Pengertian Bruto Netto dan Tara Beserta Rumusnya

Pengertian Bruto Netto dan Tara Beserta Rumusnya – Hai adik-adik kembali lagi kita akan berbagi informasi tentang pelajara matematika mengenai pengertian dan cara menghitung Bruto, Netto dan Tara. Ini termasuk ke pokok pembahasan Matematika kelas 7.

Pernahkah kalian memperhatikan bungkus kemasan pada snack yang kalian beli. Disana biasanya tertulis netto atau berat bersih, atau pada kemasan kardus ada tulisan bruto dan tara. Apa sih maksudnya itu? Secara umum ketiganya merupakan satuan

bobot barang namun untuk lebih lengkapnya mulai dari pengertian dan rumus cara penghitungan berikut dengan contoh soalnya kalian bisa langsung membaca ulasan selengkapnya pada artikel dibawah ini jadi pastikan kalian membacanya sampai habis.

Pengertian Bruto Netto dan Tara Beserta Rumusnya

Materi Pengertian Bruto Netto dan Tara Beserta Rumusnya

Pengertian Bruto

Secara definisi, bruto adalah berat kotor, yaitu berat keseluruhan dari suatu barang atau benda beserta dengan tempat atau kemasan pembungkusnya. Singkatnya, saat kalian membeli suatu jenis barang, bruto merupakan keterangan seberapa banyak isi dari barang tersebut dihitung dari beratnya, dan juga ditambah berat dari bungkusnya.

Contoh bruto gimana tuh? Misalnya, kamu membeli satu karung beras dengan berat bruto 10 kg. Ukuran bruto sebesar 10 kg itu merupakan berat hasil penjumlahan antara berat berasnya, dan juga karung-nya jadi seperti itu ya temen-temen.

Pengertian Netto

Selanjutnya ada Netto yang merupakan berat bersih dari suatu barang. Bisa dibilang ini kebalikan dari bruto ya teman-teman. walaupun perbedaannya hanya tipis ya. Jadi gini, kalau bruto yang dihitung berat keseluruhan dari suatu barang, sementara itu netto atau berat bersih yang dihitung hanya berat dari isi produknya saja tanpa menghitung berat dari pembungkusnya.

Misalnya nih, balik lagi ke contoh karung beras tadi. Misalnya tertera berat bruto dari sekarung beras seberat 10 kg, sementara nettonya seberat 9.98 kg. Hal ini karena netto hanya menghitung isi bersih atau hanya berasnya aja.

Pengertian Tara

Yang terakhir ada Tara adalah potongan berat. Tara artinya merupakan berat pembungkus dari suatu produk. Jadi bisa dibilang, sebenarnya Tara ini lah yang menjadi lawan dari Netto. Kalau misalnya bruto terdiri dari berat gabungan dari pembungkus dan isi, netto menghitung berat isinya saja, nah si tara ini yang dihitung berat bungkusnya saja.

Tara ini mungkin tidak sering kita lihat tercantum dalam bungkus sebuah produk. Tapi menghitungnya cukup mudah lho. Kembali lagi ke contoh karung beras, misal bruto-nya sebesar 10 kg. 9,98 kg berat netto berasnya, sementara 0,02 nya adalah berat karungnya. Nah berat karungnya yang sebesar 0,02 kg inilah yang disebut sebagai tara.

bruto netto dan tara

Rumus Bruto, Netto, dan Tara

1. Rumus Bruto:

Bruto = Netto + Tara

2. Rumus Netto:
Netto = Bruto – Tara

3. Rumus Tara:
Tara = Persen Tara x Bruto

Rumus-rumus lain yang mungkin kamu butuhkan untuk menghitung terkait bruto, netto, dan tara diantaranya adalah:

4. Rumus menghitung Harga Bersih:
Harga Bersih = netto x harga per satuan berat

5. Rumus Persentase:

a. Rumus mencari persen neto:
Persentase Netto = Neto:Bruto x 100%

b.Rumus mencari persen tara:
Persentase Tara = Tara:Bruto x 100%

Contoh Soal Bruto, Netto, dan Tara

Sekarang, kita masuk ke bagian terakhir dari artikel aritmetika sosial mengenai Bruto, Netto, dan Tara. Setelah mengetahui tentang pengertian dan rumus, coba simak beberapa contoh soal bruto, netto, dan tara berikut ya:

Contoh Soal Bruto

Sebuah karung gabah bertuliskan netto = 71,5 kg dan tara = 1,5 kg. Berapakah nilai bruto?

Jawab:

Bruto = Netto + Tara

= 71,5 kg + 1,5 kg

Bruto = 73 kg

Contoh Soal Netto

Sebuah karung benih jagung memiliki berat kotor atau bruto seberat 60 kg. Sementara itu, tara = 0,5 kg. Berapakah nilai berat bersih atau netto?

Jawab:

Netto = Bruto – Tara

=60 kg – 0,5 kg

Netto = 59,5 kg

Contoh Soal Tara

Seorang distributor ingin mengetahui berat dari peti yang digunakan untuk menjadi wadah dari telur yang dibeli dari peternak. Berat bruto dari peti berisi telur tersebut seberat 120 kg. Sementara itu netto seberat 119 kg. Berapakah berat peti tersebut?

Jawab:

Peti telur = pembungkus dari isi produk = Tara

Tara = Bruto – Netto

=120 kg – 119 kg

Tara = 1 kg

Nah adik-adik itulah tadi ulasan materi tentang pengertian bruto neto dan tara beserta rumusnya. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat dan dimengerti oleh adikp-adik semua. Buat ayah bunda jangan pernah bosan untuk mendukung putra-putri kita

supaya terus rajin belajar. Karena mereka merupakan harapan bangsa sebagai penerusnya kelak. selain itu dengan rajin belajar dan membaca menjadi salah satu kunci sukses bagi mereka. Terimakasih banyak semoga sukses dan sehat selalu.

Related Posts
Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
perubahan kenampakan bumi dan benda langit

Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit - Bumi serta benda langit lainnya yang berada di sistem tata surya kita bergerak Read more

Pentingnya Mengetahui Ciri-Ciri Pembuluh Darah Vena untuk Kesehatan Anda
Ciri-Ciri Pembuluh Darah Vena

Pembuluh darah vena memainkan peran penting dalam sistem peredaran darah manusia. Namun, seringkali ciri-ciri pembuluh darah vena terabaikan, padahal pemahaman Read more