Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Contohnya

Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Contohnya – Hai adik-adik pintar, tahukah kalian kalau semua makhluk hidup yang ada di bumi ini tidak bisa hidup sendirian, tentunya mereka membutuhkan makhluk hidup lainnya dengan membentuk hubungan

supaya dapat memenuhi kebutuhannya. Dalam hubungan yang terjadi diantara makhluk hidup tentunya ada yang saling menguntungkan dan ada juga yang malah merugikan dan hubungan ini disebut juga dengan simbiosis.

Selain itu ada hubungan yang tidak mempengaruhi apapun didalam kehidupan makhuk tersebut dan dalam hubungan antar makhuk hidup ada empat jenis dengan ulasan lengkap sebagai berikut jadi kalian harus baca sampai habis.

hubungan antar makhluk hidup dan contohnya

Ulasan Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Contohnya

1. Hubungan Netral

Hubungan netral ialah jalinan antarmakhluk hidup yang tidak sama-sama mempengaruhi. Netralisme terjadi bila makhluk hidup itu mempunyai nisia yang berbeda. Misalnya, jalinan di antara kucing dan ayam yang dipiara manusia dalam kandang yang bersisihan.

2. Hubungan Simbiosis

Hubungan simbiosis ialah jalinan antarmakhluk hidup yang sama-sama mempengaruhi. Hubungan simbiosis dibagi jadi tiga tipe diantaranya :

Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme ialah jalinan di antara dua jenis makhluk hidup yang sama-sama menguntungkan.

Contoh :

1. hubungan tumbuhan berbunga dan serangga.

Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang ambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga menolong proses penyerbukan pada bunga.

2. Kerbau dengan burung jalak

Jalak mendapatkan keuntungan berbentuk kutu sebagai makanan, dan kerbau terasa nyaman karena tidak gatal. Satu kembali keuntungan yang didapat kerbau, yakni ada peringatan akan bahaya. Burung jalak akan selekasnya terbang bila ketahui ada ancaman.

3.Buaya dengan burung Clover

Burung clover bersihkan kotoran dan tersisa makanan di mulut buaya, sementara burung clover memperoleh makanan.

4.Tumbuhan dengan cacing

Tumbuhan benar-benar tertolong oleh ada cacing tanah yang yang membuat beberapa lubang dalam tanah. Air dan udara yang dibutuhkan tumbuhan jadi lebih gampang menyerap dan diserap oleh akar. Kebalikannya cacing tanah memperoleh makanan dari daun-daun kering berjatuhan yang selanjutnya membusuk.

5. jamur dengan ganggang

Ganggang sanggup berfotosintesis untuk menyiapkan makanan untuk ganggang untuk jamur dan itu. Jamur sediakan fasilitas untuk berfotosintesis, yakni sebagai penyuplai karbon dioksida dan air. Simbiosis kualitasalisme di antara jamur dan ganggang akan membuat lumut kerak.

Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisma ialah hubungan keterikatan di antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan tetapi pihak lainnya tidak dirugikan. Misalnya ialah seperti berikut:

1. Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan kecil yang disebutkan remora, melekat dalam tubuh ikan hiu. Remora memperoleh beberapa sisa makanan dari ikan hiu. Disamping itu, remora bisa melancong ke mana saja tanpa takut dimakan oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan atau dirugikan.

2. Anggrek dan beragam tipe paku-pakuan hidup menumpang dalam tumbuhan lain.

Anggrek dan paku-pakuan memperoleh tempat hidup yang terjangkau cahaya matahari yang menolong mereka berfotosintesis. Tumbuhan yang ditumpangi tidak diuntungkan atau dirugikan.

Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisma ialah jalinan keterikatan yang cuma memberikan keuntungan salah satunya pihak. Misalnya ialah seperti berikut:

1.Benalu yang hidup di pohon inang.

Selainnya menumpang hidup, benalu ambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Mengakibatkan tumbuhan yang ditumpangi alami rugi karena kehilangan beberapa zat perkembangannya terusik dan makanan.

2. Tumbuhan tali putri yang menumpang dalam tumbuhan lain.

Tumbuhan tali putri tidak dapat membuat makanan sendiri. Tumbuhan ini mengisap beberapa zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya hingga menghalangi perkembangan inangnya.

3. Kutu kepala dengan kulit kepala manusia

4. Jamur panu dengan kulit manusia

3. Hubungan Kompetisi

Hubungan persaingan terjadi bila pada suatu ekosistem ada kesetidakimbangan, misalkan kekurangan air, ruangan, dan makanan. Jalinan persaingan bisa terjadi antarindividu pada sebuah spesies. Disamping itu dapat terjadi antara pribadi yang lain spesies. Misalnya jalinan di antara kambing dan kerbau yang tempati padang rumput yang serupa, di mana kambing dan kerbau yang sama konsumsi rumput akan berkompetisi memperoleh rumput.

4. Hubungan Predasi

Predasi ialah hubungan yang terjadi antarorganisme bila yang satu jadi pemangsa dan yang lain jadi yang dimakan. Misalnya : di antara kucing dengan tikus, di antara ular dengan katak, dan di antara harimau dengan kijang.

Baiklah adik-adik pintar, itulah tadi hubungan antar makhluk hidup dan contohnya semoga rangkuman materi ini bermanfaat untuk kalian supaya bisa lebih memahami lagi pokok pembahasan. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Related Posts
Memahami dan Mengoptimalkan Struktur Makalah: Panduan Lengkap
Struktur Makalah

Struktur Makalah: Dalam dunia akademis, penulisan makalah merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari. Salah satu faktor kunci keberhasilan sebuah makalah Read more

Wujud Benda dan Sifat Benda Kelas 3 SD
Wujud Benda dan Sifat Benda Kelas 3 SD

Wujud Benda dan Sifat Benda Kelas 3 SD - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kali ini kita akan mempelajari materi tentang wujud Read more