengunten

Tari Sembah atau disebutkan Sigeh Pengunten sebagai tarian umum yang berada di Lampung sebagai wujud penghormatan dan penyambutan tamu undangan di dalam satu acara. Umumnya, tari Sembah diperlihatkan sebagai pembukaan dalam beberapa acara khusus, resmi bahkan juga non resmi sampai sekarang.

Bahkan juga, di Lampung, Tari Sembah kerap dipertontonkan oleh warga umum dan dipanggil sebagai tari penyambutan. Tari Sembah ini bermakna yang memvisualisasikan kombinasi dua suku besar yakni Pepadun dan Saibatin,

meskipun berlainan namun tetap hidup dalam serasi dan bersatu dalam kombinasi yang berada di tari Sigeh Pengunten. Tari Sigeh Pengunten memvisualisasikan persatuan dalam gerak tarian yang diperlihatkan, berikut cerminan dari tari Sembah Pengunten yang kerap diperlihatkan dalam sambutan acara non- resmi dan resmi.

3. Tari Bedana

Tari Bedana sebagai salah satunya tarian tradisi di Lampung dengan kombinasi tradisionil Zapin Melayu yang kental dengan nuansa Islami yang berada di wilayah Lampung. Tarian ini umumnya dihantarkan pemuda dan pemudi berpasangan sebagai pernyataan rasa gembira dan senang.

Yang membandingkan Tari Bedana dengan lainnya ada pada alat musik pendamping yang senang, memberikan semangat dan selaras dan macam gerak tari bedana yang bisa ditata sesenang hati ikuti dengan ketukan musik. Menurut filosofi dan sejarahnya,

Tari Bedana datang karena mengembangnya tuntunan agama Islam yang memvisualisasikan kehidupan dan budaya melayu yang terbuka dan ramah ke semua. Tarian ini memvisualisasikan budaya Lampung yang berteman, bercampur, dan beragama. Tarian ini sebelumnya diperlihatkan saat salah satunya keluarga atau famili yang khatam Al-Quran. Tetapi saat ini, tarian ini berkembang dan diperlihatkan saat acara gebyar acara pesta warga, pernikahan, dan acara sambutan pembukaan satu acara.

4. Tari Tupping

Tari Tupping atau tari sinetron ciri khas Lampung sebagai tarian yang mempertunjukan dan memvisualisasikan semangat patriotisme yang membara pasukan tempur. Tarian ini pada periodenya dihantarkan sebagai wujud kesatria, komedian, dan toko arif dan sebagai wujud ajudan Radin Intan pada periode penjajahan menantang Belanda.

Tarian ini bermakna sebagai wujud rasa sukur warga pada si pembuat alam semesta. Kabarnya dalam tupping-tupping itu memilki roh gaib dan jangan digunakan sembarangan orang dan wajib melakukan ritus khusus.

Untuk jumlah penari jangan lebih atau mungkin kurang dari 12 orang, karena tari tupping ini benar-benar keramat yang jangan diubah sama sekali. Di periode saat ini, tarian ini dihantarkan sebagai penyambutan tamu, pernikahan atau bahkan juga selingan warga dalam acara gebyar dan acara pesta tradisi lainnya.

5. Tari Melinting

Tari Melinting sebagai tarian ciri khas dari Lampung timur yang disebut tarian classic dari periode kerajaan Melinting yang datang ada di Labuhan Meringgai, Lampung timur. Tarian ini masuk ke periode paling tua di Lampung karena telah ada semenjak masuknya islam di Indonesia.

Tari Melinting sebelumnya diperlihatkan dan dipertontonkan dalam acara lingkungan kerajaan dan keluarga. Tetapi, saat ini tarian ini lebih banyak diperlihatkan dalam acara tradisi, acara resmi dan acara kedaerahaan yang lain di Lampung.

6. Tari Halibambang

Tari Halibambang sebagai salah satunya tarian peninggalan Sekala Benghak yang diperlihatkan saat acara pernikahan pada acara pesta Muli-Mekhanai yang diprediksi sudah berada di Liwa, Lampung dari era VI pada periode tradisi Sekala Brak Lampung.

Tarian ini diberi nama Halibambang yang mempunyai makna kupu-kupu yang di mana wujud tariannya bisa disimpulkan sebagai kupu-kupu yang berterbangan mengibas sayapnya di alam terbuka yang berayun-ayun di alam bebas. Tarian ini memvisualisasikan kesopanan, keelokan, dan keagungan seorang gadis atau putri saat menegur tamu. Berikut yang membuat tarian ini pada periodenya dihantarkan saat acara pernikahan dan sambutan acara pesta adat.

Tari ini berkembang sampai saat ini dan kerap diperlihatkan dalam acara penyambutan nonformal dan resmi di Lampung. Tersebut, 6 tarian tradisi di Lampung yang sudah diringkas dan bisa menjadi rekomendasi kita bersama untuk menambahkan pengetahuan akan Lampung yang kaya raya yang cantik jua dengan bermacam tradisi istiadat dan kultur yang dipunyai.

Terimakasih banyak untuk kalian adik-adik dan teman-teman semua yang sudah menjadikan prakerja sebagai salah satu halaman referensi belajar kalian. Sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya yah semoga bermanfaat.

Related Posts
Contoh Kemasan
Contoh Kemasan

Pada kesempatan kali ini, situs resmi prakerja.co.id akan memberikan materi lengkap semputar Contoh Kemasan, nah pernahkah Anda terpesona oleh produk Read more

Definisi Seni Patung Jenis dan Contohnya
Definisi Seni Patung Jenis dan Contohnya

Definisi Seni Patung Jenis dan Contohnya - Hai adik-adik edisi kali ini kita akan mengulas pelajaran tentang seni, kalau sebelumnya Read more