Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense

Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense – Halo students, how are you today? I hope you are fine. Artikel ini kali kita akan membahas info tentang materi pelajaran bahasa inggris mengenai grammar dalam kalimat yaitu present continous tense.

Apakah itu wujud Present continous tense? seperti bahasa indonesia yang mempunyai skema kalimat sama seperti yang kita kenali SPOK dan SPO. Dengan bahasa Inggris, wujud kalimat di atas sebagai grammar dasar yang tetap menjadi sisi dari tenses, yakni present continuous tense.

Jika awalnya kamu cukup pahami sederhana present tense, karena itu untuk pahami tenses yang ini tidak susah kok, Langsung kita ke ulasan secara lengkap di artikel ini menjadi yakinkan kalian membacanya sampai habis.

Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense

Pembahasan Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense

Pemahaman present continuous tense

Present continuous tense ialah wujud tense yang bisa kamu pakai untuk menerangkan suatu hal atau mengatakan tindakan yang berjalan sepanjang waktu tertentu pada masa kini (present). Berdasar salah satunya contoh kalimat yang telah kita ulas pada awal,

jika dengan bahasa Indonesia, tenses ini digunakan untuk memperlihatkan kegiatan yang dilaksanakan, biasa diikuti dalam kata “kembali” atau “sedang “.Wujud ini memperlihatkan jika tindakan itu terjadi saat sebelum (begins before), sepanjang (is in progress at the present), dan bersambung sesudah (continues after) tindakan yang lain atau waktu.

Rumus present continuous tense

Tiap tipe tenses tidak akan terlepas dari rumus. Ini kali, sebagai keunikan dari present continuous tense ialah tambahan -ing di kata akhir kerja. Nach, agar semakin mempermudah kamu dalam ingat rumus present continuous tense.

present continuous tense rumus

Dalam aplikasinya dalam kalimat, kamu perlu ingat rumus di bawah ini.

Wujud positif: Subyek + be (am/is/are) + verb (-ing) + …
Wujud (-) : Subyek +be (am/is/are) + not + verb (-ing) + …
Wujud interogatif: Be (am/is/are) + subyek + verb (-ing) + …?

Pemakaian Tense

Seperti yang telah kita kenali jika present continuous tense ini sebagai tense yang dipakai untuk memvisualisasikan satu kondisi yang berjalan. Tetapi, pada pemakaiannya ada banyak keadaan yang penting kamu kenali.

Untuk memperlihatkan satu tindakan yang terjadi saat ini dan berjalan. Contoh:

It is raining and I am waiting for my mother to pick me up.
I am writing this letter to kilat my feelings to you.
She is dancing in the rain.

Untuk mengulas tindakan yang terjadi sekitaran waktu perbincangan. Contoh:

Arnold is taking five classes this semester.
At this event, my husband keeps all his money in his closet.

Untuk mengulas gagasan yang sudah tentu bisa terjadi dalam kurun waktu dekat. Contoh:

She is spending her holiday in Bangkok next week.
He is renting a whole theatre for his anniversary tonight.
My boss is promoting Stacey to be the new manajer next month.

Ingat present continuous tense bukan hanya dipakai untuk memperlihatkan peristiwa yang berjalan saat ini tapi juga masa datang yang dekat, karena itu pemakaian info waktu sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya, info waktu berikut dipakai pada kalimat present continuous tense ialah:

Right now
At the event
Today
At present
This month
This year
This week
This semester

Kata Kerja yang Tidak dapat Dipakai dalam Present Continuous Tense

Rupanya tidak semua kata kerja dapat dipakai dalam tense ini, lho! Ini karena kata kerja itu memperlihatkan kondisi atau keadaan yang kita tidak harap untuk berbeda dan tidak memvisualisasikan perlakuan atau tindakan. Kata kerja ini lebih dikenali bernama kata kerja statis (stative verbs). Berikut contoh kata kerja statis:

Kata kerja yang memperlihatkan hati dan emosi: love, prefer, hate, like, appreciate, want, dislike.
Kata kerja yang memperlihatkan pemakaian indra: hear, taste, smell, see.
Kata kerja yang ekspresikan pengetahuan, opini, dan keyakinan: think, believe, understand, know, recognize.
Kata kerja yang memperlihatkan pemilikan: own, have, possess, belong.
Kata kerja statis yang lain: seem, be, eksis, need, cost.

Kemungkinan kamu bertanya kenapa kata “love” tidak dapat dipakai sebagai kata kerja dalam tense ini? Walau sebenarnya kemungkinan kamu kerap dengar kalimat “I’m loving it!” Secara susunan grammar, sebetulnya kalimat ini salah karena memiliki kandungan stative verbs.

Tetapi, ini terhitung sebagai model memiliki sifat tidak resmi dan saja. Kamu akan kerap mendapati ini dalam perbincangan sekitar beberapa orang dekat saja. Kalimat ini tidak akan kamu jumpai dalam komunikasi usaha atau resmi.

Nach beberapa adik tersebut barusan pembahasan Materi Bahasa Inggris Present Continuous Tense mudah-mudahan kalian dapat pahaminya secara baik hingga bisa menambahkan kekuatan bahasa inggris kalian. Terima kasih banyak telah menyempatkan diri untuk membaca artikel kami.

Untuk ayah bunda jangan sampai jemu ya menemani putra putri kita untuk selalu membaca dan belajar karenanya sebagai salah satunya kunci suksesnya di masa depan. Mudah-mudahan anak-anak kita tumbuh jadi anak yang berguna.

Related Posts
Materi IPS Kelas 3 SD Kerja Sama
Materi IPS Kelas 3 SD Kerja Sama

Materi IPS Kelas 3 SD Kerja Sama - Hai adik-adik apa kabar kalian? semoga selalu sehat dan semakin semangat ya Read more

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli
Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Budaya adalah nilai, norma, dan kepercayaan yang diwariskan dan dibagikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Dalam artikel ini, situs resmi Read more