Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman – Assalamualaikum, beberapa adik bagaimana berita kalian ini hari? mudah-mudahan pada kondisi sehat dan selalu dalam naungan Allah SWT. Di edisi ini hari kita akan membahas mengenai materi Pengajaran Agama Islam kelas 1 berkenaan Rukun iman.

Allah Subhanahu wataala adalah dzat Yang Maha Kuasa yang membuat semua alam sebesta dan isinya. Allah SWT yang membuat manusia dan semua yang berada di di bumi dan langit. Allah membuat bumi, gunung, laut, matahari, hewan, manusia, pohon dan lain-lain.

Sebagai manusia yang memiliki iman tentu saja kita harus percaya dan yakin berkenaan pengakuan di atas. Allah SWT ialah dzat yang memantau semuanya yang kita kita kerjakan. Jika kita yakini dan mengimani pengakuan di atas, karena itu tersebut yang disebutkan dengan Iman. Manusia yang memiliki iman harus memercayai rukun iman yang enam yakni: yakin ke Allah, malaikat, kitab, rasul, qada qadar, dan kiamat.

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman

Materi PAI Kelas 1 SD Mengenai Rukun Iman

Yakini Ke ESA an Allah SWT

Allah maha esa, maknanya Allah itu tunggal. Tidak ada tuhan selainnya Allah, Tuhan hebat sekaligus alam. Tuhan itu hanya Allah SWT. Allah ialah salah satu Tuhan yang pantas disembah. Allah SWT maha membuat semua yang berada di bumi dan langit. Ciptaan Allah ialah diantaranya jagad raya mencakup gunung, tumbuhan, manusia, dan hewan.

Manusia membuat dan memproses beberapa benda ciptaan Allah. Manusia memproses beberapa benda seperti kayu sebagai bahan membuat meja, bangku, meubelair, kusen, rumah, dll. Kayu datang dari pohon yang dibuat oleh Allah SWT. Manusia membuat rumah dengan bahan batu bata, dan batu bata dibuat dari tanah yang dibuat Allah SWT

rangkuman materi pai kelas 1 pdf

Pemahaman Iman

Iman memiliki arti yakin atau yakini baik lisan, atau hati yang paling dalam. Iman ialah kepercayaan seorang akan keesaan dan kuasa Allah SWT. Manusia yang memiliki iman mempunyai karakter:

1. Percaya akan keesaan Allah SWT
2. Tak pernah tinggalkan sholat 5 waktu
3. Mentadaburi Alquran (membahas, pelajari, dan mempraktikkan alquran)

Pemahaman rukun iman

Rukun iman memiliki arti maknanya segala hal yang harus dipercaya dalam hati, diikrarkan secara lisan, dan dilaksanakan dalam tindakan. Seseorang yang akui memiliki iman harus yakin ada Allah, malaikat, kitab, rasul, qada qadar, dan kiamat.

Arti dari rukun iman ialah manusia harus yakini Allah dan jika Nabi dan Rasul ialah manusia utusan Allah, yang diperintah untuk sampaikan berita senang. Memiliki iman ke Nabi dan Rasul memiliki arti yakin semua tuntunannya baik dari lisan atau mengkuti tapak jejak suri tauladan Nabi dan Rasul.

Panggilan untuk lelaki yang memiliki iman ialah mukmin. Panggilan untuk banyak lelaki (jamak) yang memiliki iman disebutkan mukminiin. adapun wanita yang memiliki iman disebutkan mukminah, dan panggilan untuk banyak wanita (jamak) yang memiliki iman disebutkan mukminaat.

Rukun Iman

1. Iman ke Allah

2. Iman ke malaikat Allah

3. Iman ke kitab-kitab Allah

4. Iman ke nabi dan rasul Allah

5. Iman ke hari kiamat

6. Iman ke qada dan qadar

Ulasan Rukun Iman

1. Iman ke Allah

Ada alam seisinya ini ada yang membuat. Allah Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Allah Swt Maha Kuasa. Allah Swt berkuasa membuat dan memberikan apa, memberikan kehidupan dan memberikan rezki ke manusia. Kita harus memiliki iman dan mengucapkan syukur ke Allah Swt dengan jalankan perintahNya dan menjauhi dari laranganNya. Iman ke Allah Swt maknanya harus yakin ada Allah Swt.

2. Iman ke Malaikat

Rukun iman yang ke-2 ialah yakin ada malaikat Allah Swt. Malaikat dibuat oleh Allah Swt dari nur atau sinar. Malaikat terhitung makhluk Allah Swt yang tidak terlihat atau gaib. Malaikat ialah makhluk Allah Swt yang paling taat. Malaikat tak pernah menentang perintah Allah Swt. Mereka selalu patuh dan taat ke perintah Allah Swt. Jumlah malaikat yang perlu dipercaya ada 10.

1. Jibril bekerja sampaikan wahyu
2. Mikail bekerja sampaikan rizki
3. Izrail bekerja mengambil nyawa
4. Israfil bekerja tiup sangkakala
5. Munkar bekerja menanyai di alam pendam
6. Nakir bekerja menanyai di alam pendam
7. Rakib bekerja menulis amal baik
8. Atid bekerja menulis amal jelek
9. Malik bekerja jaga neraka
10. Ridwan bekerja jaga syurga

3. Iman ke kitab-kitab Allah

Iman ke kitab-kitab Allah maknanya yakin jika Allah sudah turunkan kitab-kitab. Kitab-kitab Allah sebagai panduan hidup manusia. Kitab suci umat islam ialah al-qur’an. Al-qur’an ialah pandangan hidup supaya selamat akhirat dan dunia.

Empat kitab Allah

1. Kitab taurat di turunkan ke nabi musa
2. Kitab zabur di turunkan ke nabi daud
3. Kitab injil di turunkan ke nabi isa
4. Kitab al-qur’an di turunkan ke Nabi Muhammad

4. Iman ke nabi dan rasul Allah

Iman ke nabi dan rasul Allah maknanya yakin dan percaya jika Allah sudah mengutus rasul dan nabi. Nabi dan rasul bekerja sampaikan kebenaran pada manusia. Rasul yang harus diimani dan dijumpai oleh kita sejumlah dua puluh lima nabi (rasul).

5. Iman ke hari kiamat

Iman ke hari kiamat maknanya yakin berlangsungnya hari kiamat. Kiamat ialah kejadian remuknya semua alam.

6. Iman ke qada dan qadar

Iman ke qada dan qadar maknanya yakin akan semua ketetapan Allah yang dikasih ke kita. Semua kejadian atas ketetapan Allah. Manusia harus usaha dan berdoa tapi Allah yang hendak tentukan hasilnya. Usaha tentukan kesuksesan kita, jika kita ingin jadi seseorang yang pintar karena itu kita harus rajinbelajar, atau bila kita ingin jadi seseorang yang kaya, karena itu harus bekerja dengan giat.

Baik beberapa adik tersebut barusan pembahasan materi mengenai rukun iman mudah-mudahan dapat menambahkan wacana kalian semua. Terima kasih banyak telah menyempatkan diri untuk membaca artikel kami untuk artikel yang lain dapat dicari di kolom penelusuran.

Related Posts
Materi MPLS dalam Kurikulum Merdeka: Membangun Pondasi Kuat Menuju Prestasi Luar Biasa!
materi mpls kurikulum merdeka

Materi MPLS dalam kurikulum Merdeka untuk panduan adaptasi siswa baru dalam lingkungan sekolah. Indonesia terus berkembang dalam segala aspeknya, termasuk Read more

Bahasa Inggris Kelas 12 SMA Making Promise and Swearing
making promise and swearing

Making Promise and Swearing - Halo students, how are you today? balik lagi kita akan membahas materi pelajaran bahasa Inggris Read more