Making Request Bahasa Inggris Kelas 12 SMA

Making Request Bahasa Inggris Kelas 12 SMA – Hallo students, how are you today? I hope you are fine. Di edisi kali ini kita akan mengulas materi pelajaran bahasa inggris di kelas 12 SMA pada semester 1 ini tentang making request beserta response nya.

Responsenya bisa berupa accepting or declining. Ketika kita membuat permohonan atau permintaan tentu akan ada dua kemungkinan dari respon seseorang kita mintai pertolongan tersebut bisa menerimanya dan bisa juga menolaknya.

Bagi kalian yang sudah pernah mendengar materi ini kemungkinan sudah paham dengan gambaran pengertiannya, form kalimatnya dan contohnya. Namun bagi kalian yang baru mengenal materi ini jangan sedih karena akan kita kupas tuntas di artikel ini sampai kalian paham.

making request bahasa inggris kelas 12 sma

Ulasan Materi Making Request Bahasa Inggris Kelas 12 SM

Pengertian Makin Request

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kalian pernah minta tolong ke orang lain kan? Ada banyak cara untuk making requests ke orang lain. Sebenarnya, simpelnya kalian bisa meminta pertolongan dengan mengatakan, “Can you help me?”. Tapi, itu adalah ekspresi yang umum untuk digunakan.

Kalian sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan request? Secara umum, request berarti meminta tolong atau meminta seseorang melakukan sesuatu untuk kita. Ada berbagai ekspresi lainnya untuk making requests, baik dalam konteks informal, formal, hingga menanyakan kesediaannya terlebih dahulu. Yuk lihat di bawah ini!

Kalimat Makin Request

Saat kita membuat permintaan tolong, ada banyak kalimat yang bisa digunakan sesuai dengan konteks nya. Ada yang yang informal yang biasanya digunakan kepada teman ada juga yang formal untuk making request ke orang yang lebih tua dari kita. Kalau salah konteksnya bisa tidak sopan tentunya.

1. Konteks Informal

Can you help me?
Can I ask a favour?
Can you…..? (isi sesuai permintaan yang elo ajukan)
Can you give me a hand with this?

2. Konteks Formal

Could you help me?
Could you….? (isi sesuai permintaan yang elo ajukan)
Could/May I ask for….? (isi sesuai permintaan yang elo ajukan)

3. Menanyakan Kesediaan Terlebih Dahulu : Untuk konteks yang ini kalian harus memastikan terlebih dahulu orang yang akan dimintai pertolongan merasa keberatan atau tidak.
Do you mind….?
Do you mind if….?
Would you mind….?

Note : Untuk request yang belakangnya mind menggunakan terusan dengan gerund Verb + ing
untuk menggunakan if dibelakannya ditambahkan subject + verb

4. Menyatakan Harapan : Kalian bisa making request secara tidak langsung dengan menggunakan konteks ini

I’d appreciate it if….
I’d love it if….

response

Accepting Requests

Kalau diatas kalain kita sudah mengulas cara making request sekarang kita bahas tentang response nya yakni accepting request. Ini juga dapat kita gunakan ketika kita dimintai pertolongan oleh orang lain.

Yes!
Ok!
Sure!
Certainly!
Of course!
No problem!
I’ll help you.
I’d love that!
What can I help you with?

Declining Requests

Kebalikan dari accepting yang artinya menerima atau kalian bersedia membantu, kalau declining ini kita menolak untuk memberikan bantuan. Sehingga kita bisa menggunakan exxpresion sebagai berikut :

Sorry, I can’t.
Sorry, but…..
Sorry, I can’t right now.
Sorry, but I have something else to do.
Sorry, I’d love to, but…..

Well students itulah tadi ulasan materi mengenai making request bahasa inggris kelas 12 sma semoga setelah membaca arikel ini kalian bisa meresponse nya dengan accepting ataupun declining dengan bahasa yang baik tentunya.

Terimakasih banyak sudah menjadikan webblog kami sebagai salah satu acuan belajar kalian tentunya kalian bisa mencari referensi mata pelajaran lainnya juga disini. Sampai jumpa di kesempatan atau postingan lainnya.

Related Posts
Penyebab Pemanasan Global
Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global - Hai teman-teman online semua di edisi kali ini kita akan mengulas materi tentang Pemanasan global yang Read more

Pengertian Sistem Presidensial: Konsep dan Implementasinya dalam Politik
Pengertian Sistem Presidensial

Pengertian Sistem Presidensial: Sistem presidensial merupakan salah satu bentuk sistem pemerintahan yang umum diterapkan di banyak negara di dunia, termasuk Read more