Membuat Souvenir Dari Anyaman

Membuat Souvenir Dari Anyaman – Pada evaluasi Seni Rupa Kelas V Sekolah Dasar ada aktivitas mengenai Membuat Souvenir Dari Anyaman. Arah evaluasi ini kali ialah pelajar bisa tentukan tiga nama kerajinan souvenir anyaman.

Pelajar bisa merinci tiga bahan kerajinan souvenir anyaman. Pelajar bisa menilai bermacam tipe kerajinan souvenir dengan beragam tehnik pembikinannya. Pelajar bisa membuat kreasi seni kerajinan souvenir dengan tehnik anyaman sama sesuai kreativitasnya sendiri.

Pada Evaluasi Unit 6 ini pelajar dibawa untuk membikin kreasi bermacam souvenir dengan wujud yang dicintai sesuai perannya dan tehnik. Jadi yakinkan kalian beberapa adik pandai semua membaca materinya sampai habis ya

membuat sovenir dari anyaman

Deskripsi Materi Kerajinan Souvenir

Kerajinan tangan souvenir atau cendramata sama sesuai perannya untuk jadi cendramata dari wilayah tertentu atau dari even tertentu selanjutnya di koleksi secara individu atau dihadiahkan untuk orang lain. Dalam perubahannya souvenir atau cendramata dari setiap wilayah akan berbeda baik wujud, tehnik pembikinan atau berbahan, di samakan dengan pesanan customer atau hasrat.

Dalam evaluasi ini, sesudah pelajar mengenali dan kuasai beragam tipe anyaman pada unit evaluasi awalnya, pelajar disuruh mengaplikasikan membuat kreasi seni souvenir dari anyaman dari beragam tipe skema anyaman dengan instruksi dari guru dengan kreativitasnya sendiri, bisa membuat beragam tipe produk kreasi seni souvenir dari anyaman sama sesuai kreasi dan kemauannya pelajar sendiri.

Souvenir dari Anyaman

Menurut Dekranas (2014:136) “Berdasar memiliki bentuk, anyaman dipisah jadi dua, yakni : Anyaman dua dimensi, yakni anyaman yang cuma mempunyai ukuran lebar dan panjang saja, kalaulah andaikan mempunyai ketebalan, ketebalan itu tidak begitu diakui,

Anyaman tiga dimensi, yakni anyaman yang mempunyai panjang ukuran, tinggi, dan lebar. Beberapa bentuk anyaman dibikin berdasar perannya, misalkan untuk warga petani/nelayan, anyaman dibuat jadi topi, bakul, tudung sajian, alas dan bermacam rupa yang dibuat untuk dipakai setiap hari “.

Searah dengan perubahan jaman, anyaman bukan hanya berwujud kerajinan tradisionil saja tapi sudah berkembang sama sesuai perannya misalnya: sandal, bangku, tas lampu lampion, tempat tempat tertentu, dapat berwujud tiga demensi, misalkan dibikin produk souvenir, misalkan dibuat sebagai gantungan kunci atau kerajinan yang lain mempunyai nilai artistik.

Langkah Membuat Souvenir Dari Anyaman

Dalam evaluasi ini sesudah ketahui dan mengenali beragam tipe, wujud dan tehnik menganyam saat membuat kreasi seni anyaman, pelajar disuruh untuk membikin kreasi seni tiga dimensi berwujud suovenir dengan tehnik anyam sederhana.

Pelajar akan mengaplikasikan membuat souvenir dengan berebagai tipe, wujud dan tehnik menganyam dengan gagasan dan kreativitasnya sendiri sama sesuai instruksi guru. Saat membuat kreasi seni souvenir anyaman itu bisa dari bahan- bahan yang ada di wilayah sekitaran pelajar untuk hasilkan kreasi seni souvenir anyaman yang cantik.

Alat Yang Digunakan

Alat potong, Cutter, Gunting, Pisau, alat khusus di wilayah tertentu, dan lain-lain.
Pelajar dipersilakan memakai alat khusus yang ada di wilayah sekitar.

Bahan Yang Digunakan

Bahan alam misalnya: bambu, rotan, eceng gondok, daun kelapa, daun lontar, dan daun pandan, jerami, dan lain-lain.
Bahan bikinan misalnya: kertas dan serat plastik, bermacam tipe pita,Kain Flanel.
Pewarna: cat, pigmen, bahan warna alam, dan lain-lain.
Bahan hiasan tambahan sama sesuai kemauan.

Berikut beberapa langkah pembikinan kreasi seni anyaman untuk membuatsouvenir gantugan kunci dari anyaman berbahan pita jepang dengan tehnik anyaman bertumpuk.

spuvenir dari anyaman pita jepang

  • Persiapkan pita jepang dan potong seperti keinginan, bisa dibuat berbahan alam bikinan yang lain yang tersedia;
  • Saat sebelum mengawali dalam penyelesaiannya masukanlah dua utas pita jepang ke lubang ujung gantungan kunci ditambah dulu;
  • Yakinkan ada di tengah di antara panjang pita yang dipakai;
  • Selanjutnya ikatlah pita dekat pangkal gantungan kunci tersebut;
  • Mulai melipat anyaman dengan mengurai empat lembar pita jepang untukdilipat dan ditindihkan satu dengan lain;
  • Selanjutnya lakukan penyilangan pita dengan berganti-gantian satu demi satu pita dilipat dan ditindihkan keatas pita lainnya hingga sama-sama menindih;
  • Kerjakan berkali-kali sampai memperoleh ketebalan yang diharapkan;
    katlah pada pangkal anyaman supaya rangakaian tidak gampang terlepas dan kelihatan lebih menarik.

Salah satunya mode evaluasi yang bisa diputuskan ialah Visual Auditori dan Kinestetik (VAK). Menurut Shoimin (2014), beberapa langkah yang sudah dilakukan dalam penerapan mode evaluasi visual auditori dan kinestetik (VAK) ialah seperti berikut:

(1) Tahapan penyiapan (aktivitas pendahuluan),
(2) Tahapan Pengutaraan (aktivitas pokok pada eksploitasi),
(3) Tahapan Training (aktivitas pokok pada elaborasi), dan
(4) Tahapan performa hasil (aktivitas pokok pada verifikasi).

Begitu ulasan berkenaan Membuat Souvenir Dari Anyaman. Mudah-mudahan tulisan ini berguna dan untuk memperoleh pembahasan materi mengenai pelajaran yang lain kalian dapat cari di penelusuran keyword selamat membaca guys.

Related Posts
Contoh Soal UTS Bahasa Lampung Kelas 2 Semester 2
UTS Bahasa Lampung

Contoh Soal UTS Bahasa Lampung Kelas 2 Semester 2 - Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu evaluasi penting yang Read more

Mengenal Lebih Dekat Klasifikasi Makhluk Hidup: Apa yang Membuatnya Menarik?
Evolusi dan Klasifikasi Makhluk Hidup

Pelajari klasifikasi dan jenis makhluk hidup - Makhluk hidup di sekitar kita sangatlah beragam dan menakjubkan. Dalam upaya untuk mempelajari Read more