IPS Kelas 3 SD Lingkungan Alam dan Buatan

IPS Kelas 3 SD Lingkungan Alam dan Buatan – Halo beberapa adik, bagaimana kondisi kalian ini hari masihkah semangat? Kembali kami akan membahas info mengenai pengetahuan IPS mengenai Lingkungan buatan dan alam. Permukaan bumi terdiri lautan dan dataran.

Dataran ialah sisi bumi yang kering. Dataran mayoritas berbentuk tempat tanah. Lautan sebagai sisi bumi yang basah. Lautanmerupakan perairan yang luas. Manusia hidup di dataran. Manusia hidup beradaptasi dengan lingkungannya. Wujud lingkungan dibagi jadi dua.

Pertama ialah berbentuk lingkungan alam dan yang Ke-2 ialah berbentuk lingkungan bikinan Lingkungan alam sebagai lingkungan yang berada di alam raya.Lingkungan alam sebagai ciptaan Tuhan. Seperti apakah penjelasannya langsung ke materinya

IPS Kelas 3 SD Lingkungan Alam dan Buatan

Berikut Beberapa Lingkungan Alam

Tiap wujud lingkungan alam mempunyai ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri itu membandingkan wujud yang satu sama lainnya. Beberapa ciri itu bisa dilihat. Berikut wujud lingkungan beberapa cirinya dan alam.

1 Bukit

Sudah pernahkah kamu menyaksikan perkebunan teh? Perkebunan itu berada di daratan tinggi. Daratan itu membubung seperti gunung. Daratan itu disebutkan bukit. Biasanya ketinggiannya kurang dari 500 meter. Oleh karenanya, bukit dikatakan sebagai gunung kecil.

Seperti gunung, bukit juga mempunyai pucuk. Pucuk bukit memiliki bentuk tidak seperti gunung. Pucuk bukit lebih landai. Pucuk bukit lebih kelihatan rata atau bulat. Lereng bukit banyak pohon. Pepohon tersebu membuat hutan. Lereng bukit digunakan untuk perkebunan dan pertanian.

materi ips kelas 3 sd

2 Gunung

Gunung sebagai tanah yang membubung benar-benar tinggi. Gunung memiliki bentuk seperti bukit. Tetapi, ukuran lebih tinggi dan besar. Ketinggian gunung lebih dari 500 meter. Gunung terhitung dalam sisi daratan tinggi bumi. Sisi teratas gunung ialah pucuk.

Wujud pucuk gunung beragam. Ada yang terlihat seperti piramida atau kerucut. Ada juga yang memiliki bentuk seperti trapesium. Gunung ada yang berdiri sendiri. Ada juga yang berupakumpulan gunung. Kelompok gunung disebutkan juga pegunungan. Pegunungan itu membuat rangkaian. Misalkan rangkaianpegunungan Barisan di Sumatera.

Gunung digolongkan jadi dua. Ada gunung berapi.Adapula gunung biasa. Gunung berapi ialah gunung yang bisa meledak. Gunung biasa ialah gunung yang tidak bisa meledak. beberapa Gunung api ada yang aktif. Ada juga gunung api yang sudah mati. Di Indonesia terdapat banyak gunung berapi aktif.Contohnya Gunung Krakatau, Gunung Merapi, dan Gunung Kerinci.

3 Lembah

Daratan agak miring di bawah gunung disebutkan lembah. Lembahdisebut sebagai kaki gunung. Lembah yang ada di dua tebing disebutkan ngarai. Lembah sebagai wilayah yang subur. Kadang di lembah ada sumber air. Memiliki bentuk berbentuk mata air. Mata air itu kadang jadi awalnya sungai.

Contoh lembah di Indonesia misalkan Lembah Baliem diPapua. Contoh ngarai misalkan Ngarai Sichanuk di Sumatera Barat. Lembah digunakan untuk pertanian. Misalnya banyak diketemukan di Sumatera Barat. Ada juga yang dijadikan daerah perkampungan. Misalkan di Papua.

4 Sungai

Sungai banyak diketemukan di Indonesia. Sungai sebagai saluran air yang mengucur. Air sungai bermula dari sumber air. Sumber air sungai datang dari mata air, air lelehan salju, dan hujan. Saluran sungai berawal dari daratan tinggi. Selanjutnya mengucur ke daratan rendah. Pada akhirannya sampai di laut. Pangkal awalnya sungai disebutkan hulu.

5 Danau

Danau ialah perairan luas di dataran. Danau terhitung sumber air di dataran. Di sejumlah wilayah, danau disebutkan situ atau telaga. Danau dibagi jadi dua tipe. Ada yang tercipta secara alami. Ada juga danau yang menyengaja dibikin manusia.

6 Rawa

Rawa dapat ada di sejauh sungai. Ada juga di pinggir danau dan muara. Rawa sebagai kubangan air di dataran. Tanahnya becek dan berlumpur. Ada juga yang tergenangi air.Ada beberapa pemicu terciptanya rawa.

7 Rimba

Rimba sebagai kelompok pohon-pohonan. Khususnya pohon-pohonan yang tumbuh alami. Rimba tempati tempat yang luas. Pohon di rimba tumbuh dengan subur dan rapat. Rimba dapat ada di daratan tinggi. Dapat juga di daratan rendah.

9 Pantai

Pantai sebagai pinggiran dataran. Pinggiran pantai berbentuk bentangan pasir. Ada pantai yang mempunyai bentangan pasir hitam. Ad juga yang mempunyai bentangan pasir putih. Di pantai ada juga rangkaian bebatuan dan karang. Teritori pantai banyak pohon kelapa. Ada juga yang banyak rimba bakau.

B Lingkungan Buatan

Selainnya lingkungan alam, ada juga lingkungan bikinan. Lingkungan bikinan sebagai lingkungan yang menyengaja dibikin manusia. Lingkungan bikinan itu ialah wujud penyesuaian manusia pada alam. Lingkungan bikinan mempunyai tujuan untuk kenyamanan hidup manusia. Manusia kekinian banyak membuat lingkungan bikinan. Saat ini juga, kamu tinggal di lingkungan bikinan. Apa saja contoh lingkungan bikinan itu? Untuk terangnya, baca rincian berikut !.

1 Perkampungan
2 Jalan
3 Sekolah
4 Taman
5 Kolam
6 Sawah dan Kebun
7 Danau Buatan
8 Teritori Industri

Nach adik – adik tersebut barusan pembahasan materi IPS Kelas 3 SD Lingkungan Alam dan Buatan yang sukses kami suguhkan untuk kamu semua mudah-mudahan berguna menambahkan pengetahuan kalian ya. Terima kasih sudah baca artikel kami, masih tetap semangat tidak boleh malas membaca.

Related Posts
Mengungkap Jenis Flora Paling Menarik di Indonesia
Jenis Flora di Indonesia

Prakerja.Co.Id disini akan membahas beberapa jenis flora yang dapat ditemukan di Indonesia, menggali kekayaan alam yang memukau di negeri ini. Read more

Materi lengkap KPK dan FPB kelas 4 SD
kpk dan fpb

Materi lengkap KPK dan FPB kelas 4 SD - Bila kalian sekarang ini sedang ada di kelas 4 SD karena Read more