Materi PAI Kelas 1 SD Materi Kasih Sayang

Materi PAI Kelas 1 SD Materi Kasih Sayang – Hai ayah, bunda serta adik-adik sekalian yang saat ini duduk di kelas 1 SD, masih semangat ya belajarnya karena materi yang akan kita ulas kali ini mengenai ilmu pendidikan agama islam dengan pokok bahasan Kasih Sayang.

Lihatlah alam di sekitar kita yang sungguh indah ini. Mulai dari langit biru di siang hari, bintang-bintang yang berkelipan sangat indah di malam hari, hingga matahari yang menyinari bumi serta sebagai sumber energi yang tiada habis, hujan sebagai sumber air yang menjadi salah satu elemen terpenting dalam kehidupan kita, dan masih banyak lagi.

Hal yang kita lihat dan kita rasakan itu merupakan bukti dari kasih sayang Allah SWT sebagai yang maha pencipta. Sehingga kita harus mensyukuri semuanya karena dengan nikmatnya pula kita masih diberikan

kehidupan hingga hari ini, Selain itu makanan yang kita nikmati, kebahagian bersama keluarga dan juga teman merupakan bukti kasih sayang dari-Nya. Ada 2 kasih sayang yang kita nikmati sebagai berkah yakni :

Materi PAI Kelas 1 SD Materi Kasih Sayang

 

Ulasan Materi Kasih Sayang PAI SD Kelas 1

Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW

Muhammad Rasulullah sangat menyayangi umatnya. Beliau juga sangat mencintai anak-anak terutama anak yatim. Seperti kata-kata pada lirik lagu ” Rasul menyuruh kita mencintai anak yatim, rosul menyuruh kita menyayangi orang miskin “

Hal ini menjadi salah satu suri tauladan yang baik dari Nabi Muhammad SAW yang patut kita tiru dimana kasih sayang tidak berlaku hanya untuk si kaya atau si miskin tetapi kepada seluruh umat manusia harus saling menyayangi.

Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Anak-anak terlihat sangat bergembira. Ketika Rasulullah pulang, ada anak menangis. Rasulullah berkata, “Jangan menangis anakku. Aku akan membahagiakanmu”.

Mari kita senantiasa bersalawat pada Nabi Muhammad saw sebagai salah satu bentuk kasih sayang kepada beliau. Salah satu salawat yang bisa kita lantunkan adalah salawat badar. Berikut ini adalah lafadz salawat badar:

Terjemahannya adalah: “Rahmat keselamatan Allah, tetap untuk Nabi Muhammad, Rahmat keselamatan Allah, tetap untuk kekasih Allah”.

Kasih Sayang Allah Swt.

rangkuman materi pai kelas 1 sd

Allah SWT memiliki nama – nama asmaul husnah yang jumlahnya ada 99, diantara nya ada Ar-Rahman dan ar-Rahim termasuk Asma’ul Husna. Asma’ul Husna adalah nama-nama Allah yang baik.

Ar-Rahman artinya Maha Pengasih. Allah SWT adalah Tuhan yang maha pengasih yang mengasihi seluruh makhluk-Nya. Makhluk Allah SWT tak hanya manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan merupakan makhluk ciptaan Allah.

Ar-Rahim artinya Maha Penyayang. Allah Swt. selalu menyayangi kita semua. Kita juga harus selalu menyayangi sesama makhluk terutama orang tua, guru, saudara, dan sahabat-sahabat kita.

Kasih sayang dalam kehidupan banyak macamnya. Kita harus menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan, belajar, dan rajin beribadah. Menyayangi teman adalah salah satu bentuk kasih sayang. Menjenguk teman yang sedang sakit atau menolong mereka yang sedang kesusahan adalah contoh nyatanya.

Menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih, juga termasuk contoh kasih sayang. Lingkungan yang terjaga dengan baik pasti akan bermanfaat bagi kita. Allah telah menciptakan dunia beserta isinya untuk kita semua, sebagai bentuk kasih sayang-Nya kepada kita.

Nah adik-adik dan ayah bunda itulah tadi ulasan Materi PAI kelas 1 SD mengenai Kasih Sayang. Semoga uraian ini bisa dimengerti dan bermanfaat bagi kalian. Terimakasih sudah mengunjungi dan membacanya untuk mencari informasi lain bisa dicari di pencarian.

Related Posts
Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup - Hai beberapa adik yang sekarang ini duduk di kelas 9 SMP. Sudah pernahkah Read more

Pengertian Distribusi Frekuensi: Mengetahui Pola Penyebaran Data
Distribusi Frekuensi

Dalam dunia statistika, pengertian distribusi frekuensi menjadi konsep penting untuk menganalisis dan memahami pola penyebaran data. Distribusi frekuensi adalah cara Read more