10 Panduan Mudah Belajar Microsoft Word untuk Pemula

Panduan Mudah Belajar Microsoft Word – Microsoft Word tentu bukan sesuatu yang asing lagi bagi sebagian orang. MS Word merupakan aplikasi pengolah kata yang biasanya digunakan untuk menulis dokumen. Seperti : menulis laporan, proposal, artikel, sampai nulis cerita, semuanya bisa.

Tidak hanya itu guys, kalain juga bisa membuat resume serta brosur menggunakan aplikasi ini. Salah satu produk Microsoft ini sudah dipakai oleh sekitar 1,3 miliar orang. Tak heran, karena mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pebisnis, sampai pekerja kantoran pasti pernah menggunakannya.

Tak hanya itu, bagi kalian yang mahir menggunakan Microsoft Word tentu akan menjadi nilai plus yang dicari pada lowongan pekerjaan. Ada banyak tools, tab, dan bagian-bagian dari Microsoft Word. Agar pekerjaanmu jadi lebih mudah, tentunya kamu harus tahu fungsi dan cara menggunakan masing-masing toolsnya.

Untuk bikin dokumen baru, mengedit dan melakukan formatting. Bagi kalian yang masih merasa bingung di artikel ini akan kita sajikan panduan belajar microsoft word yang mudah dipelajari, jadi tunggu apa lagi baca langsung artikelnya.

Panduan Mudah Belajar Microsoft Word

Inilah 10 Panduan Mudah Belajar Microsoft Word untuk Pemula

1. Mengatur ukuran margin

Margin ialah ukuran tepi pada lembar kerja Microsoft Word. Batas tepi terdiri dari batas atas, bawah, kanan, dan kiri. Ketika kalian membuka lembar kerja baru, margin kertas sudah diatur secara otomatis. Namun untuk dokumen tertentu kalian dapat mengubah marginnya sesuai kebutuhan.

Caranya gampang guys, kalian pilih tab Layout, klik Margins, selanjutnya pilih ukurannya. Kalau pada menu ukuran yang kamu mau tidak tersedia, pilih Custom Margins untuk mengatur margin tinggal masukan ukuran batas atas, kanan, kiri, dan bawah.

margins

2. Mengubah ukuran dan jenis font

Pada Microsoft Word tersedia banyak jenis font yang bisa kalian gunakan. Cara mengubahnya, pertama kalian harus blok teks yang ingin diubah fontnya, lalu klik tab Home > Jenis font. Sebelum di klik, kalian dapat melihat preview-nya dulu pada worksheet.

Selanjutnya setelah mengatur ukuran font, masih di tab Home, lalu pilih Font Size yang letaknya persis di sebelah kanan jenis font. Kalau ukurannya kurang pas, kamu juga bisa klik Increase atau Decrease Font Size yang ada di sebelah font size. Shortcutnya, CTRL + ] atau CTRL + [.

mengubah jenis font

3. Mengatur spasi antar baris

Jarak atau spasi antar baris bisa kamu ubah-ubah sesuai kebutuhan agar dokumen terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca. Cara mengaturnya, pertama blok paragraf yang akan diatur spasinya, klik tab Home, lalu pilih Line and Paragraph Spacing.

Microsoft Word sudah menyediakan ukuran mulai dari 1 sampai dengan 3, tapi kalau ukurannya kurang sesuai, kamu bisa klik Line Spacing Options untuk mengatur spasi baris dengan memasukkan angka yang kamu inginkan.

mengubah spasi baris

4. Mengubah ukuran kertas

Microsoft Word memiliki beberapa ukuran kertas yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Cara memilih atau mengubah ukuran kertas, kamu bisa klik tab Layout > Size. Lalu kamu bisa langsung memilih ukuran kertas yang sesuai.

Kalian juga dapat membuat ukuran kertas secara custom, di bawah pilihan ukuran kertas ada pilihan More Paper Sizes, lalu masukkan ukuran kertas berdasarkan lebar dan juga tingginya. cukup mudah bukan guys.

5. Mengubah orientasi kertas

Ada dua jenis orientasi kertas di dalam aplikasi Microsoft Word, yaitu landscape dan juga portrait. Portrait merupakan ukuran atau bentuk kertasnya memanjang ke bawah atau berdiri, kalau landscape kertasnya memanjang ke samping Cara mengatur orientasi kertas ini, kamu bisa ke tab Layout > Orientation. Lalu pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

6. Cara membuat tabel di Word

Selain mengetik dokumen tentunya juga dapat digunakan membuat tabel. Data bisa disajikan dalam berbagai bentuk. Salah satunya dengan tabel. Jadi kamu bisa membuat tabel sederhana di Microsoft Word yang bisa kamu sesuaikan kegunaanya.

Pertama, klik tab Insert lalu pilih Table. Pilih jumlah baris dan kolom sesuai dengan yang kamu inginkan. Kalau jumlahnya masih kurang, kamu bisa pilih Insert Table, lalu masukkan jumlah baris dan kolomnya.

7. Change case

Ini digunakan untuk mengatur penggunaan huruf kapital pada kata atau kalimat. Misalnya, kamu mau mengubah tulisan “mengubah ukuran dan jenis font” menjadi “MENGUBAH UKURAN DAN JENIS FONT” tanpa harus mengganti satu per-satu.

Caranya, pertama, blok teks yang akan diformat, klik tab Home, lalu pilih Change Case yang logonya Aa. Lalu pilih Uppercase. Ada 5 case yang bisa kamu pilih. Sentence case untuk kapital di setiap awal kalimat atau setelah titik.

Lowercase untuk membuat teks dengan huruf kecil semuanya. UPPERCASE, membuat teks dengan huruf besar atau kapital semua. Capitalize Each Word untuk membuat huruf kapital di setiap awal kata. Dan tOGGLE cASE untuk menggunakan huruf kapital di seluruh kata atau kalimat kecuali huruf pertama.

8. Memasukkan gambar

Selain membuat tabel, kamu juga bisa memasukkan gambar dengan berbagai format di Microsoft Word. Seperti JPG, PNG, atau GIF. Caranya, pilih tab Insert, lalu klik Picture. Setelah itu, kamu bisa memilih gambar yang ingin kamu masukkan dari laptop atau komputer.

9. Membuat header dan footer

Kamu bisa membuat catatan atau tulisan tertentu dengan menggunakan header atau footer. Header untuk catatan di bagian atas dan footer untuk bagian bawah. Catatan ini akan muncul di setiap halaman. Selain teks, kamu juga bisa memasukkan gambar di header dan footer atau menjadikannya untuk penomoran halaman.

Cara membuatnya, pertama klik tab Insert, lalu pilih Header. Setelah itu, pilih style header yang paling kamu suka. Kamu juga bisa melihat pilihan header lainnya di More Header from Office.com. Setelah itu, isi header dengan tulisan yang kamu mau. Sama dengan tahapan membuat header, untuk membuat footer, klik tab Insert lalu pilih Footer. Pilih style yang kamu suka, dan isi teksnya.

10. Cara memberi halaman pada Word

Seperti namanya, page number ini fungsinya memberi nomor pada halaman. Kamu bisa menaruh nomor halaman di bagian atas, bawah, kiri, atau kanan dokumen. Caranya, klik tab Insert, lalu pilih Page Number. Lalu pilih di mana ingin meletakkan nomor halaman, dan pilih style yang paling sesuai atau kamu senangi.

Baiklah guys, itulah tadi ulasan mengenai 10 panduan mudah belajar microsoft word untuk pemula yang mudah untuk dipelajari. Semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat bagi kalian semua. Cari informasi lainnya di web prakerja dan sampai jumpa pada postingan artikel berikutnya.

Related Posts
Contoh Pidato Visi dan Misi Calon Ketua Rw yang Baik dan Benar
Contoh pidato visi dan misi calon ketua rw

Contoh pidato visi dan misi calon ketua rw - Pаdа teks ріdаtо hal wаjіb yang ada dі dalamnya аdаlаh реmbukа Read more

Materi Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD
Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD

Membandingkan Pecahan Tema 5 Kelas 3 SD - Halo ayah bunda dan adik-adik semua, kembali lagi kita pada ulasan materi Read more