Kumpulan Doa-Doa Harian Beserta Artinya

Kumpulan Doa-Doa Harian Beserta Artinya – Doa ialah bagian paling mendasar dalam beribadah. Seperti Sabda Rasulullah SAW, “Do’a itu beribadah” dan “Tidak ada suatu hal yang palingmulia dalam pandangan Allah, kecuali dari berdo’akepada-Nya, sedang kita pada kondisi lapang.”

Dalam melakukan aktivitas setiap hari, umat Islam disarankan untuk memanjatkan doa supaya aktivitas yang sudah dilakukan itu mendapatkan karunia dari Allah SWT. Semua kegiatan yang sudah dilakukan tiap hari seharusnya diawali dan disudahi dengan berdoa.

Doa-doa harian ini umumnya termasuk mudah dihafalkan dan pendek. Anak-anak umumnya sudah diberikan untuk ketahui dan mengingatkan doa-doa harian ini sejak awal kali, dan dibiasakan untuk mempraktikkannya dalam aktivitas setiap hari. Berikut kelompok beberapa doa-doa harian pendek yang penting dihafalkan dan dijumpai.

Kumpulan Doa-Doa Harian Beserta Artinya

Berikut Kumpulan Doa-Doa Harian Dan Maknanya

1. Doa Saat sebelum Tidur

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahumma ahyaa wa ammuut

Maknanya: “Dengan menyebutkan nama Allah, saya hidup dan saya mati”

2. Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Maknanya: “Semua puji untuk Allah yang sudah hidupkan kami setelah kami mati (menggugah dari tidur) dan cuma kepada-Nya kami dibalikkan”

3. Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi

Maknanya: “Ya Allah, saya berlindung pada-Mu dari bujukan setan lelaki dan setan wanita”

4. Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii

Maknanya: “Dengan berharap ampunanMu, semua puji punya Allah yang sudah hilangkan kotoran dari tubuhku dan yang sudah memakmurkan”

5. Doa Saat Bercermin

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Maknanya: “Semua puji untuk Allah, baguskanlah budi pekertiku seperti Kamu sudah membaguskan rupa mukaku”

6. Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله
Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Maknanya: “Dengan menyebutkan nama Allah saya bertawakal ke Allah, tidak ada daya kemampuan tetapi dengan bantuan Allah.”

7. Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Maknanya: “Ya Allah, sebenarnya saya minta kepada-Mu bagusnya tempat masuk dan bagusnya tempat keluar dengan menyebutkan nama Allah kami masuk, dan dengan menyebutkan nama Allah kami keluar dan ke Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

8. Doa Meminta Pengetahuan Yang Berguna

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Allahumma innii as-aluka ‘ilmaan naafi’aan wa rizqoon thoyyibaan wa ‘amalaan mutaqobbalaan

Maknanya: “Ya Allah, sebenarnya saya minta kepada-Mu pengetahuan yang bermanfaat, rezki yang amal dan baik yang baik Diterima. (H.R. Ibnu Majah)”

9. Doa Saat sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا
Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

Maknanya: “Ya Allah, tambahkanlah saya pengetahuan dan berikan saya rizqi akan kepahaman”

10. Doa Setelah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Allaahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Maknanya: “Ya Allah, sebenarnya saya memercayakan ke Kamu beberapa ilmu yang sudah Kamu sampaikan kepadaku, dan balikkanlah kepadaku saat saya perlu kembali dan jangan sampai Kamu lupakan saya ke pengetahuan itu wahai Tuhan hebat sekaligus alam.”

11. Doa Saat sebelum Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى
Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Maknanya: “Saya niat berwudhu untuk hilangkan hadast kecil fardu (harus) karena Allah ta’ala”

12. Doa Sesudah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii ketertarikan tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Maknanya: “Saya bersaksi, tidak ada Tuhan selainnya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya akui jika Nabi Muhammad itu ialah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah saya dari kelompok beberapa orang yang bertaubat dan jadikanlah saya dari kelompok beberapa orang yang suci dan jadikanlah saya dari kelompok hamba-hamba Mu yang shaleh”

13. Doa Saat sebelum Membaca Al-Quran

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ
Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Maknanya: “Ya Allah bukakanlah maknaMu padaku, rentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah saya pada apa yang saya lupa, wahai Dzat yang mempunyai kemuliaan dan keagungan.”

14. Doa Sesudah Membaca Al-Qur’an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa usiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Maknanya: “Ya Allah, rahmatilah saya dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah dia buatku ikut-ikutan sinar panduan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang sudah saya lupa dan sampaikan kepadaku apa yang tidak saya kenali darinya, anugerahkanlah padaku peluang membacanya pada beberapa malam dan siang, jadikanlah dia hujjah yang kuat buatku, wahai Tuhan hebat sekaligus alam.”

15. Doa Saat sebelum Mandi

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ
Allahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii

Maknanya: “Ya Allah ampunilah dosa kekeliruanku dan berilah keluasan di rumahku dan berkahilah pada rejekiku.”

Baiklah adik-adik itulah tadi kami sajikan kumpulan doa-doa untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari semoga bermanfaat untuk kalian. Dan untuk para orang tua tentunya jangan pernah bosan untuk terus membimbing anak-anak kita supaya dapan mengamalkan

amalan-amalan baik yang sudah diajarkan Agama Islam dalam kesehariannya. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami dan sudah menjadikan web blog kami sebagai referensi belajar kalian sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Related Posts
Pengertian Akhlak
Pengertian Akhlak

Pengertian akhlak menjadi pondasi utama dalam membentuk karakter dan perilaku seseorang. Kata "akhlak" berasal dari bahasa Arab yang merujuk pada Read more

Keutamaan dan Tata Cara Shalat Sunah Rawatib
Shalat Sunah Rawatib

Shalat Sunah Rawatib - Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Selain shalat wajib, ada Read more