Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7

Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7 – Hai adik-adik semoga kalian masih bersemangat untuk belajar ya, karena kali ini kita akan mengulas tentang perkembangan teknologi pangan yang termasuk dalam materi tema 7.

Beberapa macam makanan harus lewat proses tertentu untuk dapat dimakan. Pada materi kelas 3 SD Tema 7, akan diterangkan mengenai penjelasan teknologi pangan yang dipakai untuk memproses makanan.

Teknologi pangan pasti terkait dengan beragam tipe makanan yang dimakan manusia. Ada beberapa tipe makanan yang dapat dikonsumsi rekan-rekan dan didapat dari hewan atau tumbuhan.

Tiap makanan itu harus diproses supaya aman dimakan oleh manusia dan memperoleh beragam kandungan sehat. Untuk memproses tiap bahan makanan itu diperlukan sebuah tehnologi khusus.

Materi Perkembangan Teknologi Pangan Kelas 3 SD Tema 7

Penjelasan Teknologi Pangan

Teknologi pangan ialah sebuah ilmu dan pengetahuan yang terkait berbahan pangan terutamanya setelah panen. Dengan pemrosesan yang pas makanan dapat dibuat jadi bermacam hal, seperti hasil panen menjadi makanan baru.

Sepeti padi yang diolan jadi beras yang dapat di buat jadi nasi sebagai makanan dasar dan sebagai tepung beras yang dibuat jadi macam tipe makanan dan kue ciri khas indonesia yang rasanya enak.

Atau dari tehnologi itu, sebuah tipe makanan dapat dibikin tahan lama lebih lama. Jadi pengetahuan dari tehnologi pangan dapat berbentuk pemrosesan, pengepakan, penyimpanan, lain-lain, dan pengawetan. Dengan demikian pengetahuan tekonologi pangan jadi banyak memiliki faedah untuk manusia.

materi kelas 3 tema 7 subtema 1

Kegunaan Teknologi Pangan

1. Memenuhi Keperluan Pangan

Manusia akan memerlukan bahan makanan untuk dapat bertahan hidup. Tapi alam yang menghasilkan makanan mempunyai masa yang terbatas. Karena ada tehnologi pangan, manusia dapat memproses bahan makanan supaya bisa bertahan semakin lama dan memenuhi keperluan banyak orang.

2. Membagikan Makanan

Lewat tehnologi pangan, manusia bisa juga membagikan beragam makanan ke semua daerah. Dengan demikian daerah yang tidak dapat ditanam padi, dapat turut konsumsi nasi.

Atau daerah yang tidak bsia ditanam sayur hijau tertentu dapat turut konsumsi makanan sehat itu. Hal tersebut dilaksanakan dengan mengawetkan makanan supaya bisa bertahan masih tetap fresh dalam kurun waktu lama.

3. Menghilangkan Kuman dari Makanan

Pengetahuan dari tehnologi pangan bisa juga memproses bahan makan jadi lebih higienis dengan hilangkan semua kuman. Dengan demikian kuman atau mikroba tidak berkembang biak semakin banyak dan dapat mengakibatkan penyakit muncul. Proses itu dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah, satu diantaranya dengan pemanasan.

4. Menambah Gizi Makanan

Lewat tehnologi pangan, sebuah bahan pangan dapat diproses sampai mempunyai gizi yang lebih banyak. Proses tambahan nutrisi pada makanan ini akan menolong menangani permasalahan kekurangan nutrisi pada banyak wilayah tertentu. Seperti tambahan kalsium dalam juice atau susu yang dapat membuat menjadi lebih sehat.

Nah, itu tadi pengertian teknologi pangan dan manfaat yang bisa diperoleh manusia. semoga apa yang kami sajikan ini bisa diterima dengan baik sehingga adik-adik bisa lebih paham mengenai materi ini.

Terus bersemangat untuk belajar dan jangan pernah malas membaca karena membaca jendela dunia. Untuk ayah bunda terus semangat mendampingi putra-putri kita untuk belajar ya terimakasih banyak.

Related Posts
Mengenal Metabolisme, Biologi Kelas 12 (Part 1)
metabolisme

mengenal metabolisme - Halo !.. Apa kabar temen-temen semua, semoga kalian selalu sehat dan terus semangat ya, nah di kesempatan Read more

Pengertian Vulkanisme Beserta Proses dan Hasilnya
Pengertian Vulkanisme

Pengertian Vulkanisme Beserta Proses dan Hasilnya - Gunung Nyamulagira, juga disebut Nyamlagiri, atau Nyamuragira, gunung berapi di Pegunungan Virunga di Read more