Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Procedure Text

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Procedure Text – Hallo guys, how are you today ? I hope you’re fine. Today kita akan membahas tentang ulasan materi bahasa inggris about Procedure Text. Apa sih bentuk procedure text ini. dan bagaimana penjelasan serta contohnya.

Kalau kalian suka membaca tabloid atau majalah didalamnya ada resep masakan yang berisikan bahan-bahan suatu jenis masakan dan juga langkah-langkah membuatnya. Dan langkah – langkah ini yang menggunakan Procedure Text.

Tetapi dalam materi bahasa inggris Procedure Text yang dimaksud tentunya menggunakan bahasa inggris ya guys. nah untuk ulasan mengenai pengertian, fungsi, dan bagaimana strukturnya langsung kalian baca artikelnya sampai habis untuk menjawab pertanyaan kalian.

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Procedure Text

Ulasan Lengkap Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Procedure Text

Pengertian Procedure Text

Procedure text is a text that explains, informs, or helps the reader on how to make or use something. Dalam bahasa Indonesia, procedure text adalah teks yang memberikan instruksi, menginformasikan, atau membantu pembaca tentang bagaimana cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Biasanya jenis teks ini diawali dengan frasa “How to…”, misalnya “How to make a cup of tea” atau “How to operate an oven”. Procedure text banyak terdapat di buku resep masakan dan buku petunjuk (manual book).

Fungsi Procedure Text

The purpose of procedure text atau tujuan procedure text adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat, dilakukan atau digunakan melalui langkah-langkah yang berurutan (to show how something is made/used/done through sequence of steps).

Dengan kata lain, procedure text digunakan untuk menguraikan satu per satu bagaimana sesuatu dapat dibuat atau dicapai. Melalui procedure text, kalian akan lebih mudah dalam memahami dan membaca petunjuk cara melakukan sesuatu dengan urutan yang benar.

contoh soal procedure text

Struktur Procedure Text

Kamu mungkin pernah atau sering membaca text jenis satu ini. Tapi sudahkah kamu tahu apa saja struktur yang membangun procedure text? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak baik-baik struktur procedure text berikut!

Goal/Aim : berisikan maksud dan tujuan dari procedure text terkait.
Materials : berisikan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan tahapan suatu procedure text. Selain kata materials, kamu juga bisa menggunakan kata ingredients.
Steps : daftar langkah yang berurutan untuk menyelesaikan tahapan procedure text. Untuk menunjukkan steps, umumnya menggunakan angka atau kata-kata seperti, first, second, finally, dll
Result : hasil dari proses atau langkah-langkah yang telah dilakukan.

Ciri-Ciri Procedure Text

Menggunakan simple present tense
Menggunakan imperative sentence (kalimat perintah). Contoh: add two spoons, cook with low heat, blend the spices, dsb.
Menggunakan action verbs. Contoh: add, put, turn.
Menggunakan numbering. Contoh: first, second, third.
Menggunakan conjunctions (kata penghubung). Contoh: next, then, while.
Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk memperjelas tahapan yang dilalui. Contoh: correctly, carefully, slowly, for 2 minutes, dsb.

Contoh Procedure Text

How to Connect a Wireless Mouse

First, plug in your mouse’s receiver to your computer’s USB port. Then, the mouse driver will automatically be installed to detect the wireless mouse. (Pertama, tancapkan receiver mouse ke port USB komputer kamu. Kemudian, driver mouse akan terinstal secara otomatis untuk mendeteksi mouse nirkabelnya)

Second, make sure that your mouse has batteries or is charged. To do this, flip the mouse over and remove the battery compartment cover. (Kedua, pastikan mouse kamu memiliki baterai atau terisi dayanya. Untuk melakukan ini, balikkan mouse dan lepaskan penutup baterainya)

Third, turn on your mouse. Usually the on/off switch is on the back of the mouse. (Ketiga, nyalakan mouse kamu. Biasanya tombol on/off nya ada di bagian belakang mouse)

Finally, your wireless mouse is ready to use. (Terakhir, mouse nirkabel kamu siap digunakan.)

Well guys, itulah ulasan lengkap materi bahasa inggris kelas 7 procedure text yang berhasil kami rangkumkan dan kami sajikan ke adik-adik tercinta diseluruh tanah air. Semoga setelah membaca dan memahaminya kalian bisa menambah kemampuan berbahasa inggrisnya.

Teruntuk ayah bunda jangan pernah bosan untuk mendukung dan mendampingi putra-putri kita belajar karena dengan rajin belajar merupakan salah satu kunci kesuksesannya dimasa hadapan. Terimakasih banyak.

Related Posts
Teknik Pengumpulan Data
Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah tahap kritis dalam penelitian atau analisis, yang memerlukan perhatian khusus untuk memastikan hasil yang akurat dan relevan. Read more

Bahasa Inggris 12 SMA Expression of Blaming and Accusing
Expression of Blaming and Accusing

Expression of Blaming and Accusing - Hallo students, how are you today? I hope you are fine. Di artikel kali Read more