Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup – Halo murid online ku, apa kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat dan semangat selalu ya. Di edisi kali ini kita akan mengulas informasi mengenai pembuatan daftar riwayat hidup atau yang biasa disebut dengan curriculum vitae atau CV.

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan tentunya kita wajib melampirkan daftar riwayat hidup sebagai bahan acuan si pemilik perusahaan ataupun departemen personalia sebelum mereka memutuskan untuk menerima atau tidak lamaran kalian.

Kalau dulu sebelum maju dan berkembangnya teknologi komputter seperti saat ini, di toko buku atau fotocopyan menyediakan blanko daftar riwayat hidup kosong yang kalian isi sesuai dengan data diri, riwayat pendidikan dan pengalaman kerja kalian.

Lalu bagaimana dengan pembuatan CV saat ini? dimana biasanya diketik komputer bahkan ada pula yang dikirim dengan format pdf. Supaya kalian tidak salah, berikut kami berikan beberapa contoh pembuatan daftar riwayat hidup yang benar.

contoh daftar riwayat hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Format Daftar Riwayat Hidup

Dalam membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar kalian wajib memperhatikan beberapa hal yang menjadi poin-poin penilaian para pemberi pekerjaan. Walaupun cv ini terlihat sepele dan dalam pembuatanya tidak sulit, tetapi kalau kalian mengabaikan beberapa poin penting tersebut akan fatal akibatnya.

1. Identitas diri

Seperti biasanya Daftar Riwayat Hidup berisikan identitas pribagi kalian mulai dari nama,bisa diisi dengan nama lengkap dan nama panggilan. Tempat tanggal lahir, alamat yang menjadi tempat tinggal kalian saat ini atau berdasarkan KTP kalian.

Jenis kelamin, dan beberapa hal lain yang bersifat pribadi. misalnya kewarga negaraan, hobi kalian apa serta beberapa hal lain yang menjadi identitas diri kalian yang mendeskripsikan kalian semenarik mungkin dan harus apa adanya.

2. Riwayat pendidikan

Poin riwayat pendidikan ini biasanya diisi dengan mencatumkan riwayat pendidikan yang pernah kalian tempuh. Mulai dari Sekolah Dasar hingga ke pendidikan terakhir kalian bisa S1, atau D3 atau jenjang pendidikan tinggi lainnya.

Selain lembaga pendidikan formal kalian juga bisa mencantumkan pendidikan informal kalian seperti mengikuti kursus bahasa inggri, kursus komputer atau kursus menjahit dan lainnya kalau bisa disertakan dengan sertifikatnya.

3. Pengalaman kerja

Pada poin pengalaman pekerjaan ini tentu penting akan menjadi pertimbangan terutama bagi perusahaan yang menjadi seseorang yang berpengalaman dibidang pekerjaan yang dia lamar kali ini, Tetapi kalau kalian masih fresh graduate tentunya kosongkan saja poin ini.

4. Pengalaman organisasi

Di poin pengalaman organisasi bisa kalian isikan organisasi apa saja yang pernah kalian ikuti baik itu disekolah ataupun lingkungan kalian. Dan sebagai apa kalian di organisasi tersebut. Misalnya di sekolah tergabung dalam organisasi OSIS dan menjadi ketua osis tentunya ini bisa menjadi pertimbangan juga untuk menerima kalian.

5. Keahlian khusus

Hal ini penting, terutama bila mencantumkan keahlian yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Biasanya keahlian khusus ini menjadi salah satu hal yang nantinya akan dipertimbangkan oleh HRD perusahaan sebelum akhirnya merekrut si pelamar tersebut.

Macam-macam Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berdasarkan urutan kronologis : Dalam pembuatannya dilakukan secara berurutan mulai dari pendidikan yang pernah kalian jalani dan pengalaman kerja kalain yang ditulis secara berurutan waktunya. ini yang biasa dibuat yah murid online.

Berdasarkan Keterampilan : Yang berisikan tentang keterampilan-keterampilan apa yang kalian miliki sebagai pertimbangan HRD untuk menerima kalian. Biasanya digunakan para fresh graduate dalam membuat CV.

contoh daftar riwayat hidup word

Tujuan Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

1. Daftar riwayat hidup atau resume bagi pelamar pekerjaan adalah mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. secara umum dibuat untuk melamar sebuah pekerjaan. Di samping itu juga bisa untuk mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba dan sebagai lampiran pendukung ketika mengirim sebuah tulisan baik ke surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen atau dalam bentuk buku ke penerbit.

3. bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh Daftar RIwayat Hidup

Contoh 1

DATA PRIBADI

Nama Lengkap :
Tempat & tanggal lahir :
Alamat :
Jenis Kelamin :
Status Perkawinan :
Agama :
No Telp :
Email :

Pendidikan Formal:
1996 – 2002 : SDN 1
2005 – 2005 : SMPN 1
2005 – 2008 : SMAN 2
2008 – 2013 : UGM

Pendidikan Informal:
2015 : Kursus Membatik
2015 : Kursus Menulis
2017 : Kursus Kebangsaan

file word nya bisa kalian unduh langsung secara gratis. Download

Pengalaman Kerja:
2015-2016 : Bekerja Di Sales marketing di PT Suka Maju

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Magelang, 25 Juni 2017

[Nama Kamu]

Contoh 2

Curriculum Vitae

Name :
Address :
Place and date of birth :
Gender :
Marital Status :
Religion :
E-Mail :
Phone number :

Education Background :
1990 – 1997 Elementary School 1 Yogyakarta
1997 – 1999 Junior High School 1 Yogyakarta
1999 – 2003 Senior High School 2 Yogyakarta
2003 – 2007 Information Technology Degree Of University Indonesia

Skills :
Ability of operating Computer and internet

Personality :
Good Attitude

Baiklah murid online ku, itulah tadi beberapa Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar yang berhasil kami sajikan untuk kalian. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin membuat lamaran pekerjaan semoga sukses selalu dan sampai jumpa di postingan lainnya.

Related Posts
Cara Menggunakan Bahasa yang Menarik dalam Teks Ulasan Film: Simak Tipsnya!
Teks Ulasan Film

Teks Ulasan Film: Dapatkan tinjauan singkat tentang film terbaru yang menarik dan menghibur, memberikan pandangan yang komprehensif bagi para penonton. Read more

Contoh Dialog Negosiasi
Contoh Dialog Negosiasi

Contoh Dialog Negosiasi : Negosiasi merupakan seni mendiskusikan suatu perjanjian antara dua pihak dengan tujuan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Read more