Bilangan Kuantum Kimia Kelas 10 SMA

Bilangan Kuantum Kimia Kelas 10 SMA – Hai murid online semua, kalian pernah gak sih berpikir kalau segala sesuatu hal di dunia ini sudah dirancang sedemikian rapinya oleh sang pencipta. Murai dari peredaran matahari yang terbit dari ufuk timur hingga ke ujung barat.

dan peredaran bumi serta planet-planet yang ada di sistem tata surya kita beredar dengan porosnya dan orbitalnya masing-masing sehingga tidak saling bertabrakan, Sangat luar biasa sekali sang pencipta sudah mengatur dengan sebaik-baiknya.

Hingga ke bagian paling kecil pun seperti partikel elektron-elektron yang ada di alam semesta ini sudah diatur sedemikian rapinya menurut bilangan kuantumnya. Hah apasih bilangan kuantum itu? bagi murid online yang masih bingung langsung kita ulas di artikel ini.

Bilangan Kuantum Kimia Kelas 10 SMA

Pengertian Bilangan Kuantum

Bilangan kuantum merupakan bilangan yang berguna untuk menggambarkan kedudukan suatu elektron pada model atom mekanika kuatum ini merupakan gagasan dari seorang ilmuwan yang bernama Erwin Schrodinger.

Elektron-elektron yang menyebar pada sekeliling atom dengan teratur berdasarkan tingkatan energinya. Nah murid online, tingkat energi inilah yang digambarkan dengan bilangan kuantum. Artinya, kita bisa mengetahui tempat penyebaran elektron dari bilangan kuantumnya ini.

Bilangan kuantum yang biasa dicari ialah bilangan kuantum dari elektron paling akhir atau elektron yang memiliki tingkat energi tertinggi. Satu set bilangan kuantum terdiri dari empat bilangan, yaitu bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimuth (l), bilangan kuantum magnetik (m), dan bilangan kuantum spin (s).

Bilangan Kuantum Utama

Pertama kita ulas tentang bilangan kuantum utama yang dilambangkan dengan ” n “. Untuk bilangan kuantum utama ini digunakan untuk menggambarkan tingkatan energi elektron utama yang terdapat pada kulit atom.

Bilangan kuantum utama dapat dituliskan dengan bilangan bulat 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Karena n menyatakan tingkat energi, maka tidak ada kulit ke 0 (tidak ada enelktron yang tidak memiliki energi). Jika suatu elektron berada pada n=1,

maka ia berada paling dekat dengan nukleus yaitu pada kulit lapisan yang pertama (kulit paling dalam) dengan tingkat energi dasar. Semakin tinggi tingkat energinya, maka akan semakin besar bilangan kuantum utama elektron tersebut.

Bilangan Kuantum Azimuth

Dikutip dari Purdue University College of Science Welcome, bilangan kuantum azimuth atau bilangan kuantum momen pojok orbital mengatakan wujud orbital.

Bilangan kuantum azimuth dicatat dengan bilangan bundar 0, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. l=0 disebutkan dengan orbital s dan mempunyai wujud seperti bola, l=1 disebutkan dengan orbital p dan

mempunyai wujud seperti kutub, l=3 disebutkan dengan orbital d dan mempunyai wujud semanggi, dan l=4 disebutkan dengan orbital f dengan wujud semanggi berdaun lima.

Hingga bilangan azimuth bukan hanya memvisualisasikan wujud orbital elektron, tetapi subkulit elektron pada suatu atom. Subkulit atom memvisualisasikan bagaimana elektron menyebar secara rata, tidak bersusun pada satu tempat.

Bilangan Kuantum Magnetik

Bilangan kuantum magnetik ialah bilangan kuantum yang mengatakan tujuan orbital di di dalam ruangan tiga dimensi. Bila kulit atom ialah asrama bertingkat dan subkulit atom ialah lantai yang berisi kamar-kamar,

karena itu bilangan kuantum magnetik (m) memvisualisasikan distribusi elektron dalam kamar-kamar setiap lantai. Bilangan kuantum magnetik tentukan tujuan elektron di di dalam ruangan orbital.

Bilangan kuatum magnetik tergantung pada bilangan kuantum azimuth, hingga ditulis dengan m= -l, …, 0, …, l. Misalkan satu elektron mamiliki bilangan azimuth l=2 dan ada pada orbital d, karena itu bilangan kuantum magnetiknya ialah m= -2, -1, 0, 1, 2.

Bilangan Kuantum Spin

Bilangan kuantum spin (s) memperlihatkan arah perputaran elektron dan tidak tergantung pada bilangan kuantum lainnya. Bilangan kuantum spin disimbolkan dengan +1/2 dan -1/2,

saat positif karena itu elektron mempunyai arah perputaran ke atas (spin up) dan saat (-) memiliki arti elektron mempunyai arah perputaran ke bawah.

Kehadiran bilangan kuantum spin bisa memperlihatkan karakter kemagnetan elektron. Dikutip dari Chemistry LibreTexts, saat elektron dengan spin bersimpangan digabungkan,

tidak ada medan magnet bersih karena ke-2 nya sama-sama menghapus. Pada suatu subkulit, ruangan orbital akan diisi penuh oleh elektron dengan spin up ditambah dulu.

Baiklah murid onlineku, itulah tadi ulasan materi mengenai Bilangan Kuantum Kimia Kelas 10 SMA yang berhasil kami sajikan untuk kalian semua. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat untuk kalian dan jangan pernah malas untuk belajar.

Karena semua itu merupakan kunci kesuksesan untuk kalian di masa depan nanti. Terimakasih banyak sudah menjadikan kami sebagai referensi belajar kalian dan sampai jumpa di postingan materi berikutnya.

Related Posts
Memahami Materi Job dan Occupation dengan Baik
Job dan Occupation

Job dan Occupation - Apakah Anda sedang mencari kesuksesan dalam karir Anda? Apakah Anda ingin tahu rahasia untuk menjadi sukses Read more

Struktur Asam Amino
Struktur Asam Amino

Asam amino adalah unsur pokok pembentuk protein dalam tubuh kita. Struktur asam amino, atau susunan molekuler dari asam amino, memainkan Read more