Pengertian Microsoft Excel Sejarah dan Perkembangannya

Pengertian Microsoft Excel Sejarah dan Perkembangannya – Halo guys, pada aplikasi perkantoran atau microsoft oficce ada banyak aplikasi yang dipergunakan sesuai dengan kebutuhan tertentu seperti: MS Word sebagai pengolah kata untuk membuat dokumen

yang berkaintan dan tulis menulis, MS Power Point Untuk membuat slide-slide presentasi, MS Outlook, MS acces dan MS Excel sebagai pengolah data. Setelah pada beberapa artikel sebelumnya kita sudah kupas tuntas tentang MS Word

Kini kita akan mengulas dan mengenal apa itu MS Excel. Sebelum ke penggunaan lembar kerjanya, kami terlebih dahulu akan memperkenalkan pengertian, sejarah serta perkembangan aplikasinya supaya nantinya kalian dapat menggunakan dengan mudah.

Pengertian Microsoft Excel Sejarah dan Perkembangannya

Mengenal Pengertian Microsoft Excel Sejarah dan Perkembangannya

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel ialah sebuah aplikasi program lembar kerja spreadsheet yang dibagikan dan dibuat oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software ini juga dikenal sebagai Microsoft Office Excel, Office Excel, MS. Excel atau kerap dikatakan sebagai Excel saja.

Oleh karenanya persyaratan khusus untuk dapat memakai aplikasi program excel ini, komputer yang anda pakai harus telah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac lebih dulu.

Microsoft Excel yaitu satu diantara dari sebegitu banyak Program Aplikasi yang ada dalam paket program perkantoran Microsoft Office yang diutamakan untuk pengolahan angka. Maka bila dalam komputer Anda telah Terinstal Office Word atau powerpoint, karena itu kemungkinan Office Excel juga bisa Anda gunakan.

Jika anda bekerja dalam soal pengolahan angka karena itu program excel berikut yang pas buat anda gunakan. Tetapi, pasti bukan hanya hanya itu karena Excel banyak memiliki feature dan peranan yang bisa juga digunakan untuk beberapa hal lainnya.

Salah satunya hal yang membuat program Excel cukup populer ialah kelengkapan feature Formulas dan Functions yang lebih kita mengenal dengan istilah rumus excel. Sesudah kalian ketahui pengertiannya berlanjut ke sejarahnya guys.

jelaskan sejarah microsoft excel

Sejarah Microsoft Excel

Microsoft Excel pertama kalinya dikeluarkan di tahun 1985, tetapi cuma ada untuk mekanisme operasi Mac OS atau Macintosh dan itu juga masih cuma namanya Excel, tanpa Microsoft di depannya.

Di awal penyeluncuran Excel itu, microsoft sempat dituntut beberapa perusahaan yang lain yang beroperasi pada sektor keuangan yang keluarkan produk yang dinamakan Excel. Di akhir tuntutan itu Microsoft ditaklukkan perusahaan itu dan baru seutuhnya ganti nama jadi Microsoft Excel.

Sesudah penuntutan itu Microsoft tidak begitu ambil permasalahan itu, justru pada akhirnya faksi Microsoft beli nama software dari perusahaan penuntut itu untuk pastikan tidak ada permasalahan masalah nama Excel dikemudian hari.

Di tahun 1987, microsoft mengeluarkan Excel untuk mekanisme operasi Windows yang diberi nama Excel versus 2.0. Microsoft Excel sukses menyusul kompetitor beratnya di saat itu untuk tipe program semacam, yaitu lotus 1-2-3 yang telat keluarkan versus windowsnya dan memakai MS-DOS.

Di tahun 1988, Excel pada akhirnya sukses keseluruhan geser kompetitornya itu dan menjadi satu diantara software spreadsheet yang paling andal dipasaran dan terkenal.

Saat pertama kalinya dibundel ke Microsoft Office di tahun 1993, Microsoft juga membuat desain ulangi penampilan antara muka yang dipakai oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk menyamakan dengan penampilan Microsoft Excel, yang di saat itu jadi program spreadsheet yang paling dicintai.

Kesuksesan Microsoft ini membuat mereka selalu berkembang dan terus keluarkan versi-versi terkini sampai sekarang.

Semenjak tahun 1993, Excel sudah mempunyai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang bisa menambah kekuatan Excel untuk lakukan automatisasi dalam Excel dan menambah beberapa fungsi yang bisa diartikan oleh pemakai (user-defined functions/UDF) untuk dipakai dalam worksheet.

Bahkan juga, dalam versus seterusnya Microsoft menambah sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA Excel, hingga mempermudah programmer untuk lakukan pembikinan program bikinannya. Disamping itu, Excel dapat merekam semua aktivitas yang sudah dilakukan oleh pemakai menjadi macro, hingga sanggup lakukan automatisasi beberapa pekerjaan.

VBA meluluskan pembikinan form dan kontrol yang ada dalam worksheet agar bisa berbicara dengan pemakainya. Bahasa VBA memberikan dukungan pemakaian DLL ActiveX/COM, walau tidak bisa membuatnya. Versus VBA seterusnya menambah support pada class module hingga meluluskan pemakaian tehnik pemrograman fokus object dalam VBA.

Peranan automatisasi yang disiapkan oleh VBA jadikan Excel sebagai sebuah sasaran beberapa virus macro. Ini sebagai masalah yang paling serius di dunia korporasi sampai beberapa pembikin antivirus mulai menambah support untuk mengetahui dan bersihkan beberapa virus macro dari arsip Excel.

Pada akhirnya, walau telat, Microsoft memadukan peranan untuk menahan penyimpangan macro dengan menonaktifkan macro keseluruhannya, atau menngaktifkan macro saat aktifkan workbook, atau memercayai macro yang dienkripsi dengan memakai sertifikat digital yang tepercaya.

Sampai versi 11.0 (Microsoft Excel 2003), Microsoft Excel masih menggunakan perpanjangan.xls, tetapi mulai pada versus 12.0 (Microsoft Excel 2007) Microsoft Excel memperkenalkan perpanjangan baru yaitu.xlsx yang dipandang lebih bagus dari perpanjangan sebelumnya. Sampai artikel ini di catat microsoft excel masih memakai perpanjangan.xlsx ini sebagai perpanjangan standarnya.

Perkembangan Microsoft Excel Untuk Windows

Sesudah mengulas pengertian microsoft excel dan sejarah microsoft excel seterusnya kita akan mengulas perubahan versi ms. excel dari waktu ke waktu. Berikut perubahan microsoft excel dari sejak awalnya hingga kini untuk versi Windows:

Tahun 1987 – Microsoft Excel 2 (Versi 2.0)
Tahun 1990 – Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)
Tahun 1992 – Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)
Tahun 1993 – Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)
Tahun 1995 – Microsoft Excel 95 (Versi 7.0)
Tahun 1997 – Microsoft Excel 97 (Versi 8.0)
Tahun 2000 – Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0)
Tahun 2002 – Microsoft Excel 2002 (Versi 10.0)
Tahun 2003 – Microsoft Excel 2003 (Versi 11.0)
Tahun 2007 – Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0)
Tahun 2010 – Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0)
Tahun 2013 – Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0)
Tahun 2016 – Office Excel 2016 (Versi 16.0)

Okay guys, itulah tadi pengenalan MS Excel yang penting kalian baca mulai dari pengertian microsoft excel sejarah dan perkembangannya sehingga kalian tidak kaget dan semakin mengenal aplikasi perkantoran yang satu ini. Sangat menarik sekali

mempelajari aplikasi yang satu ini dan apabila kalian mahir dalam menggunakannya tentu peluang pekerjaan yang akan kalian dapatkan akan semakin terbuka lebar karena memang masih jarang orang yang mahir menggunakannya.

Related Posts
Teks Contoh Pidato Tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru
Contoh Pidato Tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Pidato Tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru - Pіdаtо adalah kеgіаtаn bеrbісаrа уаng dіlаkukаn oleh ѕеѕеоrаng dengan tujuаn untuk Read more

Memahami Cara Kerja BIOS: Fondasi Utama Komputer
Cara Kerja BIOS

Cara Kerja BIOS: BIOS (Basic Input/Output System) merupakan bagian kunci dalam setiap komputer, bertindak sebagai fondasi utama yang memungkinkan perangkat Read more