Mengenal Cara Kerja Komputer TIK Kelas 4 Semester 1

Mengenal Cara Kerja Komputer – Halo anak-anak pintar bagaimana kabar kalian? semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Bertemu lagi dengan kami tim prakerja yang akan memberikan materi dalam pembelajaran tik hari ini kita akan belajar cara kerja komputer.

Minggu lalu kalian sudah belajar mengenal perangkat perangkat komputer dan Sekarang kita akan belajar bagaimana cara kerja dari komputer ada empat tugas berbeda yang harus dilakukan oleh komputer yang pertama ada tugas input atau mengambil data masuk yang kedua ada storage atau menyimpan informasi yang ketiga ada

Processing atau memproses dan yang terakhir ada output atau menampilkan hasil. Supaya kalian lebih mendalami dan mengerti tentang materi yang satu ini pastikan kalian membacanya sampai habis ya adik-adik pintar semua.

mengenal cara kerja komputer

Marilah Mengenal Cara Kerja Komputer

Input / Mengambil Data Masuk

Yang pertama input atau mengambil data masuk proses input adalah proses pengambilan data atau informasi masuk yang berasal dari perangkat input sehingga dapat disimpan dan diproses oleh komputer informasi yang masuk dapat berupa Huruf angka atau gambar semua informasi tersebut dapat dimasukkan melalui perangkat input perangkat input.

Contohnya seperti keyboard mouse scanner joystick dan lain-lain contoh proses input ialah kalian dengan mengetik menggunakan keyboard dengan kalian menggunakan memasukkan huruf atau angka melalui keyboard menggunakan Mouse untuk mengklik melakukan perintah melalui keyboard dan memasukkan gambar melalui scanner merupakan proses input data.

Storage / Menyimpan Informasi

Nah yang kedua ada storage atau menyimpan informasi informasi yang kalian masukkan ke komputer tadi akan disimpan untuk kemudian diproses oleh komputer informasi di komputer kalian disimpan dalam penyimpanan data primer dan sekunder.

Seperti yang saya jelaskan kemarin penyimpanan data primer merupakan dalam memori komputer dan penyimpanan sekunder atau dalam Hard Drive atau harddisk Drive Nah kalau informasi dalam kamera digital atau HP disimpan dalam flash memory atau yang disebut dengan memori card atau kartu memori

prinsip kerja komputer

Processing / Memproses Data

Selanjutnya ada Processing atau memproses informasi atau data yang masuk dalam komputer akan diproses sesuai perintah yang diberikan Kegiatan ini dapat melibatkan data yang dimasukkan atau input dan data yang disimpan bagian komputer yang berfungsi untuk memproses informasi adalah CPU atau Central Processing Unit.

Output / Menampilkan Hasil

Yang terakhir ada output atau menampilkan hasil setelah data dimasukkan lalu diproses dan komputer akan menampilkan hasil dari proses data tersebut perangkat output pada komputer itu ialah layar monitor printer dan juga speaker hasil proses informasi dan data dapat berupa gambar musik tulisan dokumen atau juga angka.

Supaya kalain lebih memahami materi pembelajaran ini dibawah ini ada beberapa contoh soal yang berkaitan dengan materi cara kerja komputer jadi silahkan kalian coba menjawab dan minta tolong orang tua atau kakak kalian untuk bantu mengkoreksi.

Contoh Soal

1. Apa Yang dimaksud dengan cara kerja komputer ?

2. Apa pengertian Input dan apasaja perangkatnya ?

3. Jelaskan Pengertian Storage dan sebutkan perangkatnya !

4. Apa saja perangkat output komputer ?

5. Apa yang disebut dengan Processing dan sebutkan beberapa perangkatnya ?

Baiklah adik-adik semua, itulah tadi ulasan mengenai materi TIK Kelas 4 SD Semester 1 tentang Cara Kerja Komputer semoga apa yang kami rangkumkan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami dan selamat mengerjakan soalnya !

Related Posts
Manfaat eLearning: Meningkatkan Akses Pendidikan dan Kemampuan Belajar
Apa Saja Manfaat eLearning Yang Perlu Kalian Ketahui

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat eLearning yang penting dan relevan dalam konteks pendidikan di era digital. eLearning atau Read more

Kuasai Analisis Data dengan 3 Langkah Sederhana Ini
Analisis Data

Analisis Data - Data adalah aset berharga bagi bisnis dan organisasi modern. Namun, data hanya berarti jika kita dapat mengambil Read more